Friday, December 2, 2016

Kepuasan Konsumen sebagai Kunci Sukses Usaha

Sukses dalam usaha itu bisa dikatakan sebuah pintu dengan seribu kunci pembuka. Kesuksesan dalam menjalankan usaha bisa diraih dengan banyak faktor penentu, salah satunya dari sisi pemasaran. Berkaitan dengan pemasaran adalah kepuasan konsumen.


Coba pertanyaan sederhana ini, jika tidak bisa membuat konsumen kita puas apakah mungkin kita bisa mendapat banyak konsumen? Ya begitulah sedikit gambaran kaitan antara kepuasan pelanggan atau konsumen dengan kelangsungan hidup usaha yang dijalankan.

Salah satu tantangan dunia usaha dan bisnis adalah memberikan kepuasan terhadap seluruh konsumen atau pembeli. Kenapa kita repot-repot mengusahakan hal tersebut tentu kita sudah tahu bahwa hal itu berkaitan dengan skala kesuksesan yang bisa kita dapat.

Coba tanya kepada diri kita sendiri, “apakah usaha kita akan maju jika kita tidak dapat memenuhi kepuasan konsumen terhadap apa yang kita tawarkan?

Apakah jika konsumen tidak merasa senang dengan produk kita mereka akan membeli lagi dari kita? Demikianlah gambaran betapa pentingnya kepuasan konsumen atau pelanggan terhadap bagaimana usaha kita akan berkembang.

Semakin senang mereka maka akan semakin bagus bagi usaha kita, demikian pun sebaliknya. Maka dari itu sebagai pelaku usaha kita juga harus tahu betapa pentingnya usaha kita untuk menciptakan pengalaman tersebut pada setiap orang yang menjadi konsumen kita. 

Tentu saja, dengan begitu kita memang perlu untuk mengusahakan yang terbaik untuk pembeli agar mereka senang, puas dan akan terus menjadi pelanggan setia kita. Dalam hal kepuasan tersebut ada dua hal yang perlu kita pertimbangkan yaitu kepuasan dari segi produk yang kita tawarkan dan kepuasan dari segi pelayanan yang diberikan. 

1) Kepuasan konsumen terhadap produk
Kepuasan dari sisi produk ini adalah pengalaman menyenangkan yang di dapat dari produk yang konsumen dapatkan dari kita. Kepuasan ini dapat berupa kualitas produk yang bagus, kemasan produk yang menarik, harga produk yang murah dan lain sebagainya.

Kepuasan ini dapat dirasakan langsung oleh konsumen ketika menggunakan produk yang dibeli dari kita.  Agar dapat memberikan yang terbaik demi kepuasan pelanggan tersebut maka kita harus memperhatikan beberapa detail produk yang kita tawarkan.

Detail tersebut mulai dari kualitas, kemasan atau bungkus, harga dan lain sebagainya. Dengan memberikan produk yang terbaik maka kita akan memberikan apa yang mereka butuhkan dan mereka inginkan. Dengan begitu pelanggan akan merasa senang dan tidak akan sungkan untuk kembali menggunakan produk kita.

2) Kepuasan konsumen terhadap layanan
Layanan juga bisa mendukung pengalaman menyenangkan yang di dapatkan konsumen. Pelayanan ini termasuk pelayanan saat melakukan pembelian, melakukan pemesanan, bertanya informasi maupun layanan purna jual sesudah konsumen membeli produk dari kita.

Dapat dikatakan bahwa pelayanan termasuk produk yang tidak terlihat yang kita tawarkan kepada pelanggan. Dengan pelayanan yang prima dan memuaskan maka kita dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan hal itu pada akhirnya juga akan meningkatkan posisi kita di mata pelanggan.

Dari semua lini yang berkaitan dengan pelayanan ini kita harus memberikan yang terbaik misalnya menempatkan pelayanan atau penjaga toko yang professional, ramah, sabar dan sebagainya. 

Kepuasan konsumen ini bisa menjadi ukuran seberapa besar kesuksesan yang kita raih. Semakin besar kepuasan maka akan semakin besar tingkat kesuksesan kita. Semakin banyak dan luas kepuasan yang bisa kita berikan maka akan semakin besar pula usaha kita.

Semakin banyak orang yang suka dan puas dengan produk kita maka akan semakin besar peluang penjualan yang akan di dapat. Sedikit saja mengenai pentingnya kepuasan konsumen terhadap kesuksesan usaha.

Mudah-mudahan dapat menjadi bahan pengingat, ide, motivasi dan referensi kita dalam menjalankan usaha kita dengan baik. Tetap berikan yang terbaik kepada pelanggan dan kita akan mendapatkan balasan atas kerja keras tersebut. Semoga usaha kita semakin maju, salam sukses usaha!

Kepuasan Konsumen sebagai Kunci Sukses Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko