Monday, October 3, 2016

Peluang Usaha Jual Pulsa Elektrik Untung Besar

Peluang Usaha Jual Pulsa Elektrik dulu begitu bagus, apalagi waktu pertama teknologi ponsel mulai menjamur di tanah air. Tetapi apakah usaha semacam ini sekarang masih cukup bisa diandalkan? Apakah usaha counter pulsa seperti ini masih dibutuhkan?
Peluang Usaha Jual Pulsa Elektrik

Tergantung, dikatakan masih bagus bisa tetapi dikatakan sudah kurang menjanjikan juga bisa. Maka dari itu perlu dikaji dan dilakukan analisa lebih jauh sebelum memilih dan mendirikan usaha dagang tersebut. 

Jenis usaha jual beli yang satu ini peluangnya bagus namun banyak sekali pelaku usaha yang gagal dalam menjalankan bisnis counter pulsa tersebut, mengapa demikian?

Ya, usaha jual pulsa ini mengandalkan jumlah transaksi untuk mendapatkan penghasilan karena selisih harga beli dan harga jual pulsa sangat rendah hanya di kisaran Rp. 1.000,- Jadi jika jumlah transaksi penjualan sedikit maka pendapatannya pun sedikit.

Untuk kita yang ingin membuka usaha ini sebaiknya memang harus mengadakan analisa terhadap seberapa besar peluang atau prospek untuk usaha jual pulsa elektrik tersebut di daerah sekitar kita. Memang, kalau dilihat secara umum kebutuhan akan pulsa handphone ini semakin hari semakin tinggi.

Keadaan tersebut di dukung dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan PH Pintar yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Tentu saja, perkembangan ini menjadikan peluang usaha untuk jual pulsa secara umum memang semakin bagus.

Tapi kenapa banyak usaha pulsa elektrik tersebut yang tidak sukses dan akhirnya gulung tikar? Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha, begitu juga dengan usaha ini.

Meski memiliki peluang yang semakin tumbuh namun ternyata memang usaha ini juga memiliki hambatan yang tidak semua orang menyadarinya. Untuk itulah perlu ada suatu analisa dan persiapan yang matang sebelum kita menyambut prospek usaha pulsa elektrik tersebut.

1) Analisa Peluang Usaha Jual Pulsa Elektrik

Kebutuhan masyarakat untuk pulsa semakin hari semakin meningkat, hal inilah yang menjadikan usaha jual pulsa menjadi sebuah usaha yang peluangnya menjanjikan. Meski begitu tak mudah untuk sukses dalam usaha ini, harus ada persiapan dan harus ada strategi khusus dalam menjalankannya.

Sebelum kita terlanjur memulai usaha ini sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu bagaimana sebenarnya prospek usaha ini. Usaha ini menjadi usaha yang menjanjikan dengan dukungan kebutuhan yang terus saja meningkat dari hari ke hari.

Kita bisa melihat dengan jelas bahwa konsumen pulsa ini semakin hari semakin bertambah banyak dengan penggunaan yang juga meningkat. Untuk jumlah konsumen, indikasi-nya bisa kita lihat dari beberapa keadaan di bawah ini.
  • Dulu hanya pebisnis dan orang kaya yang mempunyai handphone tapi sekarang petani pun sudah memakai handphone
  • Dulu hanya orang tua yang memiliki HP tapi sekarang anak sekolah dasar pun sudah dibelikan HP
  • Dulu HP hanya untuk menelpon tapi sekarang HP juga untuk internetan
  • Hp dulu hanya sebagai kebutuhan sekunder namun sekarang sudah cenderung menjadi kebutuhan primer 
  • Di kota, di desa, sekarang hampir semua orang menggunakan handphone
Dari perubahan perkembangan masyarakat di atas saja jelas sekali bahwa masyarakat saat ini sudah seperti hampir tidak bisa dipisahkan dari teknologi komunikasi ini jadi tentu saja jumlah pengguna yang bisa dijadikan konsumen untuk bisnis ini sudah otomatis juga bertambah.

Dari pertambahan jumlah ini saja kita dapat mengukur seberapa jauh potensi bisnis yang dimiliki. Selain dari sisi jumlah, dilihat dari sisi penggunaan pun sudah meningkat pesat. Kalau dulu orang hanya menggunakan handphone untuk berkomunikasi hal-hal penting sekarang untuk sekedar bercanda saja sudah menggunakan handphone yang jelas jelas membutuhkan pulsa.

Belum lagi jika kita lihat penggunaannya pada generasi muda seperti anak sekolah. Dari sisi kegunaan, handphone sekarang bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi melainkan banyak digunakan untuk mengakses internet, khususnya handphone terbaru. Penggunaan handphone untuk internet ini juga membutuhkan pulsa yang tidak sedikit.

Dua sisi tersebut menggambarkan bahwa kebutuhan pulsa handphone sekarang ini sudah semakin banyak. Dengan kondisi tersebut tentu saja peluang penyedia pulsa pun akan semakin besar.

Coba kita hitung, seberapa banyak pulsa yang kita habiskan dalam satu bulan, lebih dari seratus ribu bukan? Bagaimana dengan keluarga kita, bagaimana dengan pasangan kita, bagaimana dengan anak-anak kita? Mereka semua membutuhkan pulsa setiap harinya, lalu dari mana pulsa tersebut dibeli?

2) Tips Sukses Usaha Jual Pulsa Elektrik

Di atas jelas sekali dikatakan bahwa usaha jual pulsa memang memiliki peluang yang bagus namun untuk menjalankan usaha ini tidaklah mudah. 

Ada banyak hambatan dan rintangan yang harus dihadapi dalam membangun usaha ini, karena itu wajar jika banyak orang yang membuka usaha ini pada akhirnya gagal dan harus bangkrut.

Kita harus tahu persiapan dan apa aja yang harus dibeli untuk counter pulsa. Untuk sukses dalam usaha ini kita harus mampu mengatasi berbagai masalah yang ada. Kita harus mampu bersaing dan juga mampu dengan cepat mengembangkan usaha ke usaha dengan skala yang lebih besar.

Dalam membangun usaha ini ada beberapa tips yang bisa kita terapkan. Tips sukses usaha jual pulsa tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Kenali persaingan
2. Tingkatkan modal
3. Juallah pulsa sebagai agen
4. Buat pembukuan yang teratur
5. Hindari sistem hutang/kasbon

Sebelum membuka usaha ini pastikan kita mempelajari seberapa ketat persaingan yang sudah ada. Coba analisa perbandingan antara jumlah konsumen dan jumlah counter pulsa yang sudah ada. Kira-kira berapa pendapatan mereka, jika ditambah dengan kita kira-kira pendapatannya masih sesuai atau tidak.

Ingat, usaha ini sangat berisiko dalam hal persaingan mengingat usaha ini sangat mudah untuk dijalankan. Siapa saja bisa menjual pulsa elektrik bahkan anak sekolah sekalipun, selain itu modalnya pun tidak banyak, hanya dengan 100.000 pun sudah bisa. 

Modal akan menentukan seberapa besar pendapatan yang bisa diusahakan. Karena itu akan lebih baik jika kita meningkatkan modal karena meski permintaan banyak kalau modal tidak ada maka kita akan mengalami kesulitan dalam menyediakan permintaan tersebut.

Kemudian, dalam hal modal ini, kita akan lebih baik jika dapat menyediakan modal yang cukup dan memulai usaha ini sebagai agen pulsa yang membawahi counter pulsa. Dengan begitu keuntungan yang kita dapat bisa lebih banyak dan jangkauan konsumen pun lebih luas.

Untuk mendukung kegiatan usaha sebaiknya buatlah pembukuan agar kita dapat menganalisa dan melakukan evaluasi perkembangan usaha tersebut. Selain itu hal yang tak kalah penting adalah "hindari sistem hutang".

Banyak pelaku usaha ini yang gagal karena tidak dapat mengelola modal yang macet karena pulsa di hutang oleh pelanggan. Karena itu jika ingin sukses sebaiknya hindari sistem ini, kalau tidak modal kita akan menumpuk pada pelanggan dan kita akan kesulitan untuk mengembangkan usaha.

Dari beberapa ilustrasi di atas prospek usaha pulsa elektrik ini akan sangat cocok jika kita membukanya sebagai agen pulsa bukan sebagai counter pulsa. Dengan membuka usaha pulsa menjadi agen maka counter-lah yang akan memperjuangkan keuntungan untuk usaha kita tersebut.

Peluang Usaha Jual Pulsa Elektrik Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko