Sunday, September 25, 2016

Peluang dan Contoh Bisnis Rumahan Menjanjikan

Peluang Menjalankan Bisnis Rumahan yang Menjanjikan - Salah satu bidang usaha yang banyak dicari dan dibutuhkan saat ini adalah bidang usaha yang bisa dijalankan dari rumah. Sejak penggunaan internet semakin pesat, usaha seperti inilah yang sekarang ini sedang naik daun dan banyak digemari.

Bisnis Rumahan

Seperti apakah bisnis ini, bagaimana cara menjalankannya dan produk apa saja yang bisa kita pakai dalam bisnis rumahan tersebut? Semua pertanyaan akan kita jawab agar kita tahu bagaimana potensi kedepan dari bidang tersebut.

Kita mulai dari pengertiannya terlebih dahulu. Kita sering sekali mendengar istilah ini namun terkadang tidak begitu jelas artinya. Bisnis rumahan adalah suatu usaha atau bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah.

Bisnis ini bisa mencakup berbagai bidang usaha sepanjang itu bisa dikerjakan secara bebas di rumah maka bisa dikatakan termasuk ke dalam bisnis ini. Istilah ini memang cukup luas dan digunakan untuk menyebut berbagai bidang usaha yang secara khusus dijalankan dan dikendalikan dari rumah pemiliknya. 

Tidak berbeda dengan jenis usaha lain, usaha ini juga memiliki berbagai aspek pengelolaan baik dari sisi manajemen keuangan, pemasaran dan lain sebagainya. Kunci sukses dalam menjalankan usaha seperti ini biasanya sangat tergantung dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh pengelolanya.

Banyak jenis usaha yang sepele tapi dapat menghasilkan pemasukan yang cukup menjanjikan saat dikerjakan dari rumah. 

Untuk cara memulai dan menjalankan bisnis ini juga sama dengan yang lain karena meski dijalankan dari rumah namun bisnis ini juga merupakan bisnis sungguhan. Untuk memulai dan membangun bisnis ini ada beberapa langkah yang harus diperhatikan yaitu antara lain:

1. Langkah persiapan dan perencanaan
2. Langkah melakukan promosi
3. Menjaga kualitas produk
4. Mengembangkan usaha

Empat hal di atas tentunya harus diperhatikan sebelum mendirikan sebuah usaha rumahan, selain itu analisa mengenai prospek atau peluang usaha juga harus dilakukan terlebih dahulu.

1) Kelebihan dan Kelemahan Bisnis Rumahan

Yang tak kalah penting untuk diperhitungkan dan dipelajari sebelum terjun dalam bisnis ini tentu mengenai kelebihan dan juga kelemahannya. Dari mengetahui kelebihannya tentu kita bisa lebih semangat dan bisa lebih sukses.

Dengan mengetahui dan mempelajari kelemahannya tentu saja hal ini akan mematangkan persiapan kita dan dapat memberikan gambaran mengenai berbagai masalah dan kendala yang bisa dihadapi serta bagaimana solusi yang harus dilakukan.

Lalu apa saja kelebihan dan juga kekurangan bisnis yang dijalankan dari rumah? Pasti ada kelemahan dan juga kelebihannya. Berikut kita perjelas saja dua hal tersebut.

Kelebihan
1. Pengelolaan lebih mudah dan independen
2. Bisa dimulai dari skala kecil 
3. Modal kecil
4. Lebih mandiri dan fleksibel
5. Ramah lingkungan

Poin plus dari bisnis seperti ini sebenarnya hanya terletak pada kemandirian yang bisa dilakukan dalam pengelolaan usaha. Jika kita memiliki usaha seperti ini kita akan benar-benar bebas mengatur dan mengelola usaha tersebut sesuka hati kita, contohnya saja kita bisa dengan mudah menentukan kapan harus libur dan kapan harus lembur, sangat menarik memang. 

Usaha yang dijalankan dari rumah seperti ini juga tidak menuntut modal yang besar karena biasanya usaha ini tidak berkaitan atau bekerja sama dengan orang lain dan dijalankan sendiri. Dengan modal yang kecil usaha ini bisa lebih mudah di rintis sesuai kemampuan dan perkembangan. 

Selain itu usaha ini juga lebih fleksibel karena dimiliki oleh individu, bisa dengan mudah memecat pegawai yang kurang produktif dan lainnya. Usaha ini akan bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitar karena itu biasanya akan ramah lingkungan. Selain memiliki kelebihan bisnis skala kecil ini juga memiliki kelemahan yaitu antara lain sebagai berikut:

Kelemahan
1. Pengelolaan kurang profesional (tergantung skill pengelola)
2. Modal terbatas
3. Manajemen asal-asalan

Dari beberapa poin di atas jelas sekali bahwa terkadang kelebihan pun bisa menjadi kelemahan apalagi jika diukur dari sisi bisnis. Pengelolaan mandiri yang dilakukan pada bisnis ini juga ternyata bisa menjadi pemicu lahirnya manajemen yang kurang tertata dengan baik.

Hal ini jelas sekali akan mempengaruhi perkembangan usaha dimasa yang akan datang. Terlebih lagi, modal yang dimiliki pun sangat terbatas dan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya ke skala yang lebih besar.

2) Contoh Ide Bisnis Rumahan Menjanjikan

Ingin membuka sebuah usaha mandiri ini? Sudah tahu bidang mana yang akan diambil? Nah, karena bisnis untuk mendapatkan kesuksesan maka harus kita mulai dengan cara yang baik. Pertama kita tentukan dulu bidang apa yang akan kita jalani.

Setelah beberapa hal kita urai satu persatu sekarang kita coba analisa bidang apa saja yang bisa dibangun untuk jenis bisnis ini. Pada prinsipnya segala bidang usaha bisa dijadikan bahan untuk mendirikan bisnis rumahan yang menjanjikan.

Bidang usaha tersebut bisa berupa usaha jasa, jual beli dan lain sebagainya. Sebagai tambahan referensi, berikut akan kita bahas juga beberapa ide bisnis yang masih menjanjikan untuk ditekuni. 

Bisnis Jasa Rumahan
Salah satu bidang yang bisa dijadikan lahan bisnis adalah bisnis jasa. Semakin banyak orang yang sibuk maka semakin banyak kebutuhan jasa yang ada di dalam masyarakat. Apa contohnya? Kita bisa mengambil contoh sederhana dari jasa pangkas rambut.

Mungkin kita berpikir bahwa pangkas rambut merupakan usaha kecil yang tidak layak untuk ditekuni, siapa bilang? Untuk usaha jasa pangkas rambut, ada seorang rekan yang bahkan menegaskan kepada saya bahwa bidang ini masih bagus, apalagi jika didukung dengan pelayanan yang baik.

Seorang rekan pernah mengatakan bahwa bahkan di hari biasa saja dia bisa dengan mudah mengumpulkan uang sekitar 100.000 per hari maka bisa dihitung penghasilannya bisa Rp. 3.000.000 per bulan, itu pun dia bekerja sesuka hati dan sering menolak pelanggan.

Modal yang digunakan hanya alat cukur dan listrik yang tidak habis lebih dari Rp. 100.000, cukup menggiurkan bukan? Itu hanya dikerjakan satu orang, bagaimana jika dia bisa mempekerjaan dua orang? Bahkan penghasilan tersebut bisa setara dengan usaha sewa mobil yang modalnya banyak.

Jasa pangkas rambut hanya contoh saja bahwa bidang jasa masih memiliki peluang yang cukup baik untuk dijadikan salah satu ide bisnis yang bisa dikerjakan di rumah. Masih banyak jenis jasa lain yang memiliki peluang seperti itu misalnya:

1. Jasa antar jemput anak sekolah (ojek)
2. Jasa servis perbaikan
3. Jasa pembuatan kue dan produk lain
4. Jasa salon

Pokoknya masih banyak ide-ide usaha yang bisa diperhitungkan, tentunya bagus atau tidak peluang yang ada akan tergantung pada daerah kita masing-masing.

Bisnis Jual Beli dari Rumah
Yang tidak mau repot bisa memilih model bisnis jual beli dari rumah. Bisnis ini bisa memasok produk apapun mulai dari pakaian, makanan, elektronik, perkakas dan lain sebagainya. Untuk jual beli sistem ini kita bisa memanfaatkan media jual beli online sehingga kita bisa memasarkan produk ke konsumen yang lebih luas. Beberapa ide bisnis jual beli dari rumah tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Bisnis jual beli pakaian 
2. Jual beli handphone 
3. Jual beli laptop, dst

Bisnis Kuliner dari Rumah
Dengan memanfaatkan media online kita juga bisa memulai bisnis rumahan menjanjikan yang bergerak di bidang kuliner misalnya saja menjual kue, bisnis katering dan lain sebagainya. Kuliner adalah produk yang tak akan pernah surut permintaannya karena itu merupakan ide yang cukup bagus untuk dikembangkan.

Kita bisa memilih produk kuliner spesial atau khas, bisa menjadi penjual saja atau bisa merintisnya menjadi usaha skala kecil.

Bisnis Online Rumahan
Bidang bisnis selanjutnya yang tak kalah menjanjikan adalah bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah. Biasanya bisnis ini cocok untuk ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan pada waktu luang setelah mengurus urusan rumah.

Karena waktunya sangat fleksibel maka bisnis ini banyak diminati dan masih memiliki peluang yang lumayan. Yang bisa dicoba untuk bisnis ini bisa dari berbagai bidang baik itu jual beli produk, bekerja freelance dan lain sebagainya. Beberapa yang sedang tren dan menjanjikan yaitu antara lain:

1. Menjadi freelancer online
2. Menekuni bisnis afiliasi
3. Bisnis jual beli online
4. Menjadi blogger
5. Menjadi penulis online

Banyak bukan bidang yang bisa dicoba untuk bisnis rumahan yang menjanjikan ini? Begitu ketatnya persaingan pencari kerja membuat ide-ide menjalankan bisnis sekala kecil seperti ini menjadi semakin diminati.

Jika kita ingin ikut membangun bisnis seperti ini hendaknya kita benar-benar merencanakannya dengan baik agar usaha yang dibangun bisa memberikan penghasilan memuaskan.

Itu saja, semoga ada pembelajaran yang bisa diambil dari artikel curhat ini, lain waktu kita akan membahas hal-hal penting lainnya berkaitan dengan tema kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dan motivasi kita bersama, salam sukses usaha!

Peluang dan Contoh Bisnis Rumahan Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko