Friday, July 1, 2016

Tips Rahasia Cara Jual Pakaian Online Mudah

Bagaimana Cara Jual Pakaian Online yang Mudah - Sudah sana sini promosi jual baju tapi hasilnya tetap tidak maksimal, apa yang salah sebenarnya? Mungkin ada beberapa hal yang harus anda perbaiki agar sukses menjual pakaian secara online. Anda mungkin berfikir bahwa menjual baju online itu mudah tapi pada kenyataannya hanya sedikit pesanan yang anda dapatkan, lalu bagaimana cara sukses dalam menjalankan usaha tersebut, anda bisa mendapatkan jawabannya disini.

Sekali waktu ada seorang kawan yang berkeluh kesah, mengatakan bahwa bisnis jual beli baju online juga tidak begitu memberi keuntungan yang memuaskan. Dari kenyataan tersebut, tulisan ini dibuat untuk sekedar berbagi bagaimana tips sukses cara dalam berjualan pakaian online yang mungkin anda butuhkan.

Tulisan ini lahir dari melihat kegelisahan banyak pelaku pasar yang merasa kesulitan dalam menjajakan barang dagangannya khususnya bagi. Bisa anda lihat sekarang banyak sekali yang gencar menawarkan barang melalui media sosial, bukan tanpa halangan banyak dari mereka merasa tak puas dengan hasil yang di dapat. Lalu bagaimana solusinya?

Berjualan online tidak jauh berbeda dengan berjualan di dunia nyata dimana kita harus pandai-pandai memikat pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Meski begitu ada beberapa kiat yang harus dilakukan mengingat kita sebagai penjual tidak bisa bertatap muka langsung dengan calon pembeli. 

Kita harus memiliki persiapan dan perencanaan pemasaran yang bagus sebelum terjun dan memasarkan produk kita lewat internet. Yang kita butuhkan bukan hanya produk, kemampuan manajemen, teknik promosi dan hal lain juga menjadi pemicu kesuksesan kita.

1) Persiapan Sebelum Jual Pakaian Online

Semua tentu perlu persiapan yang matang sebelum dimulai, tanpa persiapan apapun peluang yang ada pasti tidak akan bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Begitu pun dengan kesempatan untuk jual pakaian ini, kita harus mempersiapkan sebaik mungkin sebelum terjun dalam bisnis tersebut. 

Untuk dapat menjadi dasar kegiatan yang akan dibangun, sebelum mulai berjualan online sebaiknya kita memperhatikan beberapa persiapan sebagai berikut:

1. Pastikan kita menjual produk berkualitas sesuai kebutuhan
2. Buat deskripsi barang sejelas mungkin
3. Buat situs jual beli sendiri
4. Lakukan promosi yang tertarget
5. Jaga hubungan baik dengan konsumen

Pertama yang harus anda perhatikan adalah anda harus memastikan pakaian yang anda jual sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen yang ditarget, jangan sampai anda menjual pakaian yang kualitasnya di bawah keinginan pembeli.

Selain itu anda harus memulai bisnis ini dengan jujur dengan membuat deskripsi produk yang sama persis dengan barangnya. Jangan sampai ada yang berbeda antara apa yang dijelaskan dengan apa yang diterima pembeli.

Untuk mempermudah bisnis yang akan kita mulai ini sebaiknya kita juga membuat sebuah situs jual beli online pribadi. Situs ini akan kita gunakan sebagai etalase kita dalam memajang berbagai pakaian yang akan dijual.

Selain itu situs ini juga akan berperan sebagai sentral informasi bagi calon pembeli yaitu mengenai katalog, cara pemesanan, cara pembayaran, informasi kontak dan lain sebagainya.

Dengan persiapan di atas kita juga harus melakukan strategi promosi yang tertarget dimana kita akan membidik calon pembeli yang berminat saja. Untuk promosi ini kita bisa memanfaatkan banyak fasilitas mulai dari promosi online sampai ke media cetak dan elektronik lainnya. 

Hal yang tak kalah penting dalam memulai bisnis jual baju online adalah membangun hubungan kuat dengan pelanggan. Mulai dari saat didirikan, bangunlah hubungan yang baik dengan pelanggan. Berikan pelayanan maksimal dan jagalah kepercayaan yang anda dapat dari konsumen. Jangan lupa, dasar transaksi jual beli online adalah kepercayaan dari pembeli. 

2) Tips Cara Mudah Jual Pakaian Online

Setelah semua persiapan diatas kita lakukan dengan baik saatnya memulai aktivitas bisnis ini dengan beberapa langkah mudah untuk menyambut peluang kerja yang ada. Untuk memulainya ada banyak cara yaitu dengan catatan aspek persiapan sudah benar-benar maksimal. Sebelum mulai aktivitas lain pastikan hal berikut:

1. Situs jual beli sudah siap diakses
2. Produk sudah siap sewaktu-waktu ada pesanan
3. Sarana pembayaran dan pengiriman sudah siap

Jika sudah siap semua tip pertama yang bisa anda lakukan adalah melakukan promosi di media sosial. Untuk promosi ini jangan sembarangan promosi di wall atau profil orang atau anda akan di blokir oleh mereka yang tidak suka.

Cara memulai promosi dengan media sosial yang tepat sasaran adalah dengan mencari forum-forum yang berdasarkan minat misalnya saja kita bergabung dengan grup pecinta baju batik di facebook. Dengan bergabung dengan grup tentang batik maka kita dapat berinteraksi dengan penggemar batik dan jika kita menawarkan baju batik maka akan sesuai dengan minat anggota grup tersebut.

Teknik promosi sosial media tersebut bisa diterapkan di berbagai media sosial. Yang perlu diingat jangan sampai kita melakukan promosi yang membabibuta, "semakin dikejar konsumen akan semakin lari".

Strategi kedua untuk menjual pakaian di internet adalah akan lebih baik jika dari hasil promosi tersebut kita bisa mengarahkan calon pembeli mendatangi situs jual beli yang kita miliki. Dengan begitu pembeli akan lebih leluasa dalam menjelajah berbagai produk pakaian yang kita tawarkan. Hal ini juga akan memangkas kebutuhan kita untuk promosi, jadi promosi kita hanya ditujukan untuk menjaring pembeli atau pelanggan baru.

Tips berikutnya dalam menjual pakaian online adalah "hindari melakukan promosi yang menimbulkan rasa bosan, terganggu atau hal negatif lainnya". Dimanapun dan bagaimanapun proses promosi yang kita lakukan maka akan lebih baik jika kita tetap memperhatikan kepentingan pelanggan.

Jangan jadikan calon pembeli antipati dengan kita karena proses promosi yang salah. Kenalkan pada mereka bahwa kita ada, tunjukkan pada mereka bahwa kita baik, jangan usik kesenangan mereka, saat mereka membutuhkan mereka akan datang dengan sendirinya. 

Banyak dari penjual melakukan kesalahan yang fatal saat promosi seperti di media sosial facebook. Dengan tanpa pandang bulu mereka memberi tag dan menandai seluruh teman pada berbagai produk yang dijual. Hasilnya, dalam seminggu pertemanan nya berkurang drastis, interaksi dengan teman lain pun cukup berkurang. Apa alasannya?

Seorang teman pernah pagi-pagi buta mengumpat dan memaki kepada saya karena dinding facebooknya penuh dengan pajangan promosi dari berbagai teman. Geram, akhirnya dia memblokir semua kiriman dari teman yang menandai-nya dengan berbagai barang dagangan. Profil facebooknya bersih dan dia tersenyum.

Dari sekelumit kejadian itu tentunya sangat jelas bagi kita bahwa teknik promosi yang buruk seperti itu bisa menjadi bumerang yang akan mematikan usaha kita. Jadi kita harus memastikan teknik promo yang kita gunakan tidak mengganggu dan merusak kepentingan calon pelanggan kita. Usahakan mereka senang dengan kehadiran kita dan mereka akan bertanya sendiri apa yang kita lakukan.

Cara Jual Pakaian Online
Inti dari kesuksesan bisnis jual beli 
adalah teknik promosi yang tepat sasaran

Penulis bukanlah ahli di bidang marketing tetapi setidaknya beberapa hal di atas bisa kita jadikan pelajaran bersama. Ambil yang baik, pelajari yang benar dan mudah-mudahan bisnis yang sedang kita rintis ini bisa berkembang dengan pesat. Itu saja, mudah-mudahan sekelumit pengalaman tentang cara jual pakaian secara online tersebut bisa menjadi inspirasi kita bersama. 

Tips Rahasia Cara Jual Pakaian Online Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko