Friday, March 17, 2017

Sedang Membangun Bisnis, Bingung, Berikut Tips Perencanaan Bisnis untuk Anda!

Tips Membuat Perencanaan Bisnis - Memulai sebuah bisnis jika ingin sukses tentunya tidak sembarangan asal mulai. Kita harus memiliki persiapan yang benar-benar matang yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis yang akan dijalankan. 
Foto: Ilustrasi/stupidmonkey.web.is
Di sini peran perencanaan bisnis sangat menentukan arah perkembangan bisnis yang akan dibuat tersebut. Sukses tidaknya bisnis juga dipengaruhi oleh bagaimana perencanaan tersebut di buat. Jadi sebelum kita mulai menjalankan sebuah bisnis hendaknya kita persiapkan terlebih dahulu dengan membuat rencana yang akan dilaksanakan.


Masalahnya, untuk pemula yang akan menjalankan sebuah bisnis biasanya perencanaan hanya akan berkutat pada persiapan untuk berbagai alat dan bahan serta sarana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis tertentu.

Biasanya hal lain selain berbagai alat dan bahan cenderung dilupakan atau bahkan di abaikan dalam membuat perencanaan bisnis tersebut. Apakah hal itu sudah tepat?

Tentu saja tidak, sebuah perencanaan harus meliputi berbagai aspek yang berkaitan dengan bisnis yang akan dijalankan. Berbagai aspek tersebut meliputi aspek yang berbentuk fisik dan non-fisik.

Pertanyaannya sekarang lalu bagaimana dan apa cara membuat perencanaan bisnis yang harus kita lakukan? Berikut ini situs peluang sukses usaha akan mengajak kita untuk membahas lebih jauh mengenai berbagai hal yang akan kita lakukan dalam menyiapkan sebuah perencanaan bisnis yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan begitu diharapkan kita akan mampu memberikan pondasi yang kokoh terhadap bisnis yang akan kita buat. Sebelum lebih jauh membahas menganai masalah ini mari kita lihat juga beberapa poin lain yaitu:
  1. Contoh panaan bisnis
  2. Pengertian perencanaan bisnis
  3. Contoh perencanaan bisnis makanan
  4. Makalah perencanaan bisnis
  5. Perencanaan bisnis kewirausahaan
  6. Perencanaan bisnis butik 
  7. Perencanaan bisnis cafe
    Perencanaan bisnis ppt

Lalu bagaimanakah tips membuat perencanaan bisnis yang bisa kita lakukan? Mengutip dari artikel "Business Plan Outline" yang ditulis oleh pakar bisnis Alyssa Gregory, berikut ini garis besar rencana bisnis yang bisa membantu kita memulai dan menyusun rencana bisnis yang akan dibuat.
  1. Buatlah ringkasan eksekutif
  2. Buatlah deskripsi perusahaan kita
  3. Buat penjelasan mengenai produk atau jasa bisnis kita
  4. Menganalisis pasar
  5. Strategi pemasaran
  6. Buatlah ringkasan manajemen
  7. Buatlah analisis keuangan
  8. Buat lampiran dan informasi pendukung

Dari yang di tulis oleh pakar bisnis tersebut jelas sekali terlihat bahwa membuat perencanaan bisnis bukan hanya menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam binsis tersebut tetapi lebih luas lagi.

Ada analisis yang harus dilakukan, ada lampiran dan informasi pendukung yang harus disiapkan, harus membuat deskripsi untuk bisnis yang akan dilakukan dan lain sebagainya. Supaya lebih jelas mari kita bahas poin di atas satu persatu.

Membuat ringkasan eksekutif
Ringkasan ini berisi gambaran dari semua bagian rencana bisnis Anda. Ringkasan eksekutif adalah bagian pertama dari rencana bisnis kecil Anda yang biasanya ditulis terakhir.

Membuat deskripsi perusahaan
Pada bagian ini Anda bisa menjelaskan detail rencana bisnis usaha Anda. Deskripsi perusahaan menguraikan rincian penting tentang perusahaan Anda, seperti di mana Anda berada, seberapa besar perusahaan tersebut, apa yang Anda lakukan, dan apa yang akan Anda capai.

Membuat penjelasan produk atau jasa
Dalam tahap ini, Anda harus bisa menjelaskan apa produk atau jasa yang dijual dengan penekanan pada nilai yang Anda berikan kepada pelanggan atau klien.

Membuat menganalisis pasar
Bagian analisis pasar rencana bisnis Anda datang setelah produk dan jasa bagian dan harus memberikan gambaran rinci tentang industri mana yang akan menjadi sasaran dari produk atau jasa Anda.

Membuat strategi pemasaran
Bagian Strategi pemasaran rencana bisnis Anda dibangun berdasarkan bagian analisis pasar. Bagian ini menguraikan di mana bisnis anda cocok dengan pasar dan bagaimana penerapan harga barang, bagaimana mempromosikan dan menjual produk atau jasa Anda.

Membuat ringkasan manajemen
Di bagian ini Anda harus bisa menjelaskan cara bisnis Anda terstruktur, memperkenalkan pihak mana saja yang terlibat, menguraikan sumber daya eksternal, dan menjelaskan bagaimana bisnis dikelola.

Membuat analisis keuangan
Di sini Anda harus memberi rincian pembiayaan bisnis Anda sekarang, apa yang akan dibutuhkan untuk pertumbuhan di masa depan serta memperkirakan biaya operasi.

Membuat lampiran dan informasi pendukung
Ini dibutuhkan karena akan mencakup informasi yang mendukung pernyataan, asumsi dan penalaran yang Anda gunakan dalam bagian lain dari rencana bisnis Anda. Ini bisa berupa grafik, diagram, statistik, foto, materi pemasaran, penelitian, dan data lain yang relevan.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai beberapa Tips Membuat Perencanaan Bisnis yang bisa kita lakukan. Jadi dengan membaca sedikit ulasan ini sekarang kita bisa tahu bahwa rencana bukan hanya berkutat pada hal penyiapan barang semata melainkan lebih menyeluruh yang mencakup berbagai aspek penting dalam sebuah bisnis.

Mudah-mudahan pembahasan ini bisa menjadi tambahan referensi dan bahan pertimbangan kita semua dalam membuat sebuah rencana untuk bisnis yang akan kita jalankan. Itu saja, salam sukses!

Sedang Membangun Bisnis, Bingung, Berikut Tips Perencanaan Bisnis untuk Anda! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko