Monday, April 17, 2017

Tingkatkan Penjualan dan Konsumen Usaha, Strategi Jitu Berikut Bisa Dipertimbangkan!

Bagaimana Cara Meningkatkan Konsumen Usaha - Membuka sebuah usaha merupakan hal yang mudah namun mencapai kesuksesan yang diinginkan itulah yang sulit. Kadang kala kita telah melakukan banyak hal secara maksimal tapi tetap saja kita mendapatkan konsumen yang sedikit sehingga hasil usaha tidak memuaskan.


Apa yang salah dengan yang sudah kita lakukan selama ini, lalu bagaimana cara kita untuk meningkatkan konsumen dari usaha kita tersebut? Menjawab pertanyaan ini tentu bukanlah hal yang mudah karena kita harus kembali melakukan analisa terhadap semua aspek usaha yang sudah kita jalankan.


Jika kita mendapatkan konsumen yang kurang memuaskan maka pasti ada hal yang tidak berjalan dengan semestinya dalam usaha ini. Hal tersebut bisa apa saja, bisa berkaitan dengan produk, sistem pemasaran, pelayanan, lokasi dan lain sebagainya.

Maka dari itu jika kita mengalami masalah atau kendala seperti ini memang sebaiknya kita mengkaji semua hal secara mendalam agar kita dapat menemukan letak akar permasalahan yang menyebabkan kita tidak mendapatkan konsumen dalam jumlah yang diharapkan. Dengan begitu maka kita bisa mencari solusi atau jalan yang tepat untuk meningkatkan konsumen usaha kita tersebut.

Pada kesempatan ini, peluang sukses usaha akan membahas secara khusus mengenai tips yang berkaitan dengan hal di atas. Pembahasan ini didedikasikan untuk seorang rekan pengunjung setia website ini yang beberapa hari yang lalu telah mengeluh mengenai usaha yang dijalankan.

Rekan tersebut mengalami penurunan pendapatan dan ingin mencari tahu cara meningkatkan konsumen usaha fotocopy pada bulan puasa. Karena masalah ini merupakan masalah yang cukup umum di kalangan pelaku usaha maka pembahasan tidak hanya di khususkan pada usaha foto copy saja melainkan juga untuk usaha lain. 

Seperti telah disinggung di atas, jika kita mengalami masalah seperti ini maka pertama-tama kita sebaiknya melakukan analisa terhadap berbagai aspek usaha yang kita jalankan.

Kita teliti dan kita lihat lagi semua hal; coba kita lihat apakah produk yang kita tawarkan sudah cukup berkualitas, apakah pelayanan yang diberikan sudah cukup memuaskan, apakah lokasi usaha sudah strategis dan seterusnya.

Setelah melakukan analisa tersebut kita bisa langsung memperbaiki berbagai kekurangan yang masih ada dalam usaha yang kita jalankan. Setelah semua hal dirasa cukup bagus maka selanjutnya kita bisa melakukan tips untuk meningkatkan konsumen usaha kita, bagaimana caranya? Cara meningkatkan konsumen usaha yang bisa kita lakukan antara lain sebagai berikut:

1) Tingkatkan kualitas usaha
2) Perluas jaringan promosi tertarget
3) Perbaiki hubungan dengan konsumen
4) Kembangkan usaha ke daerah lain
5) Lakukan dengan profesional

Pertama sekali, jika kita memang ingin meningkatkan konsumen untuk usaha kita maka yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas usaha kita.

Kualitas yang dimaksud adalah kualitas berbagai hal yang ada dalam usaha mulai dari produk, pelayanan, layanan purna jual, harga, fasilitas dan lain sebagainya. Setelah semua itu maksimal dan memiliki kualitas yang baik maka kita akan lebih mudah menjerat pelanggan baru.

Selain itu, yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen adalah dengan melakukan promosi yang lebih baik. Promosi yang lebih baik di sini adalah promosi yang efektif yang mampu memberikan peningkatan langsung terhadap penjualan.

Sebagai contoh, kita bisa memanfaatkan jaringan promosi online untuk mendapatkan pelanggan baru, misalnya saja dengan promosi menggunakan google adword. Google adwords merupakan salah satu sarana promosi online yang akan membantu kita menjaring konsumen secara lebih luas.

Berbagai langkah di atas juga harus kita barengi dengan usaha untuk terus menjaga hubungan dengan konsumen. Jangan pernah memandang sebelah mata terhadap konsumen, ingat tanpa mereka usaha kita bukanlah apa- apa.

Maka dari itu sudah selayaknya kita bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan yang kita miliki demi terciptanya suatu hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Jika merasa di daerah usaha yang ada kita sudah maksimal maka tidak ada salahnya untuk mulai merencanakan perkembangan usaha ke sekala yang lebih besar.

Kita bisa mulai mengembangkan usaha kita ke daerah lain seperti misalnya dengan membuka cabang baru. Semua cara untuk penjualan konsumen tersebut sebaiknya kita lakukan dengan profesional. Dengan demikian semua kegiatan kita akan dapat memberikan hasil yang maksimal.

Demikianlah sedikit kiat dan tips yang bisa kita lakukan guna meningkatkan penjualan khususnya dengan menambah jumlah konsumen yang bisa kita layani.

Mudah-mudahan sedikit ocehan di atas bisa menjadi sumber kajian dan bahan ide serta pertimbangan kita semua dalam usaha kita memajukan bisnis yang di kelola. Terima kasih telah menjadi pengunjung setia situs ini, jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada rekan lain yang membutuhkan. Itu saja, salam sukses!

Tingkatkan Penjualan dan Konsumen Usaha, Strategi Jitu Berikut Bisa Dipertimbangkan! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma