Monday, December 5, 2016

Peluang Usaha Waralaba (Francise) Menguntungkan

Bisnis atau usaha dengan sistem waralaba sudah dikenal banyak orang. Namun begitu tidak semua orang bisa mengikuti atau menjalankan bisnis ini. Pertama karena usaha ini juga membutuhkan modal dan kedua juga harus jelas strategi yang akan digunakan.


Sebelum lebih jauh membahas mengenai sistem bisnis seperti ini lebih baik kita coba analisa lebih jauh bagaimana prospek dari waralaba. Paling tidak, sebelum terjun langsung dalam bisnis ini kita tahu apa saja yang harus dipelajari lebih jauh.

Pesatnya perkembangan bisnis dan usaha membuat setiap harinya banyak jenis usaha dan bisnis baru yang terus tumbuh dan berkembang. Perkembangan pesat dunia usaha tersebut mengakibatkan persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan produk usaha yang dihasilkan.

Sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan usaha di tengah kondisi persaingan yang sangat ketat kini timbul banyak usaha atau bisnis yang dengan sengaja menggandeng pihak lain untuk bekerjasama. 

Bentuk kerjasama tersebut sering kita dengar dengan istilah waralaba atau francise. Usaha waralaba atau bisnis francise ini yang akan kita bahas kali ini dari sisi peluang dan prospek yang ada jika dijalankan.

Dalam pembahasan ini kita akan mengupas tuntas mulai dari maksud dari usaha waralaba, bagaimana cara menjalankannya, apa contohnya dan juga bagaimana prospek yang dimiliki oleh jenis usaha bisnis tersebut. 

Dengan begitu kita bisa menyimpulkan sendiri bagaimana gambaran peluang yang dimiliki jika kita menjalankan waralaba atau francise tersebut. Sebelum terlalu jauh membahas mengenai hal ini mari kita lihat juga beberapa informasi berikut!

1) Berhenti jadi pegawai dan memulai usaha
2) Peluang usaha waralaba yang menguntungkan
3) Bisnis waralaba makanan
4) Peluang usaha waralaba modal kecil
5) Peluang usaha waralaba alfamart
6) Peluang usaha waralaba murah
7) Peluang usaha waralaba es sari tebu
8) Peluang usaha waralaba makanan
9) Peluang usaha waralaba indomaret

Di dunia usaha dan bisnis istilah “waralaba” ini sudah sangat terkenal dan banyak di kenal. Dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mendapatkan banyak contoh usaha waralaba di sekitar kita. Contoh usaha waralaba yang banyak ditemui di sekitar kita misalnya waralaba minimarket baik itu indomart atau alfamart yang banyak kita lihat. 

A. Pengertian Istilah Usaha Waralaba

Untuk mengetahui bagaimana peluang usaha ini tentu saja pertama-tama kita harus mengerti terlebih dahulu maksud dari istilah waralaba ini. Maka dari itu akan kita awali pembahasan ini dengan memehami bagaimana definisi waralaba atau pengertian waralaba francise tersebut.

Sebenarnya dari contoh yang disebutkan di atas kita tentu bisa mendapatkan gambaran apa maksud dari waralaba namun begitu agar lebih jelas mari kita lihat beberapa pengertian waralaba di bawah ini.

Waralaba yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan

atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. (Sumber: Wikipedia)

Dari petikan di atas dapat kita simpulkan dengan bahasa yang lebih sederhana bahwa waralaba adalah sebuah sistem usaha dimana pihak pertama memberikan wewenang dalam menjual barang atau jasa atas nama merek usaha yang dimiliki dengan sistem perjanjian kerja sama yang mengikat dalam jangka waktu tertentu.

Dalam sistem ini maka kita bisa bekerja sama dengan pemiliki barang dan jasa yang sudah terkenal untuk menjual barang dan jasa tersebut kepada konsumen atas nama pemilik aslinya dengan berbagai ketentuan dan kesepatakan. Hal ini juga di dukung dengan pernyataan seperti di kutip dari lama probisnis berikut!

Pengertian bisnis waralaba atau franchise adalah kerjasama bisnis antara pemilik usaha dengan pelaku usaha dengan membagi hasil usaha berdasar perjanjian yang mereka sepakati. Istilah lain dari waralaba adalah franchise. Franchise adalah nama internasional untuk bisnis waralaba.

Secara istilah wara artinya lebih, sedangkan laba artinya untung. Jadi pengertiannya mengacu pada keuntungan yang lebih.

Bisnis waralaba atau franchise menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda yang mengingkan bisnis yang instan. Dalam waralaba Anda akan bekerjasama dengan pemilik bisnis waralaba tersebut, jadi intinya Anda menjalankan bisnis si pemilik waralaba tersebut dengan kesepakatan tertentu. (Sumber: Probisnis)

Jadi secara sederhana, waralaba merupakan sebuah sistem kerja sama dimana kita akan berperan menjual produk dan atau jasa tertentu atas nama pemilik sesuai dengan ketentuan dan kesepatakan yang ada. Dari sini jelas sekali bahwa kita bisa menjalankan sebuah usaha tanpa harus susah-susah merintisnya dari awal.

Bisa dikatakan sistem waralaba ini mirip atau hampir sama dengan ketika suatu perusahaan besar membuka cabang di daerah lain dimana cabang usaha tersebut tanggung jawabnya diserahkan kepada rekan atau mitra waralaba.

B. Gambaran Peluang Usaha Waralaba

Mengingat semakin tingginya tingkat persaingan dalam dunia usaha maka sistem waralaba ini bisa menjadi salah satu alternatif dan peluang bagi kita yang ingin mendapatkan penghasilan dari sebuah usaha.

Jika dilihat dari banyaknya jenis waralaba yang sekarang ada maka peluang usaha waralaba sendiri cukup bagus karena kita akan lebih mudah mencari jenis waralaba yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kita dan kondisi yang ada di lapangan.

Selain itu, sistem waralaba ini juga dapat dikatakan tidak ribet dan terlalu sulit mengingat kita tinggal bergabung dengan perusahaan atau usaha lain yang membuka sistem ini yang sebelumnya telah memiliki brand atau nama terkenal di masyarakat.

Jadi jika kita bergabung dengan usaha waralaba kita tidak akan terlalu sulit memperkenalkan produk atau jasa yang akan dijual karena umumnya masyarakat sudah banyak yang tahu.

Sebagai salah satu contoh yaitu waralaba alfamart. Jika kita ingin bergabung dengan waralaba alfamart tersebut maka kita tidak perlu terlalu repot mempromosikan alfamart tersebut karena alfamart sendiri sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat. 

Kalau dilihat dari tingkat kebutuhan konsumen yang semakin tinggi dan semakin cepat dan memerlukan kemudahan dan kenyamanan lebih maka sistem waralaba ini memang menjadi salah satu sistem yang cukup menjanjikan sebagai perpanjangan tangan dari sebuah usaha tertentu.

Maka dari itu peluang usaha atau prospek bisnis yang dimiliki oleh usaha waralaba juga tidak bisa dianggap remeh. 

Meski demikian jika kita hendak bergabung atau memilih usaha waralaba maka sebaiknya tentu kita harus mempelajari lebih jauh mengenai bagaimana keadaan tempat, lokasi dan konsumen yang ada di wilayah yang akan kita bidik.

Setidaknya kita harus melakukan analisa keadaan pasar terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana tingkat kebutuhan konsumen, persaingan, sarana prasarana dan lain sebagainya. 

Demikianlah beberapa hal sebagai gambaran bagaimana prospek bisnis bidang waralaba yang cukup menjanjikan dan dapat menguntungkan jika dijalankan dengan baik. Semoga pembahasan kita kali ini bisa menjadi bahan referensi, inspirasi dan motivasi dalam mencari ide-ide usaha yang memiliki potensi bagus dan menjanjikan. Itu saja, salam sukses!

Peluang Usaha Waralaba (Francise) Menguntungkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko