Wednesday, February 22, 2017

Mau Usaha Budidaya Ikan Guppy, Kiat dan Analisa Peluang Ini Akan Membantu Anda Sukses!

Analisis Peluang Usaha Budidaya Ikan Guppy - Tidak tahu bagaimana peluang usaha budidaya ikan guppy, jangan asal buka usaha tersebut. Harus adalah analisa mengenai bagaimana prospek usahanya sebelum memutuskan dan memulai usaha ini.

Foto: forumguppyyogyakarta2013.wordpress.com

Kenapa begitu, alasannya adalah jika kita membuka usaha apalagi jenis usaha seperti ini tanpa tahu gambaran usahanya maka kemungkinan kegagalannya akan lebih besar. Tahu tentang ikan guppy saja tidak mau membuka usaha ikan guppy, mau bangkrut dan menyesal?

Satu paragraf di atas adalah pelecut dan pengingat bagi kita semua yang berniat membuka usaha baru khususnya budidaya ikan guppy. Maksudnya, kita harus mengingat bahwa memulai usaha tidak boleh serampangan tanpa persiapan apapun.

Apalagi tanpa mempelajari terlebih dahulu bagaimana prospek usahanya. Baru setelah itu kita bisa merumuskan rencana yang matang untuk memulai usaha tersebut. Analisis terhadap gambaran peluang usaha merupakan hal yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum terjun menjadi pengusaha.

Analisis dimaksudkan untuk memberikan bekal informasi yang cukup untuk dasar pertimbangan dalam menentukan arah dan langkah yang akan diambil. Melakukan analisa seperti ini sangat penting agar kita mengetahui detail mengenai usaha yang diminati.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas lebih jauh bagaimana peluang usaha ternak ikan guppy tersebut. Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang cukup menarik dan indah. Penggemar ikan hias guppy ini juga cukup banyak untuk dipelihara di aquarium. 

Namun begitu meski banyak juga yang suka dengan ikan ini namun tidak serta merta membuat usaha budidaya ikan guppy bagus untuk ditekuni. Banyak faktor yang harus dilihat terlebih dahulu sebelum memilih jenis usaha ini.

A. Peluang Usaha Budidaya Ikan Guppy

Tidak bisa dipungkiri, usaha memelihara ikan hias hasilnya akan sangat tergantung pada minat dan trend yang ada di masyarakat. Kita pasti tahu bahwa usaha ini memiliki konsumen khusus yaitu para pecinta ikan hias.

Ini berarti memiliki keterbatasan konsumen karena tidak bisa menjamah lebih banyak kalangan masyarakat. Gambarannya, jika kita membuka usaha makanan maka produknya sangat mungkin bisa diterima semua orang namun untuk ikan guppy ini hanya untuk mereka yang hobi memelihara ikan hias.

Ini berarti dari segi konsumen, usaha ikan hias memiliki lebih sedikit konsumen yang bisa dibidik. Hal ini juga harus kita pertimbangkan karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha ke depan.

Namun, meski potensi konsumennya hanya dari satu kalangan namun bukan berarti peluang usaha ikan guppy ini tidak bagus. Karena usaha ini masih memiliki potensi yang cukup menjanjikan khususnya jika ditekuni dan ditangani dengan baik.

Hal ini mengingat para konsumen ikan guppy biasanya tidak akan sayang menghabiskan banyak uang untuk membeli ikan hias indah dan cantik yang disukai.

Secara umum usaha ini masih memiliki prospek yang baik namun tentu saja harus ada analisa yang lebih jauh mengenai aspek-aspek usaha pendukung. Dalam mengukur tingkat peluang atau prospek usaha ini hendaknya kita mempertimbangkan berbagai hal dasar yang berhubungan dengan usaha ini.

Sebagai contoh hendaknya kita mempertimbangkan permintaan pasar yang ada, kemampuan pengelolaan yang dimiliki, kondisi persaingan pasar, hambatan dan kesulitan serta aspek lain yang mendukung kegiatan usaha.

Jangan Usaha Budidaya Ikan Guppy, Baca ini Dulu!

Antara satu daerah dengan daerah yang lain bisa saja memiliki potensi yang berbeda-beda. Bisa saja, di daerah A usaha ini akan berjalan dengan baik tanpa kendala namun di daerah B usaha ini akan kurang berkembang.

Maka dari itu perlu adanya analisis usaha ikan guppy yang lebih menyeluruh dan lebih dalam sebagai acuan dasar untuk merumuskan rencana usaha selanjutnya.

B. Tips Sukses Budidaya Ikan Guppy

Pengatahuan dan kemampuan kita untuk memelihara ikan hias ini juga akan mempengaruhi usaha ini ke depan. Peluang atau prospek yang ada bisa saja hilang tanpa di dukung dengan kemampuan yang memadai.

Maka dari itu perlu dipelajari lebih jauh mengenai teknik budidaya ikan guppy yang benar agar menghasilkan ikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Sekedar mengingatkan saja, dalam menganalisa usaha ini perlu juga disiapkan mental usaha dan keterampilan yang memadai. Jika tidak memiliki keahlian sama sekali maka perlu belajar terlebih dahulu. Oleh karena itu perlu juga sebagai modal untuk mempelajari tips memelihara ikan guppy tersebut.

Setelah menemukan jawaban dari analisa-analisa yang dilakukan maka selanjutnya memang kita harus memastikan kemampuan tersebut. Kita bisa mulai belajar sambil mempersiapkan rencana yang matang untuk memulai usaha tersebut.

Untuk masalah tips dan kiat usaha, situs peluang sukses usaha ini sudah menyiapkan pula beberapa pembahasan berkaitan dengan masalah ini.

Di bagian lain, telah dibahas juga beberapa tips sukses untuk menjalankan usaha ini. Pembahasan rinci mengenai hal ini bisa dipelajari dari tautan atau link di atas. Pada pembahasan tersebut dijelaskan berbagai pertimbangan, kiat serta tips dalam menjalankan dan mengelola usaha ikan guppy yang sukses.

Dengan bekal informasi hasil analisis peluang usaha budidaya ikan guppy dan juga bekal ilmu tentang teknik dan cara budidaya maka kita bisa membuat perencanaan yang matang.

Dengan perencanaan yang matang tersebut maka potensi keberhasilan yang dimiliki akan lebih besar. Dengan begitu diharapkan usaha yang dirintis akan sukses.

Itulah sedikit informasi mengenai bagaimana sebaiknya kita mencari dan mengukur prospek usaha budidaya ikan hias ini.

Bukan berniat menggurui, bukan juga harus menjadi pedoman namun mudah-mudahan perbincangan kita kali ini bisa menjadi bahan kajian kita semua. Sampai disini, silahkan lanjutkan ke pembahasan lain dibagian akhir tulisa ini.

Mau Usaha Budidaya Ikan Guppy, Kiat dan Analisa Peluang Ini Akan Membantu Anda Sukses! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma