Thursday, September 29, 2016

Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak Untung Besar

Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak - usaha bisa dibidang apa saja, termasuk jual beli dan juga jasa. Salah satunya misalnya bidang jasa penyediaan oleh-oleh atau buah tangan atau souvenir untuk acara hari jadi atau ultah. Jangan salah dulu, kita lihat bagaimana sebenarnya peluang bisnis atau usaha tersebut.

Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak

Tentu tidak harus sembarangan, tidak boleh terburu-buru dalam menentukan ide yang akan dijalankan. Usaha atau bisnis yang sukses adalah yang dimulai dengan tepat dan cermat dengan melihat seluruh aspek yang ada. Demikian juga dengan bisnis jasa yang satu ini.

Dasarnya adalah perkembangan dan kemajuan zaman dimana sekarang ini bahkan bayi pun sepertinya wajib merayakan pesta ulang tahun. Jaman kecil saya dulu kegiatan seperti ini biasa dikenal dengan sebutan "among-among" dimana seorang anak yang berulang tahun akan dibuatkan acara kecil untuk di doakan.

Kalau di acara among-among tidak ada budaya memberikan hadiah untuk yang berulang tahun berbeda dengan zaman sekarang dimana yang berulang tahun akan diberikan kado dari teman-temannya. Sekarang Souvenir Ulang Tahun Anak sudah seperti menjadi keharusan dan tidak boleh dilewatkan.

Makin maraknya kebiasaan seperti ini tentunya menjadi peluang bisnis tersendiri bagi kita pelaku usaha mandiri. Kita bisa menjadi perpanjangan tangan dari mereka yang membutuhkan Souvenir Ulang Tahun untuk Anak dan membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Siapa yang tidak ingin dibantu, siapa yang tidak ingin dipermudah? Pasti adanya jasa penyedia souvenir ini akan sangat diharapkan bagi mereka yang membutuhkan. 

Kalau dilihat dari sisi kebutuhannya maka bisa dikatakan bahwa kebutuhan akan souvenir untuk anak tidak akan surut, bahkan semakin hari akan semakin meningkat. Karena itulah bidang ini menjadi salah satu bidang usaha yang patut juga untuk dicoba. Lalu bagaimana peluang sukses usaha tersebut, apakah sulit atau masih bisa kita jangkau?

1) Peluang Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak

Dikutip dari laman data.go.id, angka kelahiran di daerah Jakarta pada tahun 2011 mencapai angka 1.5 juta. Hal ini bisa menjadi gambaran bahwa di kota besar yang umumnya usia menikah lebih tinggi saja angka kelahiran bayi bisa mencapai nilai tersebut.

Hal ini memberikan gambaran kepada kita bahwa setiap harinya tentu banyak yang akan merayakan uang tahun. Gambarannya semakin tinggi angka kelahiran maka semakin banyak juga calon konsumen yang bisa kita ambil untuk menjalankan bisnis jasa yang satu ini.

Apalagi jika didukung dengan perkembangan kebiasaan masyarakat yang sepertinya sudah menjadi keharusan untuk menjalankan pesta tersebut.

Menariknya sekarang bukan saja anak pejabat atau anak orang kaya saja yang merayakan ulang tahun tetapi kalangan masyarakat menengah kebawah pun sudah banyak memiliki kebiasaan seperti ini.

Untuk mengetahui seberapa jauh peluang usaha ini kita bisa mencari informasi dari guru sekolah dasar atau guru Tk dimana kita dapat mencari tahu seberapa sering perayaan seperti ini dilakukan. Kalau anak kecil di daerah kita banyak maka sudah pasti peluangnya lebih tinggi.

Bagaimana bisa dikatakan peluangnya bagus jika kita tidak memiliki gambaran penghasilan yang bisa didapat? Ya, untuk gambaran saja, harga yang biasa di dapat untuk paket souvenir biasanya berkisar antara 13 ribu sampai 40 ribu.

Dari harga tersebut tentu kita bisa menghitung pendapatan yang diperoleh. Kalau satu hari ada satu orang dengan pesanan 10 souvenir maka asumsi pendapatan kita bisa mencapai 400 ribu. Itu kalau satu orang yang ulang tahun dan memesan ke kita, bagaimana jika lebih dari satu?

Asumsi di atas merupakan hitungan kasar pendapatan yang bisa dihasilkan, meski tidak bisa kita jadikan patokan tetap asumsi tersebut bisa menjadi gambaran untuk pertimbangan kita. Dari gambaran tersebut kita bisa menghitung asumsi keuntungan bersih setelah pendapatan dikurangi dengan modal dan lainnya. Untuk asumsi peluang usaha dari bisnis ini didukung dengan beberapa poin yaitu:

1. Perayaan ulang tahun makin menjadi kebiasaan
2. Tingginya tingkat kelahiran
3. Makin meningkatnya kemampuan masyarakat

Secara umum, bisnis souvenir memang memiliki peluang yang cukup baik untuk dijalankan. Meski begitu jika kita ingin terjun di bidang jasa ini maka kita harus melakukan perencanaan matang terlebih dahulu. Sebagai contoh, untuk mendukung peluang yang ada kita bisa menganalisa hambatan usaha, prospek dan analisa lainnya. 

2) Tips Memulai Bisnis Souvenir 

Jika ingin membuka usaha khususnya usaha jasa seperti ini tentu saja pertama harus melakukan persiapan-persiapan agar usaha yang kita buat bisa sukses dan memberikan keuntungan yang sesuai dengan harapan.

Tanpa perencanaan tentu saja membuka usaha sama saja dengan bunuh diri. Benar bukan, cuma bisa bangkrut saja, benar tidak?

Apa saja yang harus kita persiapkan jika kita ingin membuka usaha ini? Semua usaha atau bisnis yang akan dibuka tentu akan diawali dengan analisa peluang bisnis tersebut. Setelah itu baru akan dilakukan persiapan untuk berbagai hal yang dibutuhkan.

Dalam hal perencanaan dan persiapan tersebut khususnya untuk usaha souvenir ini ada beberapa tips yang bisa kita pertimbangkan. Beberapa tips memulai bisnis ini yaitu sebagai berikut:

1. Lakukan analisa menyeluruh
2. Buat perencanaan yang matang
3. Petakan berbagai kesulitan yang bisa dihadapi dan solusi yang akan diambil
4. Pelajari prospek jangka panjang usaha tersebut
5. Berikan yang terbaik untuk konsumen
6. Mulailah promosi dari orang terdekat

Analisa merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan sebelum memilih suatu usaha. Sebelum memulai bisnis jasa ini sebaiknya kita melakukan analisa secara menyeluruh mulai dari aspek laba rugi, hambatan, gambaran konsumen dan sebagainya.

Dengan dasar analisa tersebut kita bisa merumuskan sebuah perencanaan yang matang yang akan kita lakukan kedepan. Karena baru memulai usaha maka tidak salah jika kita juga mempelajari berbagai hambatan dan kesulitan usaha khususnya yang berkaitan dengan bidang usaha yang akan kita buka.

Dengan begitu kita bisa memprediksi apa yang akan kita hadapi kedepan termasuk memprediksi tumbuhnya persaingan usaha. Kita juga dapat melakukan analisa terhadap prospek usaha untuk beberapa tahun ke depan.

Setelah usaha berdiri teruslah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan agar siapapun yang pernah menjadi konsumen kita bisa ikut kita gunakan sebagai media promosi jangka panjang.

Di awal, untuk memulai kegiatan, kita bisa mulai melakukan promosi dan mengenalkan usaha kita ke orang-orang terdekat. Jangan terjebak dengan melakukan promosi yang akan membebani usaha kita yang baru berdiri, mulailah dengan membentuk brand agar ke depan kita lebih mudah memasarkan produk yang disediakan.

Yang perlu diingat selanjutnya adalah bahwa saat memulai sebuah usaha kita akan mengalami hal yang sulit dimana usaha belum dikenal dan belum mampu mendapatkan pelanggan yang diinginkan. Disini peran kemampuan personal kita sebagai seorang wira swasta akan diuji.

Sesulit apapun, jika kita sungguh-sungguh dan terus berusaha maka bukan hal mustahil jual souvenir ulang tahun anak yang kita jalankan akan berujung sebuah kesuksesan. Tetap berusaha, belajar dan bangun usaha tersebut dengan penuh semangat dan rasa percaya diri, mudah-mudahan bisa membuahkan hasil yang diinginkan. 

Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko