Saturday, August 13, 2016

Tips Bisnis Sukses Toko Bunga, Mencontoh Penjual Bunga Omzet 50 Juta

Toko bunga atau florist merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis ini dapat memberikan angka pendapatan yang cukup tinggi, bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah. Tentu saja, omzet sebesar itu tidak di dapat dari toko bunga biasa tetapi toko bunga dengan berbagai produk yang bernilai termasuk karangan bunga.

Untuk mencapai kondisi bisnis seperti di atas tentu saja perlu strategi sukses yang jelas dalam menjalankan bisnis tersebut. Bisnis tentu tidak akan dapat maksimal jika hanya dijalankan secara serampangan atau asal – asalan. 

Maka dari itu sebelum memulai bisnis bunga tersebut ada baiknya anda membekali diri dengan berbagai informasi dan kemampuan yang dibutuhkan. Semua butuh proses dan semua butuh pengorbanan.

Apakah anda tidak ingin menjadi pengusaha dengan penghasilan puluhan juta? Salah satu pelaku usaha sudah membuktikan bahwa prospek bisnis ini cukup bagus. Lihat saja, seperti dikutip dari laman bisnisukm, Maya Indraswari (40) telah membuktikan dan sukses menjalankan bisnis toko bunga. 

Beliau pada awalnya memulai bisnis dengan modal kecil, yaitu sebesar 1 juta rupiah saja. Namun, kini omzet penjualan bisnis toko bunga milik Maya tersebut telah mencapai angka 50 juta rupiah per bulan, mengagumkan bukan?

Jika dilihat dari bagaimana cerita bisnis sukses tersebut jelas dapat dilihat bahwa bisnis toko bunga memang menjadi salah satu bisnis yang baik untuk dipertimbangkan. Tentu saja, mungkin tidak semua orang akan mengalami seperti Maya tetapi paling tidak anda bisa belajar dari apa yang sudah dilalui tersebut.

Dalam menjalankan bisnis florist ini tentu ada kiat atau tips yang dapat diterapkan. Nah, tips atau kiat sukses tersebut dapat anda jadikan bahan belajar dan pertimbangan sebelum menjalankan bisnis baru tersebut. Apa saja tips dalam menjalankan bisnis ini agar sukses, berikut penjelasan selengkapnya.

1) Mulai dari orang terdekat
Cara berbisnis bunga seperti ini yang dapat dilakukan untuk memulainya adalah dengan memanfaatkan jaringan relasi, keluarga, kerabat dan juga para kenalan dan sahabat anda. 

Bisnis ini bisa dimulai dengan mempromosikannya kepada orang – orang terdekat yang anda miliki. Karena bagaimana pun hubungan tersebut biasanya akan memberikan kekuatan tersendiri kepada sebuah bisnis yang baru berdiri.

Anda dapat meletakkan dasar pemasaran dan penjualan kepada orang-orang terdekat. Jadi semakin banyak relasi atau kenalan anda maka akan semakin baik bagi tahap perkembangan awal. Sederhananya, orang-orang terdekat biasanya akan memberikan kesempatan kepada anda untuk membuktikan eksistensi bisnis yang dijalankan.

Mereka bukan hanya akan membeli karena penjualnya mereka kenal tetapi mereka tentu ingin tahu bagaimana kualitas produk yang anda berikan. Ini adalah peluang dan kesempatan emas bagi anda untuk membuktikan bahwa produk dan bisnis anda layak bahkan bukan hanya untuk mereka tetapi untuk kalangan masyarakat umum lainnya.

2) Perhatikan first impression
Kesan pertama untuk para pembeli yang datang adalah hal penting yang mutlak harus diperhatikan. Pada waktu-waktu mendirikan bisnis, kesan pertama atau first impression akan mempengaruhi jalannya bisnis anda ke depan. 

Maka dari itu, kepada setiap orang yang datang harus dipastikan bahwa mereka terkesan atas apa yang ada pada bisnis yang anda jalankan. Pastikan mereka yang datang merasa puas dengan layanan penjualan yang anda berikan. 

Pastikan mereka mendapatkan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan pastikan pula mereka mendapatkan harga yang pas dengan apa yang diinginkan. Tidak ada kata kecewa yang harus terjadi meski pada satu konsumen sekalipun.

Pada awal pendirian bisnis, misi pertama yang penting adalah membangun duta-duta promosi gratis yang akan mempromosikan bisnis anda dari mulut ke mulut. Dengan memastikan pelanggan mendapatkan apa yang diinginkan maka anda telah membangun media promosi dasar yang peranannya cukup penting.

3) Peka terhadap kebutuhan konsumen
Tingkat kepekaan anda terhadap kebutuhan konsumen akan menunjukkan kepedulian anda kepada mereka. Maka dari itu anda sebagai pelaku bisnis harus peka terhadap semua kebutuhan konsumen tersebut. 

Anda harus tahu, konsumen membutuhkan kualitas yang bagaimana, kemasan yang bagaimana, pelayanan yang bagaimana bahkan harga yang bagaimana. Apapun itu, baik anda menjalankan bisnis bunga hidup atau bisnis bunga online, anda tetap harus jeli mengetahui apa kebutuhan konsumen anda. 

Karena bagaimanapun anda tidak akan dapat memaksa orang membeli dari anda jika mereka tidak ingin atau tidak butuh. Jadi, pada tahap awal mulailah untuk melatih kepekaan tersebut.

4) Berikan kualitas yang maksimal
Jangan lupa, apapun bisnis anda baik itu bisnis papan bunga ucapan, toko bibit bunga atau bahkan toko bunga plastik jangan sampai anda lupakan kualitasnya. Jika anda ingin sukses maka perhatikan benar masalah kualitas. 

Kepada setiap konsumen, siapapun itu hendaknya anda dapat memberikan kualitas yang benar-benar maksimal. Ingat, kualitas tersebut bukan hanya berkaitan dengan kualitas produk tetapi kualitas lainnya seperti misalnya pelayanan, kemudahan dan lain sebagainya. 

Semua yang berkaitan dengan konsumen harus anda berikan secara maksimal. Dengan memberikan yang terbaik maka anda akan mendapatkan yang terbaik. Jika semua aspek usaha anda maksimal maka usaha anda tentu akan dapat berjalan dengan lebih lancar.

Demikianlah sedikit mengenai kiat atau tips dalam menjalankan bisnis bunga ini dengan sukses. Mudah-mudahan dengan sedikit informasi tersebut anda bisa mendapatkan pertimbangan dan bahan inspirasi yang lebih baik lagi. Itu saja, salam hangat dan salam sukses dari kami.

Tips Bisnis Sukses Toko Bunga, Mencontoh Penjual Bunga Omzet 50 Juta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko