Tuesday, February 28, 2017

Butuh Modal Besar, Usaha Budidaya Sapi Harus di Analisa Lebih Dulu agar Tidak Bangkrut

Peluang Usaha Budidaya Sapi - Kalau tidak ada kendala dengan modal kita bisa memilih jenis usaha peternakan seperti usaha budidaya sapi. Usaha peternakan ini memiliki potensi yang cukup besar mengingat kebutuhannya tidak pernah susut bahkan di waktu-waktu tertentu kebutuhan produk peternakan yang satu ini malah cenderung bertambah.

Peluang Usaha Budidaya Sapi

Maka dari itu, budidaya ini bisa dijadikan salah satu ide untuk kita pertimbangkan apalagi jika kita masih mencari berbagai ide bisnis atau ide usaha yang memiliki potensi penghasilan besar.

Di lingkungan sekitar mungkin kita jarang mendapati usaha sapi, ini sebenarnya bukan karena prospek atau potensi yang kecil namun kebanyakan adalah karena tidak adanya dukungan modal yang cukup untuk menjalankan usaha ini.

Seperti kita tahu, satu ekor sapi saja yang sudah siap potong harganya bisa lebih dari 10 juta rupiah, tegantung sapinya. Ini tentu membuat yang berminat mengelola usaha ini banyak yang terkendala dengan permodalan. Padahal, kalau dilihat dari sisi peluang usaha budidaya sapi sebenarnya usaha ini sangatlah menjanjikan dan untung besar.

Untuk analisa usaha ini sebenarnya tidak perlu terlalu jauh, kita cukup mendapatkan gambaran dari tingginya harga daging sapi yang banyak di butuhkan masyarakat.

Untuk kebutuhan ini tentu saja bukan hanya kebutuhan daging karena pada kenyataannya daging sapi merupakan bahan untuk berbagai produk olahan lain. Jadi kalau masalah permintaan pasar untuk hasil produk budidaya ini sepertinya tidak akan pernah kurang, apalagi jika bisa menembus pasar yang lebih luas.

Dari tingkat kebutuhan, usaha ini bisa dikatakan merupakan jenis usaha besar baik dari sisi permodalan, kapasitas dan juga jangkauan usahanya.

Karena itu jika kita memang berniat membuka usaha ini maka sebaiknya dipertimbangkan dan dipersiapkan sebaik mungkin agar modal besar yang kita gunakan dapat tepat sasaran dan memberikan laba yang diinginkan. Dalam memulai dan membaca peluang untuk jenis usaha sapi ini kita bisa menganalisa dan melihat beberapa informasi berikut.

1) Kebutuhan akan daging sapi tinggi
Untuk masalah kebutuhan masyarakat, pelaku usaha sapi sepertinya memang tidak perlu cemas dan khawatir karena pasar untuk produk daging sapi ini sangat luas. Ada kebutuhan domestik untuk daging konsumsi di masyarakat dan ada juga kebutuhan industri lain yang menggunakan bahan daging untuk olahan produk lain.

Tentu saja ini akan menjadi pangsa pasar yang cukup baik khususnya jika kita mampu menembus pasar tersebut.

Maka dari itu, dalam memastikan besar kecilnya peluang kita bisa menelusuri berbagai potensi pasar yang bisa kita bidik jika kita mendirikan usaha ini.

Jadi sebaiknya kita mencari tahu peluang-peluang pasar yang bisa kita masuki untuk penjualan produk sapi yang siap potong, semakin banyak jalur penjualan ini maka akan semakin baik juga potensi usaha yang akan kita dirikan.

2) Kebutuhan pengelolaan usaha
Memang usaha ini merupakan usaha yang cukup menjanjikan namun kita tetap harus benar-benar mempersiapkan diri jika ingin membuka peternakan ini. Sebaiknya kita lihat apa saja kebutuhan usaha ini.

Sebaiknya kita pelajari masalah bahan baku pakan, tenaga kerja dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam pengelolaan usaha.

Kita harus pastikan bahwa lokasi atau tempat usaha ini mendapatkan dukungan dari lingkungan. Contohnya, lokasi yang dipilih memiliki cukup ketersediaan bahan pakan hijauan (rumput) untuk ternak.

Selain itu cukup memiliki ketersediaan bahan pakan tambahan seperti misalnya ampas tahu dan sebagainya hasil limbah industri lain yang bisa digunakan. Semakin bagus dukungan lingkungan maka usaha budidaya ini akan semakin menjanjikan.

3) Jaringan usaha
Yang sangat menentukan laju perkembangan usaha ini adalah sistem pemasaran, maka dari itu sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha ini sebaiknya kita pelajari juga mengenai jaringan usaha yang sudah ada. Untuk usaha ini biasanya ada banyak kelompok-kelompok peternak atau koperasi ternak yang akan membantu dalam hal penyaluran hasil panen.

Keberadaan jaringan usaha ini akan lebih mantap jika di dukung dengan adanya pasar ternak misalnya pasar sapi dan berbagai lembaga atau perkumpulan lain para peternak. Ini tentu harus kita analisa terlebih dahulu.

Jika ini ada dan tersedia dengan baik itu artinya usaha yang akan kita jalankan ini memiliki peluang yang lebih baik lagi. 

Itulah sedikit mengenai Peluang Usaha Budidaya Sapi. Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ternak sapi memiliki peluang yang bagus, menjanjikan dan memiliki potensi keuntungan yang besar.

Namun demikian, untuk memulai usaha ini sebaiknya diadakan analisa peluang usaha secara lebih detail dan aktual untuk mengetahui dukungan dari kondisi lingkungan yang akan dignakan. Itu saja, salam sukses!

Butuh Modal Besar, Usaha Budidaya Sapi Harus di Analisa Lebih Dulu agar Tidak Bangkrut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko