Sunday, October 2, 2016

Analisa Peluang Usaha Jual Pakaian Anak Untung Melimpah

Bagaimana Peluang Usaha Jual Pakaian untuk Anak - Apakah kebutuhan pakaian anak kecil bisa melahirkan peluang usaha yang cukup bagus? Tidak bisa dipastikan, sekali lagi tidak bisa dipastikan bagus tidaknya sebelum anda sendiri melakukan analisa.
Peluang Usaha Jual Pakaian Anak

Kenapa demikian, sebuah usaha bagus atau tidak akan dipengaruhi banyak faktor baik yang berasal dari luar maupun dari dalam usaha itu sendiri. Tugas anda sebagai pelaku usaha untuk menentukan hal tersebut.

Orang yang punya anak kecil bisa sebulan berkali-kali membeli baju untuk anak mereka tersebut. Umumnya permintaan pakaian anak ini sangat tinggi khususnya untuk pakaian anak balita atau dengan umur sebelum masuk sekolah dasar.

Tentu saja keadaan ini dapat menciptakan peluang menjanjikan bagi kita untuk mengembangkan bisnis di bidang reseller baju tersebut. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai peluang usaha dagang pakaian anak lebih detail agar bisa menjadi gambaran kita semua.

Menurut saya pribadi kebutuhan baju anak sama saja dengan kebutuhan pokok seperti membeli beras apalagi untuk anak di bawah usia sekolah. Tapi mungkinkah kebanyakan orang berpikir demikian?

Nyatanya, alasan yang paling mendasar adalah bahwa dalam tumbuh kembang, tubuh anak akan terus tumbuh dan baju-baju yang digunakan pun sebentar sudah tidak cukup. Inilah alasan paling logis yang membuat anak-anak sering membutuhkan baju baru. Tentu saja keadaan ini bisa menjadi dasar untuk usaha jual pakaian anak-anak.

Agar lebih jelas mengenai bagaimana peluang sukses usaha ini maka perlu beberapa analisa yang harus dilakukan pada tahap awal penentuan layak tidaknya usaha ini dijalankan.

Kita harus lebih dahulu mempelajari bagaimana prospek konsumen-nya, membuat analisa laba rugi dan mengadakan berbagai persiapan lain jika ingin membuat usaha jual baju anak tersebut.

1) Analisis Peluang Bisnis Pakaian Anak 

Jika benar bidang usaha ini memberikan prospek yang bagus tentunya beberapa analisa awal harus mengindikasikan sisi positif dimana menunjukkan peluang yang menjanjikan untuk dijalani. Ada beberapa poin yang akan kita analisa berkaitan dengan bisnis ini.

Yang pertama mengenai konsumen yang akan kita bidik, setelah itu ada analisa laba rugi dan juga analisa tempat usaha. Hasil dari analisa tersebut nantinya akan kita gunakan sebagai dasar dalam menentukan perencanaan untuk usaha tersebut.

Tentu saja, kita bisa memutuskan untuk mengambil peluang ini atau tidak berdasarkan hasil dari analisa yang akan kita lakukan tersebut. Untuk itulah kegiatan analisa ini akan sangat penting untuk dilakukan. Mari kita bahas satu persatu berbagai hal tersebut.

Analisa Pertumbuhan Konsumen
Konsumen seperti apa yang kita butuh untuk mengembangkan usaha ini? Masyarakat seperti apa yang bisa menjadi konsumen produktif bagi usaha tersebut? Tentu hal ini yang harus kita pelajari.

Yang pertama kita harus tahu siapa yang cocok kita bidik sebagai konsumen untuk usaha jual pakaian tersebut. Dari sisi konsumen ini tentu saja yang bisa dijadikan konsumen adalah para ibu muda yang memiliki anak kecil.

Dalam bisnis ini satu-satunya konsumen yang bisa dibidik tentunya adalah para orang tua yang memiliki anak kecil. Semakin banyak orang tua yang memiliki anak kecil tentu akan semakin bagus bagi pertumbuhan bisnis yang akan kita jalankan tersebut.

Untuk mengetahui seberapa banyak konsumen ini kita dapat menganalisa dari beberapa indikator seperti:

1. Ramai tidaknya sekolah untuk anak kecil (PAUD, TK)
2. Tinggi rendahnya angka kelahiran bayi di suatu tempat
3. Tinggi rendahnya angka pernikahan

Setidaknya dari beberapa indikator tersebut kita bisa mendapatkan gambaran seberapa banyak konsumen yang bisa dijadikan target market bagi usaha bisnis yang akan kita jalankan tersebut.

Selanjutnya, setelah mendapatkan gambaran yang tepat dari asumsi konsumen maka kita bisa menganalisa pertumbuhan konsumen dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini berguna untuk melihat prospek ke depan dari usaha tersebut dan menganalisa berbagai kendala promosi yang mungkin dihadapi.

Analisa Pendapatan
Sebagai langkah persiapan dalam membangun usaha ini kita juga dapat melakukan analisa mengenai seberapa besar potensi penghasilan yang bisa di dapat. Nah, sebagai contoh dan referensi, berikut disertakan juga sebuah analisa asumsi laba rugi dari bisnis jual beli tersebut.

a. Investasi awal: Rp 3.500.000,-
b. Sewa tempat: Rp 350.000/ bln
c. Karyawan: Rp 600.000/ bln
Harga Jual: Rp 15, 000/ 2 pcs atau Rp25, 000/ 2pcs (untuk setelan)
Rata-rata Penjualan per hari: 100 pcs
Margin: Rp 2, 500

Pendapatan per hari: Rp 250.000
Pendapatan per Bulan: Rp 250.000 x 30 = Rp 7, 500, 000
Keuntungan : 50% = Rp 3, 500, 000
Sewa tempat + karyawan = 350, 000 + 600, 000 = Rp. 950, 000

Keuntungan per bulan = Rp. 2, 550, 000,- (Tidak sampai 3 Bulan anda sudah balik modal) 
Sumber: grosirbajuku.indonetwork.co.id

Analisa di atas didasarkan dengan asumsi rata-rata penjualan sebanyak 100 baju dengan harga jual satuan sebesar 7.500 sampai 12.500. Perlu diingat bahwa analisa di atas hanya sebagai contoh asumsi pendapatan yang diambil dalam skala aman. Pada kenyataannya pasti ada berbedaan dengan apa yang bisa kita hadapi.

Memang dari hasil analisa di atas terlihat sekali bahwa Prospek Peluang Usaha Jual Pakaian Anak ini masih cukup besar namun tentu saja pendapatan yang bisa diperoleh akan dipengaruhi banyak faktor.

Berbagai faktor tersebut misalnya saja masalah banyak sedikitnya kebutuhan, minat konsumen, jangkauan daya beli konsumen dan lain sebagainya. Jadi, semua akan tergantung pada bagaimana usaha kita.

Analisa Tempat Usaha yang Bagus
Tempat atau lokasi didirikannya usaha ini tentu juga akan memberikan pengaruh sukses tidaknya usaha tersebut. Lalu tempat yang bagaimana yang bagus untuk mendirikan usaha jual beli ini?

Untuk masalah tempat sebenarnya hanya kita yang bisa menentukan bagus atau tidaknya tempat tersebut. Dalam hal pemilihan tempat seperti ini ada beberapa kriteria yang bisa kita pertimbangkan yaitu:
  1. Tempatnya mudah di jangkau
  2. Jumlah penduduknya banyak
  3. Jumlah anak kecilnya banyak (bisa dilihat dari jumlah sekolah anak)
Seperti yang sudah disinggung di atas, usaha ini akan menjanjikan jika didukung dengan jumlah penduduk dengan anak kecil yang memadai. Apalagi jika didirikan di lokasi strategis yang mudah dijangkau dari segala arah.

Tempatnya bagus jika didirikan di pusat kota yang ramai. Selain itu dalam pemilihan tempat kita juga harus mencari tahu perkiraan jumlah penduduk yang akan menopang usaha kita yakni seberapa banyak orang yang memiliki anak kecil dan sebagainya.

2) Tips Sukses Usaha Jual Pakaian Anak

Supaya sukses dalam menjalankan usaha ini maka kita harus pandai dan jeli dalam membuat persiapan dan menjalankan usaha ini. Sukses memang sulit, tetapi semua orang pasti ingin sukses bukan?

Dari beberapa pengalaman dan nasehat beberapa orang yang telah sukses dalam bisnis retail seperti ini setidaknya ada beberapa tips sukses yang bisa kita gunakan dalam usaha tersebut. Beberapa tips menjalankan usaha jual baju tersebut yaitu:
  1. Mulai dari modal yang sesuai kemampuan
  2. Cari tempat yang strategis
  3. Cari tempat yang banyak anak kecil
  4. Dirikan di lokasi yang angka pernikahannya tinggi
  5. Usahakan pilih masyarakat yang tingkat penghasilannya memadai
  6. Lakukan reset pasar dan sebelum dan selama menjalankan usaha ini
  7. Analisa pertumbuhan persaingan
  8. Berikan pelayanan yang berkualitas
  9. Jadilah pedagang yang jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Menjalankan bisnis apapun tidak akan mudah dan langsung sukses. Semua perlu proses, harus ada kerja keras, pengorbanan, perbaikan dan semangat dalam menjalankan bisnis tersebut. Selalu berkreasi, inovatif dan fleksibel juga bisa kita jadikan senjata dalam menggapai kesuksesan.

Ingat, kita akan sukses jika kita mampu melewati kegagalan yang menghadang. Jangan berhenti hanya karena kegagalan, jangan puas hanya karena kesuksesan kecil, terus berusaha dan terus mencoba serta belajar dari berbagai pengalaman.

Mudah-mudahan peluang usaha jual pakaian anak bisa menghantarkan kita dalam sebuah kesuksesan karir yang didambakan. Jangan lupa baca juga beberapa ide usaha lain dibagian akhir tulisan ini.

Analisa Peluang Usaha Jual Pakaian Anak Untung Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko