Monday, September 12, 2016

Cara Memulai Bisnis Online, Tahap demi Tahap

Tahap Cara Memulai Bisnis Online untung Besar - Bagi anda yang memiliki ide untuk mulai bisnis online dan sudah siap untuk mewujudkannya maka artinya anda sudah siap untuk memulai berbagai tahapan yang diperlukan. Tahapan pendirian bisnis tersebut tentunya harus dipersiapkan, direncanakan dan dilaksanakan dengan sempurna agar dapat memberikan hasil maksimal sesuai harapan.

Dalam bisnis online sendiri tahapan cara untuk mendirikan atau memulainya akan beragam dan mungkin berbeda antara jenis bisnis yang satu dengan bisnis lainnya. Misalnya, ketika anda memutuskan untuk memulai jual beli secara online maka akan berbeda dengan ketika anda memutuskan untuk berbisnis dibidang periklanan.

Ketika anda memutuskan untuk memulainya maka sudah pasti anda telah memiliki ide untuk bisnis yang nantinya dijalankan. Nah, artikel ini akan memberikan gambaran bagaimana anda dapat mewujudkan ide tersebut menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan. Gambaran tidak akan dibuat menyeluruh dalam arti hanya akan kita bahas satu jenis bisnis saja sebagai bahan perbandingan.

Pada dasarnya, untuk mewujudkan ide bisnis yang anda miliki, ada dua tahap utama yang harus dilakukan. Pertama yaitu tahap persiapan dan kedua adalah tahap pelaksanaan. Pada tahap persiapan anda harus menyiapkan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis yang diinginkan.

Selanjutnya, pada tahap pelaksanaan anda akan melakukan berbagai upaya untuk membawa ide-ide yang dimiliki menjadi sebuah bisnis yang siap bersaing dan siap memberikan keuntungan finansial untuk anda. Anda dapat membuat bisnis online shop baju atau lainnya. Satu persatu dari tahap tersebut akan dibahas dengan jelas di bawah ini.

A. Tahap persiapan bisnis online

Lalu sebenarnya bagaimana sebenarnya tahapan yang harus dilakukan jika kita ingin memiliki bisnis di dunia maya? Tentu saja, pertama anda harus melakukan persiapan matang. Persiapan tersebut terdiri dari beberapa persiapan dasar dan juga persiapan lanjutan. Persiapan dasar yang dimaksud disini adalah persiapan untuk mendapatkan bekal informasi dan pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan.

Persiapan lanjutan merupakan persiapan yang sudah secara khusus mengacu pada jenis bisnis yang akan dijalankan. Sebagai contoh mempelajari bagaimana memulai bisnis online pada tahap penentuan pasar dan juga pembuatan rencana bisnis.

Supaya bisnis yang dibangun memiliki pondasi yang kuat maka hendaknya tahap persiapan ini dapat dilakukan dengan matang dan tanpa cacat. Karena persiapan ini merupakan dasar anda membangun bisnis tersebut. Selanjutnya penjelasan mengenai berbagai tahap persiapan tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

1) Mempelajari sistem
Jika anda adalah pelaku bisnis yang masih baru dan belum pernah memiliki bisnis online sebelumnya maka sangat penting untuk mempelajari terlebih dahulu bagaimana sistem kerja dalam bisnis online. Karena itu dalam tahap ini sebaiknya anda menggali lebih banyak informasi mengenai bisnis yang akan didirikan.

Sederhananya, anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara kerja bisnis online yang akan anda jalankan. Misalnya jual beli maka bagaimana proses jual belinya, pembayarannya, pengiriman barangnya dan lain sebagainya. Dalam tahap ini anda juga dapat membekali diri anda dengan berbagai tips memulai bisnis online yang sudah banyak dibahas.

Perlu diingat, sebuah bisnis yang didirikan tanpa memiliki modal pengetahuan yang cukup akan membuat bisnis itu memiliki resiko yang cukup tinggi. Maka dari itu tahap ini sangat penting untuk dipertimbangkan dan dilakukan dengan baik.

2) Melakukan riset pasar
Tahap persiapan berikutnya adalah melakukan analisa pasar (riset). Analisa pasar ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kecenderungan yang ada di pasar. Sebut saja misalnya untuk memberikan gambaran tentang jenis produk yang sedang banyak dibutuhkan, jenis produk yang permintaannya banyak, siapa yang sering belanja online, dimana mereka biasa belanja dan seterusnya.

Riset atau analisa pasar ini sangat penting untuk dilakukan agar anda dapat membaca situasi yang ada termasuk di dalamnya untuk mengetahui tingkat persaingan, hambatan dan kendala atau mungkin untuk mengetahui proyeksi kebutuhan masyarakat. 

Dari analisa tersebut nantinya dapat ditentukan produk apa yang akan dijual – jika anda ingin bergerak dibidang jual beli – atau jenis bisnis apa yang prospeknya bagus jika anda ingin bergerak dibidang lain.

3) Membuat perencanaan
Selanjutnya anda dapat menuju tahap perencanaan. Dalam tahap ini berarti anda sudah memiliki satu paket ide bisnis yang siap untuk dijabarkan lebih lanjut. Artinya jenis bisnisnya sudah ditentukan dan tinggal membuat rencana kerjanya.

Perencanaan disusun untuk memberikan panduan tentang berbagai hal yang akan dilakukan. Maka dari itu sebaiknya rencana disusun secara menyeluruh meliputi semua aspek bisnis. Di dalamnya juga harus memuat perencanaan permodalan, produksi atau produk, pengiriman, pemasaran atau promosi dan lain sebagainya.

Perencanaan dibuat dengan juga mempertimbangkan faktor resiko yang mungkin akan dihadapi termasuk didalamnya juga terdapat manajemen penanganan masalah atau hambatan bisnis yang mungkin akan segera menghadang. Bagi pemula, perencanaan ini dapat dibuat sesederhana mungkin dalam sebuah konsep ringkas yang menjadi pedoman umum.

Masing-masing jenis bisnis penyusunan rencananya tentu akan berbeda, dan masing-masing orang pun tentu akan membuat perencanaan yang sesuai dengan apa yang ia inginkan. Nah, untuk memberikan gambaran lebih jelas berikut contoh sederhananya.

Ketika anda ingin membuat bisnis online jual pakaian, maka bisa direncanakan hal-hal berikut:
  1. Rencanakan jenis pakaian apa saja yang akan dijual
  2. Rencanakan bagaimana cara mendapatkan produk pakaian yang akan dijual
  3. Rencanakan juga sistem promosinya, apakah menggunakan sosial media, situs belanja dan lain-lain.
  4. Rencanakan juga bagaimana sistem pemesanan, pembayaran dan pengiriman barang
  5. Rencanakan juga sistem penanganan keluhan konsumennya bagaimana
  6. Rencanakan juga tahap pengembangan lanjutan yang akan dilakukan

Itu tadi hanya sebagai gambaran sederhana bagaimana anda dapat menyusun rencana bisnis yang akan segera anda jalankan. Ingat, menggunakan rencana yang matang saja tidak bisa menjamin sebuah bisnis akan sukses apalagi jika bisnis tidak menggunakan rencana sama sekali.

Selanjutnya, setelah selesai dengan tahap awal perencanaan maka anda dapat melangkah ke tahap berikutnya untuk membawa ide dan gagasan anda menjadi sesuatu yang real nyata. Untuk itu anda bisa mulai melakukan tahap pelaksanaan bisnis. Caranya bagaimana, perhatikan penjelasan berikut!

B. Tahap pelaksanaan bisnis

Dalam tahap pelaksanaan maka dapat dikatakan anda sudah mulai menjalankan bisnis anda. Mulai dari tahap ini anda sudah dapat menerapkan sistem jam kerja agar kegiatan anda dapat terukur dan teratur. Lalu untuk memulai hal ini apa saja yang perlu dilakukan, setidaknya ada empat tahap yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut:

1) Menyiapkan produk
Semua seharusnya sudah jelas, apa yang akan dilakukan seharusnya sudah tertuang dalam rencana bisnis. Maka dari itu anda bisa mulai melaksanakan rencana tersebut dengan menyiapkan produk barang atau jasa yang akan anda pasarkan. Dalam hal ini saya menganggap anda ingin membuat bisnis jual beli, makanya anda dapat memulainya dengan produk.

Persiapan dapat dilakukan dengan menyiapkan sampel atau contoh barang yang akan dijual, menyiapkan gambar atau foto produk tersebut, menyiapkan daftar harga dan lain sebagainya. Pertama kita siapkan terlebih dahulu semua detail mengenai produk atau barang yang akan kita pasarkan.

2) Membuat situs jual beli
Selanjutnya, ketika produk telah siap dipasarkan maka anda sebaiknya mulai membuat situs jual beli. Situs ini nantinya akan digunakan untuk pengganti toko sebagai tempat interaksi anda dengan calon pembeli. Toko ini akan digunakan untuk memajang berbagai produk yang dimiliki, lengkap dengan harga dan nama produk masing-masing.

Khusus untuk bisnis jual beli maka adanya situs online shop ini sangatlah penting karena ini adalah media tempat transaksi jual beli akan dilakukan. Untuk membuatnya anda dapat membuat sendiri atau bisa juga memesan kepada pihak lain yang menyediakan.

Ketika situs sudah dibuat maka selanjutnya anda perlu memasukkan semua barang yang akan anda jual. Atau anda bisa mulai memberikan detail barang yang akan dijual termasuk cara pemesanan, pembayaran dan lain sebagainya. Jika belum ada gambaran seperti apa situs jual beli online maka anda dapat belajar dari situs – situs besar.

3) Melakukan promosi
Langkah selanjutnya yaitu melakukan promosi. Promosi untuk bisnis ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Bahkan anda dapat promosi dengan menggunakan media selain internet misalnya radio dan televisi atau juga surat kabar dan majalah. Selain itu anda bisa menggunakan media sosial, media periklanan antar situs, youtube dan lain sebagainya.

Pada tahap awal bisnis baru dibangun maka energi akan banyak dicurahkan untuk tahap promosi ini. Jadi, dapat dikatakan anda harus mempromosikan usaha atau bisnis anda terus menerus dengan berbagai cara untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen.

Baru setelah anda mendapatkan pembeli pertama, anda akan mulai melakukan berbagai proses lain misalnya dari menyiapkan metode pembayaran, menyiapkan barang yang dipesan, melakukan pengiriman dan seterusnya.

4) Mengelola online shop
Setelah bisnis tersebut berjalan, anda sudah mulai rutin mendapatkan pembeli, maka yang perlu dilakukan adalah mengelola bisnis tersebut dengan sebaik-baiknya. Caranya, tetap melakukan sistem promosi yang berkesinambungan dan tertarget, memelihara kualitas baik produk maupun pelayanan, dan terus melakukan perluasan pasar.

Sampai pada titik ini berarti anda telah selesai mendirikan sebuah bisnis online. Selanjutnya sukses atau tidak bisnis tersebut akan sangat tergantung bagaimana anda mengelolanya. Demikianlah, sedikit gambaran mengenai cara bagaimana memulai bisnis online khususnya untuk para pemula yang belum pernah sama sekali terjun di bidang bisnis online.

Perlu diingat, selain jual beli ada banyak jenis bisnis lain yang bisa dicoba dan caranya sudah tentu sedikit berbeda dengan yang telah dijelaskan di atas. Jika anda ingin tahu juga silahkan baca beberapa artikel lainnya dibagian akhir pembahasan ini. Itu saja, salam sukses!

Cara Memulai Bisnis Online, Tahap demi Tahap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko