Monday, October 3, 2016

Analisa Peluang Bisnis Fesyen Rumahan

Peluang Bisnis di bidang Fesyen memang memikat banyak pelaku usaha, apalagi sekarang ini perkembangan dunia mode semakin pesat. Bagaimana menurut anda, apakah menurut anda usaha di bidang pakaian seperti ini cukup memiliki masa depan?

Analisa Peluang Bisnis Fesyen Rumahan
Bisa ya bisa juga tidak, masa depan sebuah bisnis atau usaha sangat tergantung juga dengan bagaimana bisnis dan usaha tersebut dikelola. Kadang bisnis sederhana pun bisa tahan sampai 10 tahun ke depan, kadang juga tidak. Lalu bagaimana dengan fesyen ini ya?

Salah satu bidang usaha yang sepertinya tak akan pernah surut adalah bisnis di bidang fesyen atau pakaian. Bisnis dibidang ini selalu saja ramai karena kecenderungan masyarakat yang semakin banyak mengikuti perkembangan dunia mode tersebut.

Coba kita perhatikan saja, permintaan dan kebutuhan akan baju yang bagus, berkualitas dengan harga bersaing terus saja ada bahkan terkadang tak kenal musim. Bukan saja merk terkenal, produk fesyen merk pribadi juga banyak yang digemari. Maka dari itu wajar saja jika banyak yang tertarik dengan bisnis busana ini.

Untuk masalah fesyen sekarang bahkan terlihat kecenderungan bahwa semua lapisan masyarakat mulai mengikuti perkembangan dunia mode. Banyak dari kita yang dengan antusias menyambut tren mode pakaian terbaru. Butuh atau tidak, mendesak atau tidak, ada uang atau tidak, kebutuhan akan pakaian selalu saja penting.

Itulah yang bisa mendasari perkembangan bisnis dalam dunia fesyen terus berkembang. Untuk kita yang sedang mencari ide usaha mungkin bisa mempelajari peluang usaha fesyen pakaian khususnya untuk usaha skala rumahan.

1) Analisis modal awal jualan gorengan
2) Peluang usaha di komplek perumahan
3) Analisa usaha travel mobil
4) Peluang usaha artikel bahasa inggris
5) Peluang bisnis pakaian muslim
6) Ide bisnis home industri yang menjanjikan
7) Pentingnya memisah keuangan usaha dan pribadi

Dengan membidik usaha ini dalam sekala yang lebih kecil tentunya diharapkan dapat memberikan kesempatan tersendiri bagi kita untuk ikut berkontribusi dalam kemajuan dan perkembangan dunia mode tersebut. Bagaimana prospek atau peluang usaha tersebut, mari kita simak gambaran berikut!

1) Kelebihan Bisnis di bidang Fesyen

Ada beberapa alasan yang bisa mendasari kita dalam menentukan pilihan pada jenis usaha yang satu ini. Ya, hal ini tak lain karena beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis usaha skala rumahan tersebut. Apa saja kelebihan dari usaha ini?

Dari skala usaha-nya saja sudah jelas sekali terlihat satu kelebihannya yaitu bisa dikendalikan hanya dari rumah. Lalu bagaimana dengan kelebihan lain, mari kita lihat beberapa poin di bawah ini.

1. Bisa dikelola langsung dari rumah
2. Bisa dirintis sesuai kemampuan
3. Modal usaha cenderung lebih kecil
4. Bisa bergerak lebih leluasa dan cari aman untuk modal
5. Lebih independen dan mandiri

Jelas sekali, seperti telah disinggung di atas, usaha rumahan tentu bisa dikendalikan dan dijalankan hanya dari rumah karena memang skala usahanya adalah home industri. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi kita terutama yang bekerja dengan waktu yang lebih leluasa.

Selain itu dengan memilih skala bisnis ini tentunya kita bisa memulai usaha ini dari skala kecil dimana dapat dengan mudah kita sesuaikan dengan kemampuan dan keadaan kita.

Hal ini sangat penting karena dapat memberikan keleluasaan bagi kita para pemula untuk dapat mempelajari berbagai aspek usaha yang berkaitan dengan sukses tidaknya sebuah usaha. Hal ini juga tidak akan membuat kita stres dalam menentukan jumlah modal yang akan digunakan. 

Keleluasaan dan kebebasan dalam pengelolaan ini tentu dapat dimanfaatkan sebagai jalan untuk belajar dan menimba pengalaman dalam bidang usaha yang kita geluti.

Ini akan memberikan kesempatan bagi kita untuk lebih dewasa, lebih pintar dan lebih bijak dalam menentukan langkah. Selain itu hal ini juga bisa mengasah keterampilan kita dalam menjalankan bisnis. Ingat, "pengalaman adalah guru terbaik".

Dengan berbagai kelebihan di atas memang bukan berarti bahwa usaha ini tidak memiliki kelemahan. Namun untuk kita yang berniat mencoba bisnis ini tentu saja beberapa poin di atas dapat mendukung peluang bisnis rumahan yang sedang kita incar.

2) Analisa Prospek Bisnis Fesyen Rumahan

Seberapa jauh dan seberapa besar peluang untuk bisnis pakaian ini? Untuk dapat menentukan seberapa jauh prospek usaha di bidang fesyen rumahan ini ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Beberapa hal yang dapat dijadikan ukuran dalam prospek usaha tersebut antara lain sebagai berikut:

a. Tingkat pendidikan dan penghasilan masyarakat
b. Jumlah penduduk dan budaya yang ada
c. Daya saing atau persaingan

Hal pertama yang mempengaruhi peluang usaha adalah dari sisi tingkat pendidikan masyarakat dan tingkat penghasilan. Kita tentu tahu kecenderungan dari mereka yang memiliki tingkat pendidikan tinggi tentu lebih memperhatikan aspek penampilan jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu penghasilan masyarakat juga akan menentukan seberapa besar peluang yang bisa kita dapatkan. Bisa kita bayangkan, jika penghasilannya kecil apakah mungkin orang akan menghamburkan uang untuk membeli produk fesyen berlebihan?

Biasanya tidak, bahkan mungkin mereka hanya beberapa kali saja membeli pakaian dalam setahun. Dari sini kita dapat mengikut seberapa menjanjikan usaha yang akan kita dirikan tersebut.

Daya saing atau persaingan juga akan mempengaruhi peluang, semakin tinggi persaingan maka akan semakin kecil peluangnya meski tidak selalu demikian. Yang paling jelas, sebuah usaha baru tentu membutuhkan waktu untuk bertahan dan berkembang, jika dihadapkan dengan persaingan yang ketat tentu saja hal ini akan lebih sulit.

Tiga aspek di atas dapat mempengaruhi tingkat prospek bisnis pakaian yang akan didirikan namun tentunya tergantung pada daerah tempat usaha yang dipilih. Pada umumnya peluang untuk usaha rumahan ini masih bagus dan menjanjikan namun tidak untuk semua kondisi dan semua tempat. Untuk menentukan lebih lanjut tentu perlu ada analisa yang dilakukan di daerah kita masing-masing.

Dari sisi lokasi atau tempat, bisnis fesyen skala rumahan ini sebenarnya akan lebih menjanjikan jika didirikan ditempat yang padat penduduk dan ramai. Di kota, usaha ini akan lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan di desa yang masyarakatnya sedikit dan tingkat rata-rata penghasilannya lebih rendah.

Yang pasti, untuk peluang bisnis Fesyen rumahan ini bisa anda tentukan dan analisa sendiri sesuai dengan keadaan daerah yang anda pilih untuk tempat usaha. Ingat prospek di masing-masing daerah akan berbeda-beda.

Jadi jika kita hendak mendirikan atau memulai bisnis ini hendaknya kita menganalisa lebih jauh berbagai faktor yang berkaitan langsung ditempat atau daerah kita berada. Dengan begitu hasil analisa bisa lebih akurat dan bisa dijadikan acuan dalam perencanaan usaha selanjutnya. Itu saja, semoga bermanfaat.

Analisa Peluang Bisnis Fesyen Rumahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko