Saturday, April 15, 2017

Ingin Sukses Jual Produk Usaha, Coba Pelajari Cara Rahasia Berikut!

Sukses Jualan Produk Usaha – tantangan terbesar dalam memulai sebuah bisnis atau usaha adalah kemampuan yang dimiliki pelaku usaha untuk menjual atau memasarkan produk yang dihasilkan. Sebenarnya banyak sekali pelaku usaha baru yang kompeten dalam membuat sebuah produk berkualitas.


Sayangnya hal itu tidak di dukung dengan kemampuan dalam memasarkan atau menjual produknya. Di awal mendirikan usaha hal itu tentu menjadi sebuah tantangan yang cukup berat dan bahkan kerap menjadi jalan sebuah kegagalan. 

Dengan keadaan dan latar belakang seperti itu maka tidak ada salahnya jika sebagai pelaku usaha baru kita membekali diri dengan kemampuan dan keahlian dasar dalam menjual produk usaha agar kita bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pemasaran di awal-awal kita mendirikan usaha.

Ini sangatlah penting sebagai pondasi dalam membangun sebuah bisnis kecil yang sukses. Lalu pertanyaannya adalah “kemampuan seperti apa yang harus kita miliki untuk memasarkan produk usaha tersebut?”, kita akan membahas berbagai kemampuan tersebut di bawah ini.

Hal dasar yang harus kita miliki saat berhadapan langsung dengan konsumen untuk memasarkan hasil produk kita antara lain berkaitan dengan sifat-sifat positif yang membangun.

Diantara kemampuan tersebut misalnya kita harus bisa sabar, dapat menunjukkan perhatian dan mampu berkomunikasi dengan jelas. Lebih rinci mengenai berbagai kemampuan untuk memasarkan produk usaha sebagai berikut.

1. Kesabaran
Inilah yang paling penting harus kita miliki. Jika kita ingin memasarkan sebuah produk dengan sukses sedang kita tidak memiliki kesabaran sedikitpun dalam diri kita maka sebaiknya kita berfikir ulang.

Bayangkan jika kita tidak memiliki kesabaran dan saat menawarkan sebuah produk kita mendapatkan penolakan, kemungkinan kita akan marah, kecewa atau bahkan putus asa.

Maka dari itu pastikan kita meluangkan waktu untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan dan yang benar-benar mereka inginkan.

2. Komunikasi yang jelas
Penyampaian informasi kepada pelanggan harus dilakukan secara jelas agar dapat dimengerti oleh pelanggan. Jika pelanggan salah dalam menangkap informasi yang kita berikan maka itu dapat membuat pelanggan kita akan merasa kecewa.

Bahkan bisa jadi kita akan mengalami kerugian. Berikan informasi yang benar-benar jelas dan dapat dimengerti oleh pelanggan serta hilangkan apapun yang dapat meragukan calon pelanggan.

3. Kemampuan dalam menggunakan bahasa postif
Dalam menjalankan pemasaran mungkin kita akan keberatan jika kita ingin menyampaikan kabar buruk untuk pelanggan kita. Namum disisi lain kita mau tak mau harus menyampaikan kabar tersebut.

Di sinilah peran penting kita, bagaimana agar pelanggan kita tidak marah jika kita beri kabar yang kurang menyenangkan.

Kita dapat member kalimat yang bernada positif. Dalam penyampaian, kita dapat focus terhadap hal-hal yang positif sehingga apa yang kita katakan tentu akan menjadi sesuatu hal yang dapat diterima oleh pelanggan.

4. Ber-akting
Layaknya pemain sinetron kita juga harus bisa berakting. Berakting dalam artian apapun masalah yang kita hadapi saat itu kita harus tampak ceria dan semangat, karena kesan yang kita tunjukkan dapat berpengaruh kepada pelanggan.

5. Kemampuan “Membaca” Pelanggan
Membaca pelanggan merupakan hal yang terpenting, misalnya bagaimana suasana hati pelanggan saat ini. Jika dapat membaca pelanggan kita maka kita akan tahu pelayanan seperti apa yang bisa kita berikan, dan jika dapat mengerti kita, maka pelanggan pun akan puas terhadap pelayanan.

6. Pendekatan
Kita ingin menawarkan produk kepada pelanggan potensial. Kita harus memperhatikan bagaimana cara yang terbaik untuk menawarkan produk kepada calon pelanggan. Jangan sampai kita kehilangan pelanggan potensial hanya karena kita salah dalam melakukan pendekatan kepada calon customer.

7. Keuletan
Semakin banyak menawarkan produk kepada calon customer maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan customer. Keuletan sangat dibutuhkan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon customer.

Kita tidak menyerah jika terjadi banyak penolakan. Kita terus berusaha untuk menawarkan produk kepada calon pelanggan.

8. Closing Ability
Jika telah mendapatkan banyak pelanggan yang akan membeli produk, maka kemampuan dalam closing yang sangat memuaskan harus kita miliki. Jika pelanggan telah memastikan untuk membeli produk maka kita telah berhasil.

Demikianlah tadi beberapa kemampuan atau skill yang sebaiknya kita miliki untuk dapat Sukses Memasarkan dan Menjual Produk Usaha yang dihasilkan.

Meski nantinya kita akan menyerahkan urusan pemasaran kepada orang lain namun sebagai langkah awal sebaiknya kita memang harus memiliki bekal pemasaran. Jangan lupa baca juga beberapa tips dan kiat sukses usaha lainnya di bagian akhir tulisan. Salam sukses!

Ingin Sukses Jual Produk Usaha, Coba Pelajari Cara Rahasia Berikut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma