Saturday, December 26, 2015

Prospek Toko Ikan Hias, Analisa Bisnis Menguntungkan

Sebelum mulai jualan ikan hias tentu kita pelajari dahulu bagaimana prospek toko ikan hias. Dengan begitu kita mengetahui bagaimana gambaran usaha ini ke depannya. Tanpa melakukan analisa terlebih dahulu maka kita akan sulit menentukan langkah dan menyusun perencanaan yang matang.

Jika begitu maka peluang usaha toko ikan hias tersebut pun bisa saja berkurang atau bahkan hilang di telan bumi. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan analisa untuk mengkaji kelayakan dari usaha atau bisnis yang akan di jalankan.

Lalu bagaimana cara mengetahui dan mengukur prospek atau peluang yang ada? Untuk mengetahui prospek atau peluang usaha pada dasarnya kita perlu terjun langsung dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan usaha yang akan dijalankan.

Untuk jenis bisnis dan usaha toko seperti ini maka perlu dilihat lebih jauh mengenai kondisi masyarakat sekitar dimana usaha akan didirikan. Kita harus mendapatkan informasi yang akurat dan aktual mengenai calon konsumen yang ada di sekitar tempat usaha yang dipilih.

Semakin banyak informasi yang kita tahu maka akan semakin bermanfaat untuk perencanaan yang akan di susun. Dengan begitu saat kita jual ikan hias grosir maupun eceran nantinya bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

Dalam mengukur prospek toko aneka ikan hias ini kita harus mencermati setiap komponen usaha mulai dari awal sampai produk usaha ini sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini ada beberapa hal yang sebaiknya ditelusuri lebih jauh yaitu sebagai berikut!

1) Stok ikan hias yang akan dijual
2) Sarana distribusi dan pemasaran
3) Gambaran konsumen
4) Hambatan dan kesulitan
5) Persaingan bisnis

Karena usaha yang akan dibuka adalah toko maka untuk mengukur peluang yang ada kita harus menelusuri bagaimana ketersediaan stok ikan hias yang akan kita jual. Ini berarti kita harus memiliki gambaran dan tahu persis dari mana ikan hias yang akan kita jual kita dapatkan.

Dari segi ini maka prospek usaha ini akan lebih baik jika tersedia pemasok ikan hias yang memadai untuk kebutuhan toko tersebut.

Prospek Toko Ikan Hias, Analisa Bisnis Menguntungkan

Sarana distribusi dan pemasaran juga harus kita analisa. Artinya kita hendaknya tahu keadaan jalur transporasi yang dibutuhkan baik untuk mendatangkan pasokan ikan yang akan dijual maupun untuk menjualnya ke toko yang dimiliki.

Kalau sarana distribusi dan transporasinya kurang mendukung maka sangat mungkin modal yang dikeluarkan lebih tinggi. Selain itu strategi pemasaran khusus untuk ikan hias ini juga harus kita siapkan agar nantinya kita tidak terjebak dengan pola pemasaran yang kurang berhasil.

Selanjutnya, keadaan calon konsumen juga sebaiknya diperhitungkan. Jangan sampai kita mendirikan usaha di daerah yang minat masyarakatnya terhadap ikan hias kecil. Kita bisa mencari daerah-daerah yang masyarakatnya banyak menyukai ikan hias. Biasanya daerah yang cenderung lebih bagus adalah daerah perkotaan.

Analisis bisnis atau usaha toko ini juga tidak boleh mengesampingkan masalah hambatan dan kesulitan usaha. Sebaiknya kita cari juga kemungkinan hambatan dan kesulitan yang akan dihadapi.

Biasanya, masalah hambatan dan kesulitan usaha toko ikan hias terletak pada masalah pemasaran dalam menjangkau pelanggan yang lebih potensial. Begitu juga dengan persaingan bisnis, masalah persaingan dan kondisi pasar ini juga turut andil dalam menentukan besar kecilnya prospek yang ada untuk usaha tersebut.

Umumnya, semakin banyak persaingan maka semakin buruk prospek usaha tersebut khususnya jika dijalankan oleh pemula. Meski tidak selamanya persaingan yang ketat menghasilkan prospek yang buruk karena seringkali di lokasi yang persaingannya pada justru usaha tersebut lebih berpeluang.

Selain berbagai hal di atas lokasi yang dipilih juga akan menentukan baik tidaknya prospek usaha ikan ini. Daerah yang ramai dan banyak yang suka ikan hias adalah daerah yang cocok dan baik untuk memulai usaha ini dari awal.

Namun begitu pertimbangan besarnya modal membuka toko ikan hias juga akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pelaku usaha.

Prospek Toko Ikan Hias, Analisa Bisnis Menguntungkan

Intinya prospek toko ikan hias ini bisa dikaji dan dianalisa sesuai dengan daerah tempat usaha yang dipilih. Umumnya, daerah perkotaan yang maju memiliki prospek yang lebih baik jika dibanding dengan daerah pedesaan.

Selain itu masyarakat perkotaan umumnya merupakan masyarakat mampu yang tidak segan dan enggan mengeluarkan banyak uang untuk hobi memelihara ikan hias. 

Prospek Toko Ikan Hias, Analisa Bisnis Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma