Thursday, August 11, 2016

Tips Menjalankan Bisnis Sayur Mayur Sukses

Sayur mayur dijadikan sebuah bisnis karena memang merupakan kebutuhan pokok. Setiap hari masyarakat membutuhkan sayuran untuk diolah. Sayuran posisinya hampir sama dengan beras meski harganya lebih murah. Bisnis ini sendiri cukup bisa memberikan keuntungan dan pendapatan yang menarik.

Bisnis dengan produk sayuran ini ada banyak jenisnya. Anda bisa terjun di bisnis ini dengan menjadi petani, supplier sayur mayur, atau bahkan mendirikan bisnis kecil warung sayur. Jadi anda bisa membuka usaha sayuran atau bisnis sayuran tersebut sesuai bidang keahlian anda masing-masing.

Untuk memulai bisnis ini sendiri tidaklah sulit, tinggal anda pilih saja jenis bisnisnya apa. Misalnya jika anda ingin bergerak dibidang pertanian maka tinggal budidaya sayuran, kalau jual beli ya tinggal membeli sayuran dan dijual lagi. secara umum cara menjalankan bisnis ini tidak begitu rumit seperti bisnis lain, hanya memang perlu kesabaran, dan juga ketekunan.

Sukses dalam bisnis ini tidak gampang, anda harus menekuni bisnis sayuran tersebut jika ingin mencapai kesuksesan yang diharapkan. Meski tidak gampang namun tidak ada yang tidak mungkin, dengan dasar kebutuhan yang tinggi bisnis sayuran segar bisa menjadi jalan sukses anda, siapa yang tahu.

Tentu, untuk dapat sukses di bidang ini anda harus banyak belajar. Salah satunya misalnya dengan banyak belajar berbagai tips usaha sayur mayur dari berbagai sumber. Berbagai tips jual sayur mayur tersebut dapat memberikan pelajaran berharga dari berbagai pengalaman orang lain. Semakin banyak pengalaman diharapkan anda semakin piawai dalam menjalankan bisnis tersebut.

Tidak perlu malu bertanya, tidak perlu takut salah atau merasa kurang, dengan terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki anda dapat menjadi orang sukses selanjutnya. Lalu, apa saja tips dalam menjalankan usaha sayuran tersebut agar bisa sukses? Ada banyak tips, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut!

1) Perhatikan kualitas sayur mayur
Jika anda ingin sukses dalam bisnis ini jadikanlah kualitas sebagai dasar bisnis yang anda jalankan. Ingat, sayuran tidak dapat bertahan lama, maka dari itu kualitas harus benar-benar diutamakan. Kualitas ini adalah kualitas secara keseluruhan, bukan hanya tampilan sayurannya tetapi kualitas sayuran itu sendiri.

Maka dari itu pastikan anda menjual sayur mayur yang segar dan sehat. Ingat, saat ini kebutuhan sayur bukan hanya yang segar tetapi yang sehat juga. 

Anda tahu bukan kalau penggunaan pupuk kimia dan penanganan hama dengan bahan kimia bisa menyebabkan sayuran terpapar bahan tersebut? Nah, maka dari itu akan lebih baik jika anda dapat menyediakan sayuran yang berkualitas, sehat dan juga segar.

2) Perhatikan media penyimpanan
Media penyimpanan akan berpengaruh terhadap kesegaran sayuran. Maka dari itu perhatikan benar bagaimana anda menyimpan sayuran yang akan anda jual. Jangan sembarangan menyimpan sayuran karena bisa mengakibatkan sayuran layu atau bahkan busuk atau rusak. 

Dalam hal ini anda dapat memanfaatkan media penyimpanan modern atau cara lain yang menurut anda efektif dalam menjaga kesegaran produk yang anda jual.

3) Promosikan dengan baik
Bisnis tidak akan bisa maju dan berkembang tanpa promosi yang baik. Sebagai seorang pelaku bisnis, meski hanya sayur mayur, anda harus memiliki strategi promosi dan pemasaran yang benar-benar jitu. Anda harus secara berkala melakukan promosi, sistem promosi yang anda gunakan juga harus benar-benar efektif dan tertarget.

4) Buat harga bersaing
Harga dapat dijadikan salah satu pemikat konsumen, dengan membuat produk anda harganya bersaing maka anda sudah menjalankan bisnis dengan lebih menarik. Harga walau bagaimanapun merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Semakin rendah harga maka akan semakin banyak masyarakat yang mungkin berminat. Jadi, akan lebih baik jika anda menetapkan keuntungan yang lebih kecil tetapi bisa lancar.

5) Tingkatkan pelayanan
Kalau produk adalah rajanya maka pelayanan adalah ratunya, jadi jangan anggap remeh pelayanan. Se-bisa mungkin, se-optimal mungkin anda harus bisa memastikan bahwa setiap pelanggan yang datang mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Jangan sampai ada pelanggan atau pembeli yang kecewa, meski satu orang sekalipun.

Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai tips di atas mudah-mudahan anda dapat menjalankan bisnis sayur mayur dengan sukses. Ingat, kiat atau tips di atas tentu saja bukan jaminan kesuksesan anda. 

Tips diatas hanya sebatas referensi dan pertimbangan untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang lebih baik. Selalu semangat, jangan mudah menyerah, semoga apa yang diinginkan dapat terwujud, salam!

Tips Menjalankan Bisnis Sayur Mayur Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko