Thursday, June 30, 2016

Tips Cara Jualan Online Sukses, Pasti Bisa

Tips Cara Jualan Online Sukses, Pasti Bisa - "Tak ada yang tak mungkin, Jualan Online Sukses, Pasti Bisa!", itulah satu hal yang harus anda yakini jika anda memulai usaha jual beli online. Meski banyak tantangan dan hambatan namun bukan berarti kata "sukses" tak bisa dicapai, sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan berjualan secara online bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan banyak.

Cara ini sudah mulai banyak di coba oleh banyak pedagang baik berawal dari iseng maupun dengan niat serius untuk mengembangkan usaha yang lebih maju. Banyak liku-liku, banyak catatan kegagalan, banyak hambatan namun banyak juga yang sudah menikmati hasil dari sistem jual beli lewat internet tersebut.

Bagi anda yang baru tentu anda harus belajar cara sukses jual beli online sebelum memulai bisnis tersebut. Di zaman yang semakin maju ini pelaku usaha memang dituntut untuk lebih kreatif, inovatif dan mampu bersaing serta mampu membaca perkembangan pasar.

Salah satunya kaitannya dengan perkembangan teknologi yang dimanfaatkan untuk kegiatan usaha. Jika anda lihat sekarang orang sudah banyak yang mulai beralih ke dunia yang lebih praktis yaitu dengan berbelanja secara online.

1) Cara sukses jualan di instagram
2) Cara sukses jualan di tokopedia
3) Cara sukses jualan baju online
4) Cara sukses jualan online shop
5) Cara jualan online di facebook dengan sukses
6) Kisah sukses jualan online
7) Tips sukses jualan online di facebook

Mereka tak lagi ingin berdesak-desakan, tak ingin lagi bersusah payah jalan keluar rumah dan mulai memilih sistem belanja yang lebih praktis yaitu melalui sistem online.

Pembeli tinggal mencari produk yang diinginkan dari berbagai situs dan memesannya langsung di sana. Barang diantar ke rumah dan pembayaran melalui transfer. Sistem seperti ini sekarang sedang berkembang dan bisa menjadi peluang bagi anda yang ingin berjualan online. 

Mengenal Sistem Jual Beli Online

Yang membedakan jual beli secara online dengan jual beli biasanya adalah tidak adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. Transaksi penjualan tersebut terjadi dengan memanfaatkan media perantara yaitu situs di mana pembeli bisa memilih, menentukan dan memesan barang yang diinginkan. Proses jual beli online tersebut terjadi dalam beberapa langkah yaitu:

  1. Calon pembeli mengunjungi situs penjual; memilih, menentukan dan memesan produk yang diinginkan
  2. Penjual melakukan konfirmasi pemesanan; diikuti petunjuk pembayaran
  3. Calon pembeli melakukan transfer pembayaran ke rekening penjual yang telah ditentukan
  4. Produk atau barang yang dipesan dikirim melalui jasa pengiriman


Alur proses jual beli online setidaknya mengikuti langkah seperti di atas. Dengan sistem tersebut maka jelas sekali bahkan dalam jual beli online ini pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum barang yang diinginkan bisa dikirim.

Selain dengan cara di atas ada juga sistem jual beli dengan cara pembayaran yang lain yaitu sistem bayar ditempat atau sering di kenal dengan sebutan COD. Dengan sistem ini pembeli hanya perlu memesan barang yang diinginkan dan menyertakan alamat lengkap yang jelas.

Setelah itu barang akan diantar sampai di rumah. Saat barang sampai di tangan pemesan maka pemesan baru melaksanakan pembayaran sesuai dengan harga barang yang dipesan tersebut.

Dalam sistem ini, seperti sudah disebutkan di atas, penjual membutuhkan perantara yaitu situs jual beli online. Situs ini digunakan sebagai lapak untuk memajang berbagai gambar produk yang dijual. Situs inilah yang dijadikan sebagai sarana pertemuan antara penjual dan pembeli.

Selain menggunakan situs online milik sendiri, sekarang banyak juga yang memanfaatkan media sosial sebagai alternatif untuk memajang barang dagangan.

Contoh media sosial yang banyak digunakan adalah facebook dan twitter. Dari sini jelas sekali bahwa jika anda ingin berjualan online maka anda harus memiliki situs jual beli atau anda dapat menggunakan media sosial sebagai alternatif.

Cara Jualan Online Sukses, Pasti Bisa

Melalui sistem jual beli dengan internet ini anda tetap bisa memasarkan berbagai produk yang anda miliki dari mulai pakaian, makanan, jasa dan lain sebagainya. Dari segi produk tidak ada yang berbeda antara berjualan online maupun berjualan di pasar atau mall.

Tips Cara Sukses Jualan Online

Banyaknya pelaku jual beli online yang sukses membuat cara ini semakin banyak dilirik oleh para pelaku pasar. Anda juga berkesempatan sama untuk memperoleh kesuksesan dengan berjualan online seperti mereka.

Jika anda memang memiliki minat dan bakat dalam bidang pemasaran seperti ini anda bisa mulai menjalani bisnis jual beli online ini dengan modal yang cukup kecil.

Tidak ada yang mudah, semua pasti ada halangan dan rintangannya, untuk itu jika anda ingin menekuni bisnis ini ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan bekal kepribadian yang cukup untuk memulai usaha tersebut. Persiapan yang perlu anda lakukan adalah dengan menyiapkan mental menjadi pribadi yang:

- Bekerja keras
- Jujur
- Bertanggung jawab
- Dapat dipercaya

Dengan kepribadian penjual yang seperti disebutkan di atas, anda akan lebih mudah membentuk citra dan kepercayaan dari konsumen yang anda bidik. Hal ini sangatlah penting karena jual beli online terjadi atas dasar kepercayaan satu sama lain.

Jika anda sudah siap dengan bekal tersebut maka anda tinggal belajar bagaimana cara memulai bisnis jual beli online yang mudah dan sukses.

Sembari memulai kegiatan ini anda juga harus tetap mengembangkan diri dan terus belajar. Jangan lupa juga, jika anda ingin memulai bisnis berjualan online sukses sebaiknya anda perhatikan juga beberapa tips yang dijelaskan di bawah ini
  1. Rintis untuk menjadi penjual yang baik yaitu penjual yang jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  2. Cari pelanggan dengan strategi pemasaran yang mengedepankan kualitas pelayanan
  3. Sediakan metode pembayaran yang paling aman dan mudah bagi pelanggan anda
  4. Gunakan jasa pengiriman barang yang sudah teruji kualitasnya
  5. Jangan membuat pelanggan kecewa, berusahalah untuk memberikan kepuasan pada setiap transaksi yang terjadi
  6. Berikan produk yang berkualitas
  7. Lakukan dengan profesional baik dari sisi pelayanan maupun sarana

Untuk mempermudah dalam mencapai tujuan penjualan yang anda lakukan  anda harus bersabar dalam membanding branding perusahaan. Apa pun cara yang anda gunakan dan bagaimana pun strategi yang anda terapkan anda tetap membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan, membangun kepercayaan dan menjaring banyak konsumen baru. 

Perlu anda ingat, situs jual beli online yang anda kelola memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan anda. Anda harus mengelolanya dengan baik agar setiap orang yang datang bisa melakukan transaksi.

Untuk situs anda bisa meminta bantuan dari jasa pengelola situs atau anda bisa belajar mengelolanya sendiri sedikit demi sedikit. Sekedar catatan saja, untuk urusan ini ada yang sudah membuktikan cara sukses jualan online yang sangat sederhana yaitu menggunakan bantuan media sosial facebook dan twitter. 

Modal yang digunakan hanya telaten, jujur dan pantang menyerah tetapi seorang siswa sekolah sudah mampu membiayai kebutuhannya sendiri. Bagaimana dengan anda, apakah anda sudah siap untuk sukses berjualan online seperti mereka?

Tips Cara Jualan Online Sukses, Pasti Bisa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko