Thursday, September 29, 2016

Peluang Membuka Usaha Distro, Pembeli Ramai Untung Berlimpah

Peluang Membuka Usaha Distro - Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah bisnis atau usaha yang ramai dengan pembeli dan untungnya banyak, benar tidak? Semua pelaku usaha pasti menginginkan dan mengidamkan hal tersebut. Hal itu tak mudah, tapi apakah benar anda tidak ingin sukses?


Sukses mengembangkan bisnis, termasuk bisnis distro seperti ini juga bisa dikatakan sulit. Namun begitu tidak ada yang tidak mungkin jika kita benar-benar menjalankan usaha tersebut dengan baik. Apalagi jika dikembangkan dengan kreativitas dan inovasi.

Sekarang ini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya memiliki usaha pribadi untuk menunjang segala kebutuhan hidup. Jika mengandalkan gaji tentu saja tak cukup apalagi harus was-was kalau suatu saat terkena PHK.

Karena itulah semakin banyak orang yang berpikir mandiri dengan mencari berbagai jenis usaha yang bisa dijadikan ladang bisnis. Kali ini kita akan mengulas sebuah peluang usaha yang masih cukup menjanjikan yaitu usaha distro.

Coba kita perhatikan, akhir-akhir ini posisi usaha ini semakin mapan dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat terutama kaum muda. Usaha ini mulai dapat kita lihat di berbagai wilayah kota dan bahkan di daerah sekalipun.

Sudah tahu kan apa arti dari kata tersebut? Ya, untuk permulaan mari kita perjelas terlebih dahulu bidang usaha tersebut dengan melihat pengertian distro. Kalau kita cari di internet kita dapat mengetahui bahwa distro merupakan singkatan dari "distribution store".

Dari singkatan tersebut tentu jelas bahwa distro disini adalah toko atau outlet penjualan. Distro ini akan menyediakan produk pakaian khusus dibawah merk pribadi. Biasanya distro ini menjual berbagai pernak pernik dan baju dari sebuah komunitas. Produk yang dijual di sini unik dan biasanya tidak diproduksi secara masal untuk mempertahankan keunikan tersebut.

Akhir-akhir ini perkembangan bisnis ini semakin maju dimana sudah banyak komunitas-komunitas yang mendirikan usaha distro sendiri untuk memasarkan produk pakaian dan aksesoris mereka.

Mengingat konsumen yang semakin beragam maka peluang bisnis distro ini makin hari makin menjanjikan dan banyak di lirik oleh pelaku usaha. Untuk mengetahui seberapa jauh prospek usaha ini berikut akan kita bahas juga bagaimana gambaran pendapatan dari usaha tersebut.

1) Asumsi Pendapatan Usaha Distro

Usaha yang kita bahas disini akan menitik beratkan pada penjualan produk pakaian yaitu kaos distro. Untuk gambaran, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha distro tentunya bervariasi tergantung bagaimana sistem usaha yang dilakukan.

Kalau untuk usaha yang "made by order" tentunya modal yang dibutuhkan cukup kecil karena produk akan dibuat hanya berdasarkan pesanan saja. Lain halnya dengan sistem di atas, jika kita akan memanfaatkan outlet dan memajang langsung produk kita.

Untuk model ini tentu usaha tersebut membutuhkan lebih banyak modal. Sekarang mari kita lihat hubungan modal dan asumsi pendapatan dari usaha tersebut dengan beberapa keadaan di bawah ini.

- Modal awal 3 juta
- Biaya untuk 48 kaos kombad
- Harga jual satuan 125.000
- Biaya produksi 63.000

Dengan asumsi harga desain 100.000 dan harga kaos 50.000 maka keuntungan per kaos 25.500. Dari asumsi keuntungan per kaos yang di dapat tentu kita tinggal menghitung jumlah kaos yang akan dibuat.

Jadi, jika per kaos kita mendapatkan 25.500 maka jika kita mampu menghasilkan 100 kaos maka hasil kita adalah 100 x 25.500 = 2.550.000 ribu. Dari perhitungan sederhana di atas kita tinggal memperhitungkan atau membuat asumsi produksi per hari dan atau perbulan serta membuat asumsi produk yang bisa dijual dalam satu bulan.

Jika dalam satu bulan kita dapat menjual 100 buah kaos maka jelas untung yang kita dapat adalah sekitar 2,5 juta. Jika pasar atau market-nya bagus dan kita mampu memproduksi lebih banyak kaos maka kita akan mendapatkan hasil yang lebih banyak.

2) Tips Membuka Usaha Distro

Tidak semua usaha yang menjanjikan bisa sukses dijalankan, bahkan peluang usaha yang begitu bagus pun bisa kandas jika tidak ditangani dengan baik. Tidak berbeda dengan usaha ini, jika kita membuka usaha distro maka kita juga perlu belajar berbagai hal yang dapat mendukung kesuksesan kita.

Kalau ingin membuka usaha ini maka kita harus mempersiapkannya dengan baik. Dalam persiapan tersebut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan. Tips untuk membuka usaha distro agar sukses antara lain seperti dijelaskan di bawah ini.

1. Melakukan analisa pasar
2. Menentukan brand
3. Melakukan promosi yang tepat
4. Menjaga kualitas
5. Menekan harga serendah mungkin
6. Konsisten, bekerja keras dan selalu belajar

Di dalam dunia usaha kita mungkin akan mendapati banyak pesaing yang membuka usaha yang sama dengan yang kita jalani. Lihat, dari sekian banyak usaha tersebut mana yang sukses?

Bukan mereka yang memiliki modal banyak, bukan pula yang lebih dulu berdiri namun yang sukses adalah mereka yang mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen.

Jika kita bergerak di bisnis distro maka kita akan membidik konsumen yang memiliki masalah atau kesulitan dalam mencari produk distro yang mereka inginkan. Produk seperti apakah yang mereka inginkan tersebut? Itulah yang harus kita jawab.

Selain itu strategi promosi dan merk dagang yang kita bangun juga akan menentukan perkembangan usaha kita ke depan. Kita harus mampu merumuskan apa yang dibutuhkan usaha kita. Ini adalah tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pelaku usaha yaitu untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Tanpa mempelajari peluang membuka usaha distro terlebih dahulu maka usaha distro yang akan kita bangun sangat berisiko menghadapi kegagalan. Mudah-mudahan, dengan adanya sedikit artikel ini kita bisa terbantu dalam menganalisa dan mencari referensi usaha yang peluangnya bagus dan dapat kita jalankan. 

Peluang Membuka Usaha Distro, Pembeli Ramai Untung Berlimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko