Monday, August 8, 2016

Toko Online, Cara Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Toko Online, Cara Bisnis Modal Kecil Untung Besar - Kendala yang paling dirasa berat bagi orang yang ingin memulai bisnis adalah masalah modal. Toko online dalam hal ini dapat menjadi alternatif solusi untuk memecahkan masalah keterbatasan modal tersebut. Agar dapat memulai sebuah bisnis dengan skala modal yang kecil anda dapat memilih untuk menjalankan bisnis di bidang toko online ini. 

Ada banyak alasan untuk menjalankannya, yang jelas alasan utamanya tentu masalah prospek atau peluang yang dimiliki. Benarkah jenis bisnis ini dapat dijalankan dengan modal terbatas? Ya, tentu saja, dengan jenis toko online anda bahkan bisa menjadi penjual tanpa harus mengeluarkan modal untuk membeli barang dagangan yang akan anda jual. 

Anda bisa menjalankan bisnis toko affiliasi untuk menjual produk orang lain. Atau, anda juga dapat menyediakan barang dalam jumlah sedikit sesuai dengan pesanan yang didapat. Dari sisi modal untuk pembelian barang dagangan tentu saja toko secara online ini sudah memiliki alternatif pilihan yang lumayan. 

Alternatif sistem di atas dapat dijadikan bekal awal untuk mulai dalam bisnis ini. Setelah berjalan anda bisa selangkah demi selangkah menyiapkan barang dagangan sendiri. Jadi, dengan sistem online anda bisa buka toko dengan modal yang tidak terlalu besar, benar bukan?

Bisnis ini, modal yang pokok dan paling penting adalah akses internet. Dalam hal ini maka yang tidak dapat ditawar adalah menyiapkan perangkat akses internet seperti komputer atau laptop dan koneksi internet. Itulah modal utama yang harus dimiliki, dengan modal kurang dari 5 juta anda sudah dapat menyiapkan peralatan tersebut.

Setelah peralatan internet siap maka tinggal menyiapkan toko online-nya. Anda dapat membuat toko online profesional langsung atau memanfaatkan situs yang lebih sederhana. Kalau toko profesional yang tersambung dengan berbagai metode pembayaran mungkin harganya jutaan tetapi jika anda membuat toko dengan situs sederhana modalnya 1 juta saja mungkin sudah cukup.

Lebih bijak jika anda membuat yang sederhana dulu dan menggunakan media pembayaran manual. Anda dapat membuat situs dengan domain com, misalnya jualjualan.com kemudian sistem pembayarannya bisa melalui transfer. Itu cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

A. Cara memulai bisnis toko online

Anda yang berniat membuat toko seperti ini mungkin bertanya-tanya bagaimana langkah dan cara untuk memulainya. Nah, untuk anda para pemula berikut sudah disiapkan juga beberapa penjelasan bagaimana memulai bisnis ini. Yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, setelah itu anda bisa mulai dengan langkah berikut.

1) Memilih jenis toko yang menjanjikan
Anda bisa memilih jenis toko afiliasi atau jenis toko online dengan produk yang anda siapkan sendiri. Pertama anda bisa mempelajarinya lebih jauh dan memilih jenis toko yang cocok dan dirasa sanggup untuk dijalankan. 

Pertimbangkan dengan baik kemampuan anda dalam menjalankan toko tersebut, dengan begitu jenis toko tersebut dapat anda jalankan dengan baik.

2) Memilih produk yang akan dijual
Jangan lupa juga untuk mempelajari dan mempertimbangkan produk atau barang yang akan anda jual. Pemilihan produk atau barang yang akan dijual sangatlah penting, jangan sampai salah pilih. 

Anda dapat mencari produk-produk yang benar-benar banyak dibutuhkan oleh konsumen, terutama para pengguna internet. Beberapa contoh yang bisa anda pertimbangkan misalnya:

- Bisnis toko plastik
- Bisnis toko kue
- Bisnis toko bangunan
- Bisnis toko pertanian
- Bisnis toko listrik
- Bisnis toko baju

Yang paling penting dalam memilih produk yaitu potensi kebutuhan di masyarakat. Semakin banyak dan semakin sering kebutuhannya tentu semakin bagus. Maka dari itu sebaiknya pemilihan produk juga harus di analisa dengan baik.

3) Membuat toko online
Kalau sudah sampai langkah kedua anda bisa mulai menyiapkan toko online yang dibutuhkan. Bisa membuat website sederhana dengan domian com untuk situs toko online yang anda butuhkan. Atau jika anda memiliki modal yang lebih anda bisa membuat toko online profesional. 

Tidak susah, anda tidak perlu repot membuatnya sendiri. Anda bisa memiliki situs toko dengan memesan dari pihak penyedia jasa pembuatan toko online.

4) Melakukan promosi
Setelah toko jadi dan siap digunakan maka selanjutnya tentu promosi. Yang namanya jualan ya aktivitas utamanya adalah promosi, menawarkan produk dan barang yang dijual kepada orang lain. Ingat, karena anda bergerak di bidang bisnis toko online maka pelanggan atau konsumen yang anda target adalah pengguna internet.

Anda bisa mulai melakukan promosi melalui jejaring sosial seperti facebook atau lainnya. Jika siap anda bisa menyewa jasa periklanan online seperti google adwords atau periklanan online lain. Dengan promosi anda bisa mulai mengenalkan bisnis anda kepada masyarakat luas.

5) Menjalankan toko
Menjalankan bisnis toko seperti ini itu berarti anda harus mengelola pemasaran, penjualan, pengadaan barang dan lain sebagainya secara terus menerus. Dalam menjalankan toko ini hendaknya anda menjalankannya dengan sebaik mungkin. Tidak ada kesuksesan yang mudah dan cepat diraih, harus ada proses, harus ada usaha dan harus ada pengorbanan di dalamnya.

Untuk mewujudkan sebuah bisnis toko online yang menjanjikan maka mutlak diperlukan analisa terlebih dahulu mengenai bisnis toko yang akan dijalankan. 

Analisa tersebut dapat meliputi analisa kebutuhan konsumen, tren masyarakat, hambatan dan kendala, kemampuan atau skill, persaingan serta berbagai aspek bisnis lainnya. Dengan begitu sebuah keputusan benar-benar didasarkan pada hasil kajian objektif yang dapat dipercaya.

B. Tip memulai bisnis toko online

Selanjutnya, jenis bisnis ini tidak dapat serta merta dikatakan sebagai bisnis toko online tanpa modal meskipun hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. 

Namun begitu, dengan hanya bermodalkan peralatan anda dapat memulai bisnis jual beli secara online tersebut. Agar sukses usaha, jika memang anda berniat memulainya ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan yaitu sebagai berikut!

1) Kembangkan pengetahuan
Kemampuan, keahlian dan ilmu adalah hal mutlak yang harus dipenuhi agar sukses. Tanpa pengetahuan dan kemampuan yang memadai maka mustahil seorang pelaku bisnis dapat dengan cepat menggapai kesuksesan. Maka dari itu dalam menjalankan bisnis ini anda tetap perlu mengembangkan pengetahuan anda secara terus – menerus.

Selain mengembangkan yang sudah ada anda juga dapat membuat kemampuan yang dimiliki menjadi lebih baik lagi. Contohnya, kemampuan anda di bidang pemasaran dapat anda latih terus agar anda memiliki kemampuan yang cukup. Begitu juga dengan pengetahuan lain yang dibutuhkan, teruslah kembangkan agar mendukung kegiatan bisnis yang anda jalankan.

2) Jangan menyerah, terus belajar
Dalam menjalankan bisnis ada kalanya anda akan berhadapan dengan masalah, hambatan dan rintangan. Tak jarang juga anda harus bangkrut dan gagal, oleh karena itu jika anda ingin sukses maka jangan pernah menyerah dalam menghadapi semua itu. Teruslah belajar dari pengalaman yang anda dapatkan, teruslah melakukan yang terbaik untuk bisnis tersebut.

3) Jadi kreatif dan inovatif
Tutup kelemahan anda dengan kreativitas dan inovasi, gunakan ide dan gagasan yang baru, yang segar dan yang tidak biasa. Dalam menjalankan bisnis usahakan untuk tidak pernah berhenti mengembangkan ide dan gagasan.

Semakin kreatif maka anda akan semakin memiliki banyak peluang. Ciptakan ide-ide baru yang mungkin dapat anda gunakan dalam bisnis anda, tidak perlu takut gagal, lakukan analisa dan rencanakan dengan matang.

4) Lakukan evaluasi
Terakhir, dalam setiap kegiatan bisnis anda jangan lupa untuk melakukan evaluasi, cara bisnis toko online dengan modal kecil. Lakukan evaluasi secara berkala untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis yang sedang anda jalankan. Evaluasi juga berperan sebagai salah satu jalan untuk mengetahui kelemahan dan kekurangan yang harus segera diatasi.
Ingat, dalam bisnis toko online kesuksesan yang bisa anda dapatkan tidak terbatas, demikian juga dengan kegagalannya. Teruslah semangat, terus belajar dan jangan lupa berdoa. Semoga bisnis yang anda miliki dapat berkembang dan memberikan kesuksesan, itu saja salam sukses dari kami pengelola situs!

Toko Online, Cara Bisnis Modal Kecil Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko