Tuesday, February 28, 2017

Ingin Sukses Ternak Ayam Kampung, Sudah Coba Tips Jitu Berikut?

Tips Sukses Ternak Ayam Kampung - Sekarang ini, lumayan sulit untuk menentukan bisnis apa yang cocok di desa tapi untung nya menjanjikan pada tahun yang semakin sulit ini. Mencari bisnis yang cocok untuk dikembangkan di desa saja sudah susah apalagi menjadi ide bisnis yang memberikan untung menjanjikan.

Ternak Ayam Kampung

Maka dari itu, untuk kita yang sudah memiliki usaha hendaknya benar-benar fokus memperhatikan, menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut dengan baik. Kita tidak mau bukan usaha atau bisnis yang sudah ada hancur tergerus persaingan yang semakin ketat?

Untuk itulah kita perlu belajar dan terus menimba ilmu baik itu yang berkaitan dengan manajemen dalam usaha maupun ilmu tentang keterampilan-keterampilan teknis yang bermanfaat bagi perkembangan usaha.

Untuk peternak seperti kita, kita dapat terus belajar bagaimana menjadikan peternakan kita sebuah usaha yang lebih sukses. Kita bisa belajar banyak, mulai dari berbagai inovasi pakan ternak, teknik pemeliharaan ternak yang baik dan lain sebagainya.

Khusus untuk artikel usaha kali ini kita akan membahas beberapa hal penting untuk membuat usaha peternakan yang kita geluti bisa sukses. Kita akan membahas berbagai kiat dan tips dalam menjalankan usaha ternak ayam kampung. Beberapa tips sukses ternak ayam kampung yang sebaiknya kita ketahui yaitu sebagai berikut!

1) Perhatikan kebersihan kandang
Tips pertama adalah mengenai kebersihan kandang. Untuk memberikan hasil maksimal terhadap ternak yang kita pelihara maka kebersihan kandang menjadi hal mutlak yang harus kita perhatikan. Jika ingin sukses kita harus selalu memastikan kandang ayam selalu dalam keadaan bersih.

Ini berarti kita harus rutin membersihkan kandang dengan baik. Bukan hanya membersihkan, kita juga sebaiknya bisa menjaga agar kandang bisa bebas dari segala macam bibit penyakit. Bersih belum tentu jaminan tidak adanya bibit penyakit maka kita harus memadukan kebersihan dan kesehatan.

Ingat, kebersihan kandang mutlak dibutuhkan untuk menjaga ayam tetap sehat. Jika kandang selalu bersih maka ternak bisa sehat sebaliknya. Jika kandang tidak terjaga kebersihannya maka ternak bisa sakit, jika ternak sakit maka ternak bisa mati dan jika ternak mati itu berarti kerugian yang akan di dapat.

2) Jaga jarak kandang
Menjaga ayam selalu sehat adalah kunci suksesnya, jadi selain membersihkan kandang kita juga harus menghindarkan ayam dari potensi penyakit dari hal lain. Maka dari itu sebaiknya kandang diletakkan tidak berdekatan dengan pemukiman atau rumah.

Ini sangat bermanfaat untuk menjaga ayam tidak tertular penyakit dari lingkungan rumah manusia. Selain itu ini tentu juga sehat dan baik untuk kita karena kita juga bisa terjaga dan terhindari dari terjangkit penyakit yang berasal dari kotoran ayam dan sebagainya.

Selain itu, produktivitas ayam juga sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan kandang. Jika di lingkungan perumahan sangat mungkin ayam bisa tress karena misalnya bising.

3) Lakukan vaksinasi (pencegahan penyakit)
Tindakan pencegahan penyakit juga merupakan hal utama dalam usaha ternak ayam kampung. Karena seperti kita tahu musuh utama usaha ini adalah penyakit mematikan yang bisa menyerang ayam secara masal.

Maka dari itu kita sebaiknya juga menerapkan sistem pencegahan penyakit misalnya dengan memberikan vaksinasi dan atau pemberian vitamin pada ternak.

Dalam melakukan pencegahan seperti ini kita dapat mengadopsi langkah-langkah sukses yang telah di buktikan oleh peternak lain. Selain itu kita sebaiknya bisa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan hewan untuk memastikan pencegahan ini.

4) Lakukan variasi produk yang dihasilkan
Berikutnya, untuk meminimalisir resiko kerugian usaha kita bisa menetapkan variasi untuk produk ayam yang siap lepas jual. Misalnya kita bisa menjual produk ayam dengan beberapa variasi contohnya ayam untuk anakan, untuk petelur, untuk pejantan, untuk pedaging dan lain sebagainya.

Kita juga bisa menyediakan produk ayam untuk kebutuhan tertentu misalnya ayam ukuran sedang untuk usaha pecel lele dan ayam bakar dan lain sebagainya. Dengan begini kita akan memiliki peluang lebih banyak untuk perputaran hasil ternak yang kita kelola.

Cara ini tentu bisa kita sesuaikan dengan target dan tujuan pemasan yang sudah kita terapkan. Keuntungan dari sistem ini adalah jika terjadi musim penyakit masal maka kita akan terlalu terpukul karena sebagian ayam kita telah terjual dengan penjualan di atas.

5) Perluas jaringan dan kerjasama
Jaringan dan kerjasama akan membantu kita memperluas pangsa pasar yang kita miliki. Selain itu ini juga bisa memberikan kontribusi pada peningkatan kemampuan dan keahlian kita dalam melakukan budidaya ayam kampung.

Semakin banyak kita belajar bagaimana melakukan pemeliharaan ternak maka kita akan semakin sukses. Semoga informasi seputar Tips Sukses Ternak Ayam Kampung di atas bisa bermanfaat. Pelajari juga beberapa tips lain di bagian bawah.

Ingin Sukses Ternak Ayam Kampung, Sudah Coba Tips Jitu Berikut? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma