Monday, October 31, 2016

Contoh Ide Usaha Unik yang Menjadikan Kaya Raya

Yang bisa membuat gebrakan dalam sebuah usaha biasanya adalah ide atau gagasan-nya. Kalau ide usahanya unik dan memberikan nilai manfaat yang tinggi maka lebih mudah disambut konsumen. Tapi tidak mudah untuk mendapatkan ide yang cetar membahana.


Baca: Ide Usaha Untung Besar Melimpah
Kadang ide ini seolah terbungkus dan terpendam sangat dalam di dasar samudra pikiran. Perlu usaha dan kerja keras untuk menggali dan menjadikannya sebagai dasar pijakan. Sebenarnya, ada tidak sih ide yang bisa cepat membuat usaha sukses?

Ada banyak ide usaha kreatif yang bisa dijalankan oleh pelaku usaha. Aneka ide usaha tersebut sangat bervariasi tergantung pada minat dan kemampuan pelaku usaha yang menjalankannya. 

Zaman sekarang ini misalnya, banyak sekali usaha atau bisnis kreatif yang mampu menembus pangsa pasar yang begitu luas. Bukan hanya pasar lokal, banyak usaha kreatif yang bahkan mampu menembus pasar manca negara.

Jika kita lihat, ide usaha unik sebagai hasil dari kreativitas dan inovasi memang kebanyakan mampu menyita perhatian dan minat banyak pembeli. Lalu cara untuk mendapatkan gagasan seperti itu kira-kira bagaimana ya?

Di bidang usaha apapun dengan jenis apapun ide-ide usaha kreatif tersebut kebanyakan bisa memiliki tempat tersendiri di masyarakat luas. Apalagi ide-ide usaha yang masih benar-benar baru dan tidak dikerjakan oleh banyak orang.

Seperti di kutip dari laman peluangusahamodalkecilkeuntunganbesar.blogspot.com, beberapa ide usaha unik bahkan mampu membuat beberapa pelaku usaha menjadi kaya raya dengan pencapaian penghasilan yang cukup menjanjikan. Beberapa contoh ide usaha unik yang pernah ada dan menjadikan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Kacamata Anjing, Doggles
Ide pertama merupakan salah satu contoh ide usaha kreatif dengan kerangka berfikir out of the box. Bisa dilihat, kaca mata anjing merupakan benda atau produk yang bahkan tidak banyak terlintas di benak pelaku usaha. 

Nyatanya, usaha yang bergerak di bidang produk tersebut mampu memberikan penghasilan yang cukup berlimpah. Adalah Roni Di Lullo yang pertama kali memperoleh ide tersebut pada tahun 1997. 

Ketika itu, dia berada di taman anjing lokal ditemani Border Collie, MidKnight, yang sensitif terhadap cahaya dan mengalami kesulitan menangkap frisbee. "Saya punya kacamata, kenapa dia tidak punya juga di matanya," katanya.

Di Lullo pun mencoba membuat sepasang kacamata hitam untuk anjingnya tersebut. Diawali dengan kacamata bertali, Di Lullo akhirnya merogoh tabungan untuk merancang model yang berbeda yang disesuaikan dengan wajah anjing. Di sinilah, muncul produk bermerek Doggles.

Perusahaan yang didirikan oleh Di Lullo itu, MidKnight Creations, saat ini telah membuka cabang untuk memproduksi juga ransel, jaket pelampung, dan mainan kucing. Perusahaan ini meraup penjualan rata-rata US$3 juta per tahun (Rp27 miliar). Sungguh nilai pendapatan yang fantastis bukan?

2. Alarm Berjalan, Clocky
Ide usaha selanjutnya yang datang atas kreativitas seseorang adalah alarm berjalan, clocky. Bisa dilihat dari namanya, produk usaha ini adalah sebuah produk jam alarm yang bisa bergerak. Ide ini datang pada sang kreator yang suka tidur dan sudah biasa mematikan tombol alarm konvensional

Terlihat seolah jam alarm berjalan ini akan menjadi solusi bagi yang susah bangun dengan menggunakan alarm biasa.

Hasil karya tersebut sekarang dijual oleh ribuan pengecer di lebih dari 45 negara dan menghasilkan hampir US$10 juta (Rp90 miliar) dalam penjualan sejak awal. Hal ini juga melahirkan Tocky, yaitu Clocky versi tanpa roda yang menggelinding di meja membuat momentum sendiri.

3. Gigi Palsu Billy Bob
Tidak berbeda dengan kedua ide usaha diatas, Gigi Palsu Billy Bob juga menempati posisi yang sangat bagus sebagai hasil dari ide jenius seseorang. 

Ide usaha tersebut juga menggambarkan potensi yang begitu besar dibalik kreativitas dan ketekunan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang berguna. Omzet bisnis dari ide tersebut mencapai US$50 juta (Rp450 miliar) sejak Gigi Billy Bob diciptakan.

4. Garpu sekaligus Pisau, Knork
Ide produk Garpu sekaligus Pisau, Knork juga memiliki hasil yang tak kalah dengan lainnya. Produk yang satu ini juga masuk dalam jajaran ide bisnis unik dengan penghasilan menjanjikan yaitu US$2 juta (Rp18 miliar) dalam penjualan pada 2011. 

5. Kartu ucapan bola, SENDaBALL
Ide-ide di atas juga tidak berbeda dengan ide untuk kartu ucapan bola, SENDaBALL yang akhirnya mampu mengantongi penjualan hingga US$1 juta (Rp9 miliar).

Berbagai "ide nyeleneh" untuk usaha yang di atas benar-benar bisa membuka mata kita lebar-lebar tentang pentingnya kreativitas dan inovasi dalam menciptakan dan menemukan berbagai produk menarik dan dibutuhkan serta disukai masyarakat banyak sebagai modal mendirikan sebuah usaha. 

Dengan melihat beberapa contoh ide usaha yang unik tersebut kita bisa belajar dan mendapatkan banyak inspirasi bagaimana cara mencari ide bisnis yang bagus. Mudah-mudahan kita yang membaca bisa memiliki gagasan yang hebat seperti mereka.

Contoh Ide Usaha Unik yang Menjadikan Kaya Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko