Saturday, April 1, 2017

Mau Jualan Online, Pelajari Panduan Lengkap Memulai Usaha Berikut!

Panduan Memulai Usaha Jualan Online – Beberapa waktu yang lalu sudah banyak dibahas mengenai berbagai peluang usaha online termasuk di dalamnya tentang usaha jual beli online. Menindaklanjuti hal tersebut kita perlu mempelajari lebih jauh mengenai teknik dan cara memulai usaha jualan online tersebut sebelum kita memutuskan untuk memulai menjalankannya. 
Panduan Lengkap Memulai Usaha Jualan Online

Karena usaha ini memiliki peluang yang cukup bagus maka tidak salah jika sejak awal kita mulai mempelajari detail proses pendirian usaha jualan online tersebut.

1) Jualan online paling laris
2) Jualan online tanpa modal
3) Situs jualan online paling laris
4) Cara jualan online di facebook
5) Cara jualan online laris
6) Jualan baju online
7) Jualan makanan online
8) Jualan online gratis

Mengingat usaha ini merupakan usaha yang cukup menjanjikan karena sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman maka dalam menjalankan usaha ini kita juga harus membekali diri dengan teknologi sesuai tuntutan. 

Inilah yang akan kita hadapi jika memilih untuk bergerak di bidang usaha jualan online tersebut. Usaha online ini bisa kita jalankan dengan mudah jika kita memahami sistem dan cara kerjanya. Nah, sebagai langkah awal maka kita akan mempelajari terlebih dahulu bagaimana memulai usaha jualan online tersebut.

Pada dasarnya untuk memulai usaha ini caranya tidaklah sulit. Seperti halnya ketika jualan di dunia nyata, jualan online ini juga prosesnya tidak berbeda jauh. Yang membedakan hanyalah sarana yang digunakan untuk menjual produk yang dimiliki. 

Dalam menjual produk secara online kita menggunakan situs jual beli sebagai media promosi pengganti gerai atau toko yang biasa kita gunakan saat jualan dengan sistem konvensional. Nah, berikut panduan cara memulai usaha jualan online secara lengkap dari awal sampai akhir.

1) Pemilihan produk
2) Penyiapan produk
3) Pembuatan situs jual beli
4) Pengelolaan sistem pembayaran
5) Pengiriman barang
6) Pelayanan purna jual

Setidaknya 6 tahapan tersebut harus kita lakukan untuk memulai usaha jualan online. Tahapan tersebut tentunya tetap harus didahului dengan analisa peluang usaha jualan online yang sebaiknya dilakukan sebelumnya. Penjelasan lengkap mengenai berbagai tahapan tersebut dapat kita pelajari sebagai berikut.

1) Pemilihan produk
Sedikit berbeda dengan produk yang akan dijual di toko, produk usaha yang akan dijual secara online harus diperhitungkan daya tahannya atau masa kadaluarsanya. Hal ini karena sistem jual beli online akan memanfaatkan jasa kurir atau jasa pengiriman barang yang lamanya akan tergantung pada lokasi yang dituju. 

Hal ini perlu benar-benar diperhitungkan khususnya jika kita hendak memulai usaha jualan online di bidang kuliner atau makanan. Selain untuk produk makanan, produk lain yang akan dijual online umumnya bisa dipilih tanpa kendala berarti.

Dalam pemilihan produk tersebut kita juga harus mempertimbangkan kepada siapa kita akan menjual produknya. Perlu di ingat bahwa untuk sementara ini akses internet masih di dominasi oleh kalangan tertentu, begitu pun sistem jual beli online. 

Maka dari itu kita harus bisa menentukan kebutuhan kalangan tersebut dalam menentukan dan memilih produk apa yang akan dijual secara online. Sebagai tambahan referensi, berikut ada beberapa produk untuk usaha jualan online yang bisa kita pertimbangkan.

Dari beberapa contoh usaha online di atas kita bisa mempelajari lebih jauh mengenai bagaimana prospek dan peluang yang dimiliki usaha tersebut. Dengan begitu pemilihan produk ini akan semakin jelas bagaimana gambarannya.

2) Penyiapan produk
Produk yang akan dijual secara online juga harus disiapkan dengan semestinya. Tentu saja penyiapan produk ini berkaitan dengan sistem packing atau pengemasan mengingat produknya akan dikirim menggunakan jasa pengiriman barang. 

Yang perlu juga di ingat bahwa jualan online berbeda dengan jualan dengan toko dimana pembeli akan langsung membawa barang yang dibeli.

Pada sistem online pembeli akan menunggu barang dalam jangka waktu tertentu sampai barang tiba ditempat yang memesan. Dengan kondisi itu maka dalam jual beli online kita sebagai penjual hanya perlu memberikan gambar atau foto dari produk yang dijual. 

Artinya barang yang dijual bisa saja kita sediakan dalam bentuk sampel atau contoh saja, baru setelah ada pembeli kita siapkan sesuai pesanan. 

Berkaitan dengan itu maka kita bisa memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan bagaimana penyiapan produk yang kita jual, misalnya saja dengan status ready stock atau indent.

Maka dari itu, dalam proses memulai usaha jualan online kita bisa menyiapkan beberapa produk sampel atau contoh terlebih dahulu untuk nantinya kita ambil foto atau gambarnya untuk media promosi di internet. 

Yang penting adalah sewaktu-waktu ada pesanan maka kita bisa menyiapkan produk tersebut dalam waktu yang cepat sesuai permintaan dan harapan pelanggan.

3) Pembuatan situs jual beli
Setelah langkah pertama dan kedua kita lakukan maka langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membuat toko untuk berbagai produk yang akan kita jual. 

Toko yang dimaksud disini adalah sebuah toko online atau yang sering disebut situs jual beli yang akan kita gunakan untuk memajang atau mempromosikan berbagai barang yang kita jual.

Dalam membuat situs yang kita butuhkan tersebut kita bisa melakukannya sendiri dengan membuat situs gratis menggunakan blogger atau mungkin menggunakan wordpress. Keduanya merupakan platform situs gratis yang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat situs jual beli yang kita butuhkan.

Jika tidak mau repot kita bisa mencari jasa pembuatan situs jual beli yang terima beres dan bisa langsung di gunakan. 

Caranya dengan memesan pembuatan situs jual beli pada yang menyediakan jasa pembuatan situs lalu setelah situs siap kita tinggal memasukkan berbagai katalog produk yang ingin kita jual.

Berkaitan dengan masalah situs jual beli tersebut, setidaknya jika kita ingin membuka usaha jualan online maka kita harus mempelajari bagaimana cara mengelola sebuah situs seperti misalnya menambahkan produk yang akan dijual, mengubah atau mengedit tulisan di situs dan lain sebagainya. 

Untuk kebutuhan menjalankan usaha jual beli saya rasa kita bisa mempelajarinya dalam waktu singkat.

4) Pengelolaan sistem pembayaran
Setelah situs jual beli siap maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan sistem pembayaran yang akan digunakan dalam transaksi jual beli. 

Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa sistem jualan online menggunakan sistem pembayaran via transfer yang biasanya menggunakan rekening bank. Maka dari itu pada langkah ini kita akan menyiapkan kebutuhan tersebut.

Dalam hal ini kita bisa menyiapkan sebuah rekening untuk urusan transaksi jual beli tersebut. Masalah rekening ini tentu saja bebas dan bisa menggunakan rekening apa saja sesuai keinginan kita. 

Setelah rekening siap maka yang perlu dilakukan adalah memberikan keterangan yang jelas kepada pembaca situs atau calon konsumen mengenai tata cara pemesanan dan pembayaran pada toko online yang sudah kita buat sebelumnya.

5) Pengiriman barang

Selanjutnya kita tinggal menyiapkan masalah metode pengiriman barang yang dipesan atau dibeli oleh pelanggan. Untuk pengiriman ini kita bisa melakukan pengiriman langsung menggunakan jasa pengiriman barang dari TIKI atau JNE dan lainnya saat ada pembeli yang memesan barang.

Selain dengan cara seperti itu kita juga bisa menyiapkan metode ini dengan bekerjasama langsung dengan penyedia jasa pengiriman barang. Yang terpenting kita harus menyiapkan sistem pengiriman barang yang berkualitas. 

6) Pelayanan purna jual
Yang juga penting untuk dilakukan adalah mempersiapkan sistem pelayanan purna jual untuk seluruh konsumen yang kita miliki. Dalam hal ini kita harus mempersiapkan diri bagaimana jika ada yang ingin bertanya, yang ingin komplain dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai Panduan Lengkap Memulai Usaha Jualan Online yang bisa kita persiapkan. Dengan mempelajari beberapa informasi di atas diharapkan kita bisa memiliki gambaran bagaimana cara memulai usaha jualan online untuk berbagai produk apapun yang kita inginkan. Sampai disini saja, selamat mencoba dan salam sukses!

Mau Jualan Online, Pelajari Panduan Lengkap Memulai Usaha Berikut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko