Sunday, September 25, 2016

Peluang Sukses Usaha Modal Kecil Untung Besar

Seberapa besarnya peluang sukses usaha modal kecil bisanya banyak dipandang sebelah mata. Banyak yang menganggap usaha dengan modal pas-pasan pasti tidak akan mampu memberikan keuntungan yang besar.

Tidak semua benar, semua tergantung pada usaha yang dipilih dan bagaimana cara mengelola usaha tersebut. Sebagai contoh, usaha dengan modal kecil yang mampu menghasilkan ratusan juta sebulan dan hanya dikerjakan dari rumah.

Coba kita awali pembahasan ini dengan analogi sederhana sebagai berikut. Dua orang pengusaha membidik bisnis jual beli dengan peluang sebagai berikut:

Si A memilih usaha jual mobil dengan asumsi keuntungan 1 juta per-transaksi penjualan. Dalam satu bulan dia bisa mendapatkan transaksi sebanyak 10 penjualan dengan nilai keuntungan mencapai 10 juta rupiah.

Si B memilih usaha pembayaran voucher pulsa elektrik di satu propinsi dengan asumsi keuntungan 1.000 rupiah per-transaksi. Dalam satu hari dia bisa melakukan transaksi sebanyak 10.000 transaksi dengan asumsi keuntungan sebesar 1.000 x 10.000 = ??? dalam satu hari. Bayangkan berapa keuntungannya dalam satu bulan?

Analogi sederhana di atas hanya untuk menggambarkan bahwa modal tidak bisa serta merta menjamin seberapa besar keuntungan yang bisa didapatkan, bisa saja modal besar hanya akan menghasilkan keuntungan yang kecil dan sangat mungkin usaha dengan modal kecil bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Jadi, jika kita berbicara mengenai peluang maka dua jenis usaha tersebut - usaha modal kecil dan usaha modal besar - memiliki peluang sukses yang sama jika dibandingkan satu sama lain.

Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa peluang sukses untuk jenis usaha modal kecil masih terbuka lebar untuk kita semua. Kita hanya perlu memilih dan memilah mana yang bagus dan cocok untuk dikembangkan sebagai bisnis yang menjanjikan.

1) Tips Memilih Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan

Jika ingin memulai sebuah usaha namun terkendala dengan modal maka sebaiknya kita tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, ingat seiring perkembangan usaha yang dijalankan kita akan semakin mudah untuk menyiapkan modal yang dibutuhkan.

Jadi lebih baik fokus pada usaha yang akan kita jalani tersebut. Membangun sebuah usaha itu tidaklah mudah apalagi dengan modal yang terbatas, karena itulah kita benar-benar harus pintar dalam menjalankan bisnis tersebut.

Dimulai dari persiapan, kita harus melakukan perencanaan yang benar-benar matang. Kita tidak boleh ceroboh apalagi melakukan sesuatu tanpa melihat, menganalisa dan mempertimbangkan segala aspek yang berhubungan dengan usaha tersebut. Tahap awal, dalam perencanaan dan pemilihan jenis usaha sebaiknya kita perhatikan beberapa hal berikut:

1. Pilihlah jenis usaha jasa yang tidak harus membuat atau membeli produk yang akan dijual
2. Pilih usaha yang tingkat resiko kerugian-nya kecil
3. Hindari jenis usaha dengan konsumen fluktuatif
4. Pilih bidang usaha yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan

Umumnya produk usaha jasa tidak membutuhkan modal yang tidak besar, sebagai contoh usaha foto digital pernikahan, usaha tersebut hanya membutuhkan modal di awal yaitu untuk membeli seperangkat kamera.

Selanjutnya hanya akan memerlukan biaya operasional saja. Atau bisa juga untuk dijadikan jenis usaha sewa. Karena kita memiliki modal yang terbatas maka akan lebih baik jika kita memilih bidang usaha yang resikonya tidak terlalu besar sehingga jika kita mengalami kegagalan maka kerugian kita tidak membuat seluruh harta habis terjual.

Ingatlah bahwa kita adalah pemula yang tentu harus sabar, gigih dan selalu belajar bagaimana cara yang tepat untuk membangun usaha yang sukses.

Terakhir, untuk mendukung kinerja yang maksimal maka akan lebih mudah jika kita memilih jenis usaha kecil menjanjikan yang sesuai dengan bakat, minat dan juga kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu beban dalam mengelola usaha tersebut akan ringan dan hasilnya pun bisa maksimal.

Selain dari langkah persiapan tersebut dalam menjalankan bisnis kecil kita juga harus pintar dan berhati-hati. Agar tidak bangkrut ada beberapa tips menjalankan usaha kecil sukses yang bisa kita pertimbangkan antara lain sebagai berikut:

1. Lakukan pengelolaan keuangan dengan tegas dan benar
2. Buat pembukuan yang teratur dan rapi
3. Lakukan analisa, evaluasi dan perbaikan
4. Buat rencana jangka pendek dan jangka panjang
5. Perhatikan pegawai

Yang paling banyak diabaikan oleh pelaku usaha kecil yaitu mengenai pengelolaan keuangan. Jika kita sedang membangun usaha dengan skala kecil maka pastikan kita mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Hindari menggunakan keuntungan untuk kebutuhan pribadi yang tak terukur, buatlah perbandingan yang jelas untuk skala pengeluaran keuangan misalnya berapa persen untuk di tabung, berapa persen untuk pengembangan usaha, berapa persen untuk biaya produksi dan sebagainya.

Menyisihkan uang hasil usaha terlalu banyak akan membuat perkembangan modal usaha akan semakin lambat dan sebaliknya, tidak menyisihkan sebagian hasil untuk ditabung akan mempersulit kita mencari dana dadakan yang mungkin di butuhkan.

Untuk mendukung pengelolaan usaha tersebut sebaiknya kita membuat pembukuan yang teratur dan rapi untuk semua bidang. Dari pembukuan ini nantinya kita bisa melakukan analisa dan evaluasi kinerja usaha yang sedang kita jalani tersebut. Setelah itu tentu kita akan lebih mudah dalam merumuskan rencana perusahaan baik rencana jangka pendek maupun panjang.

Kesulitan keuangan biasanya sering terjadi pada usaha seperti ini meski begitu sangat penting untuk tetap memberikan perhatian serius pada karyawan atau pegawai yang menjalankan usaha kita.

Ingatlah, produktivitas mereka juga dipengaruhi hasil yang mereka dapatkan dari usaha kita. Dengan teknik pengelolaan tersebut diharapkan usaha kecil yang kita pilih bisa bertahan, berkembang dan memberikan keuntungan seperti yang diharapkan.

Secara keseluruhan dalam memilih usaha dengan modal kecil atau pun bisnis rumahan kita tetap harus memperhatikan segala aspek kebutuhan, peluang, resiko dan tata pengelolaan yang akan dijalankan. Semua harus di hitung dengan akurat agar hasil dari analisa pemilihan tersebut tidak menyesatkan kita.

2) Contoh Peluang Usaha Modal Kecil

Banyak belajar dan mengolah informasi tapi akhirnya tetap saja kitalah yang akan menentukan usaha atau pekerjaan apakah yang akan kita pilih. Nah, sekedar untuk memberikan gambaran mengenai beberapa usaha yang hanya menggunakan modal kecil berikut ada beberapa contoh jenis usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang terbatas.

1. Jual beli online
2. Usaha sebagai freelancer
3. Jasa desainer online
4. Bisnis warnet

Jual beli online dengan modal kecil sangat mungkin untuk kita jalankan. Hal ini karena jual beli online tidak perlu menyediakan produk sekaligus melainkan bisa dijalankan dengan sistem preorder atau pesan terlebih dahulu.

Kalau tidak jual beli ada juga jenis usaha mandiri yang juga menjanjikan dan dapat dijalankan dengan modal ala kadarnya yaitu usaha sebagai freelancer online. Pekerjaan ini hanya membutuhkan perangkat komputer dan sambungan internet, pilihan pekerjaannya pun sangat beragam salah satunya yaitu jasa desain.

Yang juga bisa dijalankan adalah bisnis warnet. Untuk bisnis ini secara mandiri kita bisa membangunnya dengan modal sekitar 30 juta, jika modal itu terlalu besar kita juga bisa mencari waralaba untuk bisnis tersebut.

Yang di atas hanya sebagai gambaran saja beberapa ide atau peluang sukses berbagai jenis usaha dengan modal kecil yang bisa kita ambil. Usaha di atas bisa saja menjanjikan dan bisa saja tidak karena sebuah usaha tergantung bagaimana yang menjalankan.

Meski peluangnya bagus namun yang menjalankan kurang kemampuan tentu saja usahanya tidak akan sukses. Maka dari itu jika kita memiliki modal pas-pasan dan ingin memulai usaha kecil maka harus banyak belajar dan berhati-hati.

Artikel tentang peluang usaha ini ditulis berdasarkan pengetahuan yang penulis miliki. Jika ada benarnya itu semata-mata datang dari yang kuasa dan jika ada salah itu adalah sebab keterbatasan yang dimiliki penulis. Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa menjadi bahan belajar sekaligus ide dalam memilih bisnis yang akan dibangun, terima kasih!

Peluang Sukses Usaha Modal Kecil Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko