Thursday, March 16, 2017

Kebutuhan Modal dan Simulasi Pendapatan Ternak Ayam Kampung, Pelajari Sebelum Mulai Usaha

Menjadi salah satu usaha budidaya yang cukup menggiurkan karena memang kebutuhan di masyarakat cukup tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis ayam pedaging lain, ayam kampung memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. 



Ayam kampung ini berbeda dengan ayam broiler karena memang rasanya yang lebih enak dan terkenal lebih sehat. Namun demikian, peternakan ayam kampung kurang begitu menjanjikan jika menggunakan jenis ayam kampung biasa. 

Hal ini karena ayam kampung biasa membutuhkan waktu tumbuh yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis ayam kampung super. Meski sebenarnya kedua jenis ayam tersebut memiliki pangsa pasar yang berbeda segmen.

Ayam kampung super bisa menjadi salah satu pilihan unggas untuk dibudidayakan. Ayam ini lebih cepat besar dan menggiurkan jika dibudidayakan dalam skala yang lebih besar. 

Harga jual yang dimiliki oleh jenis ayam yang satu ini juga cukup lebih tinggi jika dibanding dengan jenis ayam lain yaitu berkisar antara Rp. 25.000 s.d Rp. 28.000, harga yang cukup menggiurkan bukan?

Lebih jauh, jika dilihat dari kebutuhan daging di pasaran maka dapat diketahui bahwa kebutuhan daging unggas konsumsi masih terus tinggi dan jarang berkurang. 

Hal ini bisa dilihat dari berbagai usaha peternakan yang sudah berjalan yang umumnya selalu dibanjiri permintaan yang jarang surut. Sebut saja misalnya peternakan ayam broiler yang sampai saat ini peminatnya masih sangat ramai.

Jika dibandingkan dengan ternak ayam broiler, peluang usaha ternak ayam kampung superini sedikit lebih menjanjikan mengingat daging ayam kampung terkenal lebih enak dan lezat. 

Meski begitu di masyarakat masih jarang yang menjalankan usaha ternak ini dikarenakan masa panen yang lebih lama jika memelihara ayam kampung biasa. Maka dari itu jenis ayam kampung super ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk dijadikan sebuah usaha sampingan atau bisnis menengah sekalipun.

A. Modal awal ternak ayam kampung super
Di atas telah disinggung mengenai bagaimana gambaran peluang usaha ternak ayam yang satu ini nah sekarang untuk melengkapi informasi tersebut ada baiknya kita bahas juga mengenai permodalan. Seberapa banyak modal ternak ayam kampung super yang dibutuhkan untuk membuka usaha tersebut pertama kali?

Ya, banyaknya modal memang akan menjadi perhitungan lain yang kita perlukan. Sebagus apapun peluangnya jika kita tidak memiliki modal yang cukup maka kita akan menghadapi masalah. Maka dari itu dalam mempelajari bagaimana prospek usaha ini sebaiknya kita juga mengetahui masalah permodalan yang dibutuhkan.

Secara umum modal usaha ini tidak jauh berbeda dengan modal pemeliharaan ternak ayam jenis lainnya. 

Pengeluaran awal di dominasi untuk peralatan peternakan mulai dari kandang, peralatan manan dan minum untuk ayam, pakan, vaksin dan berbagai keperluan kandang lainnya. Berapa jumlah modal awal yang harus dikeluarkan bisa dilihat gambarannya sebagai berikut.

Modal awal ternak ayam kampung super
No
Keterangan
Satuan
Jumlah
Total
1
Pembelian bibit Ayam Kampung super
Rp. 4.800
500 ekor
Rp. 2.250.000
2
Pakan 0-60 hari
Rp. 345.000
20 Sak
Rp. 6.900.000
3
Vitamin, Vaksin, dan Obat
Rp. 250.000
Rp. 250.000
Jumlah
Rp 9.400.000,-

Pada tabel di atas modal awal tidak termasuk untuk pengadaan kandang dan peralatan pakan mengingat kadang dan peralatan yang dibutuhkan akan sangat tergantung dengan jumlah ayam yang akan dipelihara.

B. Simulasi perhitungan pemasukan Ternak Ayam Kampung Super
Angka kematian standar berkisar antara 5-10%, ambil saja 20 ekor mengalami kematian, maka pada saat panen jumlahnya 480 ekor dengan berat rata-rata 0,8 – 1 kg. 

Harga ayam terendah adalah Rp 25.000,-/kg (kondisi pasar dan permintaan turun, sulit diprediksi karena harga ayam kampung cenderung stabil). Fluktuasi harga antara Rp 25.000,- s.d Rp. 28.000,- per kilogram (kg).

No
Keterangan
Harga
Jumlah Kiloan
Jumlah
1
Penjualan
Rp 26.000/kg
0.95kg x 490 = 466kg
12.116.000
Jumlah
Rp 12.116.000,-

Keuntungan = Pemasukan-Pengeluaran
= Rp 12.116.000 - Rp 9.400.000 = Rp 2.716.000,

Data yang kami berikan berdasarkan harga pasar terbaru dan terupdate bulan ini September 2015. (Sumber: ayamkampungku.com)

Di atas merupakan simulasi atau asumsi pendapatan yang bisa diperoleh untuk usaha budidaya peternakan ini. Bisa kita lihat bahwa asumsi keuntungan yang bisa didapat terbilang cukup besar dan sangat menggiurkan untuk diusahakan. 

Namun begitu jika hendak memilih untuk memulai usaha ini sebaiknya perlu dilakukan analisa yang lebih detail mengenai bagaimana prospek usahanya. Sebelum memilih Usaha Ternak Ayam Kampung Super ini juga diperlukan analisa SWOT untuk mengetahui bagaimana aspek-aspek yang berkaitan. 

Kita juga hendaknya memperhitungkan kemampuan yang kita miliki, apakah kita bisa menjalankan usaha ternak ini dengan baik atau tidak. Terlepas dari semua itu semoga artikel kali ini bisa menjadi sumber inspirasi kita bersama. 

Kebutuhan Modal dan Simulasi Pendapatan Ternak Ayam Kampung, Pelajari Sebelum Mulai Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko