Friday, September 30, 2016

Prospek Bisnis Jasa Pembuatan Website

Peluang Bisnis Jasa Pembuatan Website - Perkembangan dunia online kan memang semakin maju, dan sekarang semakin banyak bisnis yang go online. Jadi sudah jelas bahwa banyak dibutuhkan jasa dalam mendirikan sebuah situs website online bagi para usaha.


Bisa dikatakan, ini merupakan salah satu potensi yang memiliki gambaran peluang cukup menjanjikan. Apalagi jika mengingat kebutuhan yang semakin tinggi. Tetapi apakah benar bisnis jasa ini cukup bisa diandalkan?

Untuk rekan blogger yang keseharian-nya bekerja menjadi webmaster tentu yang akan kita bahas ini merupakan satu bisnis yang sudah tidak asing lagi. Tapi, untuk rekan yang baru mengenal blog atau situs tentu belum banyak mengetahui bagaimana peluang usaha jasa tersebut.

Ya, dilihat dari perkembangan penggunaan internet yang terus meningkat, jasa pembuatan website bisa dijadikan salah satu usaha yang menjanjikan untuk ditekuni.  Kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai bidang usaha tersebut.

Pembahasan kita akan kita titik beratkan pada peluang yang dimiliki usaha ini. Selain itu akan kita bahas juga beberapa hal penting yang diperlukan jika kita ingin mencoba menekuni bisnis tersebut.

Jasa pembuatan situs ini sebenarnya lebih menjanjikan jika dilakukan oleh yang sudah berkecimpung di dunia website namun sebagai orang awam kita juga bisa merintis usaha tersebut.

Kita semua tentu tahu bahwa dunia kerja sekarang bukan tambah mudah tetap tambah sulit, semakin banyak persaingan dalam mencari atau melamar pekerjaan. Karena itulah kita harus pandai-pandai memanfaatkan situasi dan peluang yang ada.

Jangan sampai karena terlalu serius dan berambisi menjadi pegawai kita malah terlalu banyak membuang waktu hanya untuk melamar pekerjaan dan menjadi buruh. Ada banyak peluang yang bisa kita jajaki, kalau kita kreatif bukan tidak mungkin kita akan menjadi orang berikutnya yang sukses di atas kaki sendiri dan dapat menghasilkan pendapatan berlimpah.

1) Gambaran Peluang Jasa Pembuatan Website

Jika dibandingkan dengan bidang usaha online lainnya, jasa pembuatan situs masih memiliki peluang yang cukup bagus. Apalagi dengan perkembangan pengguna internet yang terus meningkat dari hari ke hari.

Peluang ini juga turut didukung dengan semakin banyaknya orang yang tahu bahwa membuat situs bisa mendapatkan banyak uang. Banyak yang mulai belajar bagaimana membuat, mengelola dan menjadikan website atau situs menjadi ladang uang.

Dilihat dari kondisi tersebut tentu saja peluang usaha ini semakin menjanjikan untuk kita tekuni. Belum lagi jika kita melihat pertumbuhan dunia pemasaran online yang semakin bagus. Banyak dari pelaku bisnis mulai mengembangkan sayap dan mempromosikan usaha atau produk mereka di internet.

Bisnis kecil, bisnis besar, perusahaan lokal maupun internasional banyak yang telah melihat peluang tersebut. Banyak pebisnis yang sudah menjual produk mereka melalui internet. Hal ini tentu akan meningkatkan pertumbuhan situs atau website yang ada.

Seiring perkembangan tersebut tentu akan tercipta juga beberapa peluang jasa yang dibutuhkan seperti misalnya pembuatan situs web ini. Sebagai contoh, untuk kalangan profesional atau perusahaan mereka banyak menyewa pekerja untuk membuat, mendesain dan mengelola situs milik perusahaan.

Belum lagi ditambah dengan para pengguna baru yang masih belum begitu tahu bagaimana proses pembuatan laman website. Ini menjadi pangsa pasar tersendiri dari bisnis jasa tersebut. Di sinilah peran kita, kebutuhan website yang semakin meningkat akan memberikan jalan masuk bagi kita yang berminat dengan bidang jasa ini.

Dari latar belakang tersebut jelas sekali terlihat bahwa prospek jasa pembuatan web ini masih sangat bagus khususnya di Indonesia. Banyak kalangan yang masih membutuhkan dan persaingan-nya pun belum begitu tinggi. Jadi, jika kita berminat terjun dalam bisnis ini maka sekarang-lah waktu yang tepat untuk memulainya.

2) Tips Memulai Jasa Pembuatan Website

Yang kita butuhkan untuk membuat website atau situs tidak banyak dan proses pembuatannya pun tidak begitu sulit. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa program yang dibutuhkan, menyiapkan sejumlah modal untuk sewa domain dan hosting dan mengikuti panduan membuat situs yang sudah banyak dibagikan di internet.

Kebanyakan, proses pembuatan situs tersebut menggunakan bantuan program, kita hanya melakukan setting dan input sesuai langkah-langkah yang sudah ditentukan. Secara umum ada dua hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website yaitu:

1. Nama website (domain)
2. Penyimpanan data (Hosting)

Menurut penulis, proses pembuatan website ini sebenarnya bahkan bisa dilakukan oleh kita yang belum begitu pandai dalam hal ilmu webmaster. Meski begitu kita tetap harus belajar lebih detail mengenai hal ini jika memang benar-benar berniat membuka usaha jasa tersebut.

Dalam hal memulai usaha ini ada beberapa catatan yang bisa kita pertimbangkan terlebih dahulu. Ya, sebagai pemula tentu ada beberapa tips memulai usaha jasa tersebut. Tips membuka jasa pembuatan situs antara lain sebagai berikut:

1. Pelajari dan kuasai terlebih dahulu proses pembuatan sebuah situs
2. Tentukan konsumen yang akan kita bidik, analisa peluangnya
3. Buat desain menarik yang sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan konsumen
4. Tawarkan harga yang bersaing

Meski dikatakan mudah, sebelum terjun ke bidang jasa membuat website ini kita tetap harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin. Bagaimana mungkin kita akan membuat jasa pembuatan kalau kita saja tidak tahu dan belum pernah membuat sendiri?

Benar bukan? Karena itulah persiapan pertama tentu membekali diri dengan segala kemampuan yang dibutuhkan dalam usaha tersebut.

Selain hal di atas kita juga harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan membuat perencanaan usaha yang sesuai dengan analisis yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu kita garis bawahi sebelum membuka usaha, yaitu:

a. Lakukan analisa usaha terlebih dahulu
b. Buat persiapan yang matang dari berbagai aspek
c. Tetapkan target market yang jelas dan perencanaan pengelolaan yang baik

Dengan dasar peluang usaha pembuatan website yang menjanjikan dan tekat serta kerja keras serta semangat belajar yang terus ada maka diharapkan usaha yang akan kita bangun tersebut bisa membuahkan hasil yang manis. Itu saja, lain waktu akan kita bahas lagi berbagai hal yang berkaitan dengan bidang usaha jasa tersebut.

Prospek Bisnis Jasa Pembuatan Website Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma