Friday, August 26, 2016

Cara Mudah Dagang Online, Dari Medsos sampai Online Shop

Cara Mudah Dagang Online, Dari Medsos sampai Online Shop - Menjalankan bisnis perdagangan online menggunakan internet memang sedang menjadi trend yang berkembang pesat. Anda yang bergerak di bisang wiraswasta tentu dapat dengan mudah mengamati kecenderungan pasar digital tersebut.

Di televisi saja dapat kita lihat banyak pelaku bisnis online yang gencar mengenalkan dan mempromosikan bisnis dan usahanya. Cara bisnis seperti ini memang cukup menjanjikan jika dilihat dari perkembangan dunia digital. Apalagi semakin banyak orang yang butuh kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja. 

Banyak pelaku bisnis yang sebenarnya telah menyadari fenomena tersebut namun karena teknologi ini masih cukup baru maka banyak pula yang terkendala dengan kemampuan. Dalam perdagangan misalnya, banyak yang masih membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai cara dagang via online tersebut. 

1) Cara dagang online shop
2) Cara dagang online di facebook
3) Cara dagang online tanpa modal
4) Dagang online paling laris
5) Dagang online yang menguntungkan
6) Dagang online gratis
7) Cara dagang pakaian
8) Cara dagang sukses

Sebenarnya, bisnis seperti ini hanya memiliki perbedaan pada alat atau media yang digunakan. Artinya yang namanya dagang ya dagang baik offline maupun online. Hanya saja, berdagang online berarti menggunakan media online sebagai alatnya. 

Untuk anda yang ingin mencoba bisnis model ini ada dua langkah sederhana yang dapat anda pertimbangkan. Pertama yaitu dagang menggunakan medsos atau media sosial dan yang kedua dagang menggunakan toko online. 

1) Berdagang menggunakan media sosial

Bisnis perdagangan online bahkan dapat dimulai dengan yang gratis, yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini sedang trend. Bagi anda yang ingin memulai bisnis dengan cara ini dapat menggunakan banyak media sosial.

Media sosial yang dapat dipilih ada banyak, mulai dari facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Cara untuk memulai bisnis menggunakan medsos ini pun tidaklah rumit. Yang penting pertama anda harus lebih dahulu menguasai teknologi internet.

Minimal akrab dengan komputer atau laptop dan mampu menggunakan internet. Dengan modal itu, untuk memulainya anda tinggal mengunjungi salah satu media sosial yang diinginkan, membuka akun baru dan menggunakannya sebagai sarana berdagang.

Salah satu contoh yang banyak digunakan saat ini adalah facebook. Dengan facebook ini anda dapat memulai bisnis perdagangan anda dengan gratis. Cara dagang online di facebook ini juga tidak sulit. Pertama anda buka akun facebook, mencari teman sebanyak mungkin dan mulai mempromosikan barang atau produk dagangan anda. 

Kalau untuk membuka akun facebook caranya mudah, anda hanya membutuhkan koneksi internet dan handphone. Anda buka halaman facebook, setelah itu buat akun dengan mengisi data yang dibutuhkan.

Untuk membuat akun atau mendaftar facebook tersebut anda memerlukan nomor handphone yang akan diverifikasi. Verifikasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa yang membuat akun adalah benar-benar manusia dan bukan program komputer atau robot.

Setelah memiliki akun maka selanjutnya tinggal mencari teman sebanyak-banyaknya yang nantinya teman-teman tersebutlah yang akan anda jadikan target pemasaran. Untuk media sosial lain pun caranya kurang lebih sama, tinggal buka akun cari relasi dan mulai promosi. 

Menggunakan media sosial tersebut dapat anda jadikan salah satu cara dagang online tanpa modal. Karena modalnya hanya peralatan untuk akses internet dan juga produk yang akan dijual. Dengan cara ini anda yang telah memiliki komputer dan sambungan internet tidak perlu menyiapkan modal lain yang lebih banyak. 

Selain facebook dan twitter, instagram juga dapat dijadikan sarana memulai bisnis online yang anda inginkan. Saat ini untuk instagram sendiri bahkan sangat populer di kalangan pengguna internet kelas menengah dan atas.

Anda tinggal pilih saja mana yang menurut anda cocok dan sesuai dengan bisnis yang anda miliki. Dengan menggunakan media sosial tersebut memulai bisnis jual beli online tidak begitu rumit.

2) Berdagang menggunakan online shop

Cara dagang online shop dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk berdagang menggunakan internet. Dalam hal ini anda dapat memanfaatkan situs jual beli online (online shop) sebagai sarana untuk menjual berbagai produk yang dimiliki.

Berdagang menggunakan situs seperti ini tentu sedikit berbeda dengan menggunakan media sosial. Jika anda ingin berdagang dengan situs jual beli maka sudah pasti anda membutuhkan modal lebih.

Karena untuk memulai dagang anda harus menyediakan atau membuat situs jual beli terlebih dahulu. Untuk membuat situs semacam ini modal yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada fasilitas dan fitur yang dimiliki oleh situs tersebut. 

Menggunakan situs ini mungkin anda akan membutuhkan bantuan orang lain, dalam hal ini anda akan membutuhkan jasa pembuatan situs jual beli.

Dengan memanfaatkan jasa mereka maka anda tidak perlu repot, tinggal anda siapkan saja uangnya dan situs anda akan disiapkan oleh mereka. Setelah selesai anda tinggal menggunakan situs tersebut untuk berdagang.

Jika anda dagang menggunakan cara ini anda bisa berdagang apa saja, anda bisa dagang pakaian atau bahkan mungkin dagang beras. Tetapi kebanyakan produk yang dijual di toko online adalah produk-produk fasion, teknologi, kecantikan dan lain sebagainya. Untuk beras, sembako atau produk pertanian mungkin masih jarang ditemui. 

Selanjutnya, dalam menggunakan situs jual beli tersebut anda membutuhkan promosi. Karena adanya transaksi jual beli hanya mungkin terjadi ketika ada pengguna internet yang mengunjungi situs anda.

Maka dari itu setelah memiliki situs jual beli langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Jadi, promosinya bukan hanya mempromosikan produknya saja melainkan sekaligus mempromosikan situs yang anda miliki tersebut. 

Promosi yang dapat dilakukan untuk online shop adalah paling mudah menggunakan jasa perusahaan iklan online atau sistem periklanan online. Ada banyak, ada perusahaan iklan dari lokal dan ada juga dari luar, tergantung mana yang dipilih.

Selain sistem periklanan online anda juga dapat mempromosikan situs dan produk di media elektronik seperti televisi, radio atau bahkan media cetak. Meskipun terlihat sederhana, cara dagang online baik menggunakan media sosial atau situs jual beli membutuhkan kerja keras dan proses yang cukup lumayan.

Dapat dikatakan juga bahwa bisnis atau usaha jual beli dengan media internet tersebut tidaklah mudah. Maka dari itu anda sebagai pelaku bisnis harus terus mengembangkan kemampuan untuk mengelola bisnis tersebut.

Dalam perjalanannya mungkin anda perlu menimba ilmu masalah pemasaran, misalnya untuk menemukan strategi cara dagang laris. Atau juga anda dapat menggali informasi lebih jauh mengenai kiat atau tips atau bagaimana cara dagang sukses.

Anda harus terus melengkapi diri dengan berbagai informasi dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kelangsungan bisnis dan usaha anda tersebut.

Untuk anda yang muslim, mungkin anda juga dapat belajar bagaimana cara dagang rasulullah untuk melengkapi kemampuan yang anda miliki. Karena bagaimana pun perlu diingat bahwa tidak ada sama sekali hal yang mudah. Apalagi jika sistem online ini merupakan sesuatu yang masih baru bagi anda. 

Jangan sekali-kali menganggap remeh, dan jangan pula menganggap ini mustahil untuk dilakukan. Yang perlu dilakukan adalah berusaha sebaik-baiknya di bidang bisnis dan usaha yang anda kerjakan. Ada banyak jalan, untuk berdagang secara online saja anda dapat menggunakan banyak pilihan, mulai dari media sosial sampai dengan menggunakan situs jual beli profesional.

Cara Mudah Dagang Online, Dari Medsos sampai Online Shop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma