Monday, April 3, 2017

Bisnis Jus Buah Modal Kecil, Analisa Peluang dan Keuntungan Usaha

Apakah jual es jus buah bisa jadi usaha yang menguntungkan, kita analisa lebih lanjut. Lapangan pekerjaan sekarang sepertinya semakin sulit di cari, gelombang PHK juga sering terjadi maka dari itu bagi yang ingin hidup lebih baik harus lebih kreatif misalnya dengan mulai mengembangkan insting bisnis yang dimiliki. 

Peluang Bisnis Jus Buah Modal Kecil Untung Besar

Untuk memupuk ide dan gagasan bisnis yang tertanam dalam diri kita maka kali ini kita akan kembali mengupas satu ide bisnis menjanjikan di bidang makanan dan minuman.

Gagasan bisnis yang satu ini adalah bisnis jus buah modal kecil yang bisa kita pelajari dan kita pertimbangkan lebih lanjut bagaimana gambaran potensinya ke depan. 

Secara umum bisnis yang satu ini masih cukup menjanjikan maka dari itu bisa memberikan untung besar meski dengan modal kecil sekalipun. Tapi benarkah demikian, bagaimana sebenarnya gambaran dari bisnis modal kecil tersebut?

Analisa yang dipaparkan kali ini memang tidak bisa digunakan sebagai patokan dan jaminan namun dengan gambaran analisa ini maka kita bisa mengenal lebih dekat bagaimana prospek yang dimiliki. 

Namun sebelum itu, sebelum membahasnya lebih jauh ada baiknya kita membaca juga beberapa informasi yang sudah disiapkan di bawah ini.

1) Peluang usaha direktori waralaba
2) Franchise juice buah
3) Waralaba juice buah
4) Peluang usaha bisnis minuman jus buah
5) Peluang bisnis franchise
6) Analisa bisnis jus buah
7) Modal usaha jus buah, peluang usaha jus buah segar

Ya, berkaitan dengan peluang bisnis jus ini beberapa informasi di atas memang berkaitan dan dapat menunjang lengkapnya informasi yang kita peroleh. 

Kembali ke jus buah, untuk mengetahui gambaran lebih jelas mengenai bisnis ini sebenarnya kita bisa langsung melakukan SWOT analisis. Namun begitu disini tidak akan dibahas mengenai analisis SWOT tersebut namun kita bahas saja secara umum sebagai gambaran awal.

Bisnis Jus Buah Modal Kecil Untung Besar ini bisa dijalankan dengan modal sekitar 1.5 juta tidak termasuk tanah dan gedung. Modal yang dibutuhkan tersebut untuk kebutuhan grobak, bahan-bahan jus dan peralatan pembuatan jus. 

Sedangkan tanah dan lokasi bisa dihitung secara terpisah. Dari situ kita tahu bahwa bisnis jual jus buah ini merupakan salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan modal seadanya. Hal ini karena untuk mendapatkan untung besar dan berlipat kita hanya membutuhkan modal sebesar itu. 

1. Gambaran Peluang Bisnis Jus Buah

Seperti telah disinggung di awal, Peluang Bisnis Jus Buah ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Meski dimana-mana sudah banyak terlihat bisnis seperti ini namun seiring kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin baik maka konsumen untuk bisnis ini cenderung terus bertambah. 

Umumnya usaha ini memiliki peluang yang lebih bagus jika dijalankan di lokasi yang ramai misalnya di daerah perkotaan.

Lebih jauh, bisnis ini bisa menyasar berbagai lapisan masyarakat untuk dijadikan konsumen mulai dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa dari berbagai tingkatan ekonomi. 

Namun begitu jenis bisnis ini bukan merupakan pemenuhan kebutuhan pokok seperti makanan pokok maka dari itu bisnis ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan yang dimiliki oleh masyarakat.

Sebagai contoh, pada masyarakat yang terpelajar dan memiliki tingkat pengetahuan yang lebih tinggi umumnya mereka telah memiliki kebiasaan dengan pola hidup sehat sehingga meminum jus sudah menjadi bagian dari kebutuhan. 

Berbeda dengan masyarakat ekonomi lemah yang memiliki tingkat pengetahuan yang lebih rendah. Mereka umumnya kurang begitu memperhitungkan aspek pola hidup sehat karena himpitan ekonomi sehingga kebanyakan lebih memilih membeli beras dari pada membeli jus semacam ini.

Maka dari itu bisnis ini bisa memiliki prospek yang lebih menjanjikan jika didirikan di lokasi yang mendukung dan sebaliknya. Jadi secara umum bisnis ini memiliki peluang yang cukup bagus namun harus tetap memperhatikan berbagai aspek usaha lain yang berkaitan. Untuk gambaran lebih jelas mari kita lihat simulasi perhitungan di bawah ini.

Simulasi perhitungan dan balik modal*
Modal awal

2 unit blender @ Rp. 300.000
Rp. 600.000,-
Gerobak
Rp. 750.000,-
Peralatan lain
Rp. 150.000,-
Total modal awal
Rp. 1.500.000,-


Biaya produksi

Listrik dan air
Rp. 750.000,-
Buah dan sayuran
Rp. 250.000,-
Gelas plastik
Rp. 50.000,-
Total biaya produksi
Rp. 1.050.000,-


Asumsi pemasukan sebulan

Penjualan jus 30 gelas per hari
@ Rp. 3000,- x 30 = Rp. 105.000 x 30 hari

Rp. 3.150.000,-


Asumsi keuntungan

Rp. 3.150.000 – Rp. 1.050.000 =
Rp. 2.100.000,-
Balik modal: 1.500.000 : 2.100.000
< 1 bulan
*) Hitungan di atas belum termasuk investasi tanah dan gaji karyawan

Dari hitungan simulasi di atas maka kita bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai bagaimana peluang yang dimiliki bisnis ini. Dapat kita lihat bahwa bisnis jus buah modal kecil memang cukup bagus. Dalam sebulan, bisnis ini diasumsikan bisa mendapatkan keuntungan 2 jutaan perbulan. Nilai yang cukup lumayan bukan?

2. Tips Memulai Bisnis Jus Buah Modal Kecil Untung Besar

Setelah kita mengetahui gambaran awal mengenai bisnis modal kecil tersebut maka selanjutnya kita bisa melakukan analisa lebih jauh untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif dan faktual. 

Selain itu kita juga bisa melakukan SWOT analisis untuk mengetahui bagaimana prospek bisnis ke depan. Dengan demikian kita bisa memiliki pertimbangan yang cukup untuk menentukan apakah bisnis ini cocok dan layak untuk kita wujudkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Selanjutnya, bagi yang telah menentukan pilihan dan hendak memulai bisnis kecil ini ada baiknya terus membekali diri dengan berbagai kemampuan manajerial yang baik. 

Selain itu hendaknya pelaku bisnis juga rajin belajar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Untuk bisa sukses kita juga dituntut untuk terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas dalam menyediakan produk berkualitas yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk pelaku bisnis yang sudah menjalankan bisnis ini ada baiknya juga terus membenahi berbagai hal yang dirasa kurang. Dalam menjalankan bisnis ini hendaknya kita juta tidak lupa dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa kita pertimbangkan yaitu sebagai berikut.

1) Jaga mutu dan kebersihan
2) Sediakan menu jus yang bervariasi
3) Tawarkan sistem paket berlangganan
4) Lakukan promosi yang aktif

Yang selalu harus diingat dalam menjalankan bisnis ini adalah hendaknya kita bisa terus menjaga mutu produk jus yang kita jual. Perhatikan benar bahwa aspek ini merupakan penentu kesuksesan ke depan. 

Produk minuman jus yang dibuat haruslah memiliki mutu yang baik, bersih, sehat, menarik dan sesuai dengan harapan konsumen pada umumnya. Sebagai contoh kita harus memperhatikan kebersihan baik itu kebersihan ruangan, peralatan, bahan baku, penyajian, kemasan dan lain sebagainya. Ingat, sebagai penjual minuman kita tidak boleh jorok.

Jangan lupa juga untuk memberikan variasi menu jus yang beragam dan menarik. Aneka jus yang disediakan hendaknya tidak monoton dan itu-itu saja. Kita bisa mengandalkan kreativitas kita untuk menciptakan jus enak yang sehat dan disukai. Semakin banyak pilihan maka semakin mudah konsumen untuk mendapatkan apa yang sesuai.

Pemasaran bisnis ini juga bisa kita dukung dengan menawarkan sistem paket berlangganan. Misalnya kita bisa menawarkan paket langganan jus perbulan untuk pemula dan pengguna tetap. 

Dalam paket tersebut kita juga bisa memberikan diskon dan bonus untuk menarik pelanggan baru. Untuk paket langganan jus buah ini kita bisa juga menyediakan sistem antar atau delivery sehingga konsumen akan lebih mudah mendapatkan jus yang dipesan.


Selain itu, dalam menjalankan bisnis seperti ini promosi juga memiliki peran yang sangat penting. Maka dari itu sebaiknya pelaku bisnis memiliki sistem yang jelas dalam melakukan promosi. Hendaknya kita bisa melakukan promosi secara aktif. 

Dengan aktif melakukan promosi seperti ini maka peluang kita untuk menjangkau pelanggan baru akan semakin bertambah. Kita bisa menggunakan brosur, pamplet, spanduk atau sarana promosi lain untuk memperkenalkan bisnis kita kepada masyarakat luas.

Demikianlah tadi sedikit pembahasan tentang Peluang Bisnis Jus Buah Modal Kecil Untung Besar

Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas bisa menjadi gambaran awal bagi kita semua yang sedang mencari ide dan gagasan brilian untuk memulai bisnis baru yang menguntungkan. Jangan lupa baca juga beberapa kiat bisnis lain di bagian akhir pembahasan ini. Itu saja, semoga bermanfaat dan salam sukses!

Bisnis Jus Buah Modal Kecil, Analisa Peluang dan Keuntungan Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko