Wednesday, August 17, 2016

Peluang Bisnis untuk Salon Mobil dan Cara Menjalankan

Peluang Bisnis untuk Salon Mobil dan Cara Menjalankan - Usaha salon mobil merupakan usaha yang cukup menjanjikan. Itu bisa di lihat dari segi dimana banyaknya orang lebih suka mencuci mobil mereka di salon mobil ketimbang mencucinya sendiri. Alasannya beragam, ada yang memang tidak sempat dan ada juga yang memang malas untuk mencuci mobilnya sendiri. 

Memang untuk saat ini persaingan usaha salon mobil begitu ketat. itu bisa di lihat dari banyaknya salon mobil yang ada saat ini. Kita bisa memulai bisnis ini bila kita mau. Yang pasti yang harus kita persiapkan adalah modal, kemauan, dan tekad. Ada kemauan dan tekat,namun tidak ada modal semua itu tidak bisa berjalan. Sebaliknya ada modal tetapi tidak mempunyai tekad dan kemauan akan sia-sia.

Pastikan dalam membuka suatu bisnis kita sudah mempunyai bayangan atau pun rencana akan di buat seperti apa bisnis kita. Kemajuan bisnis kita tergantung pada kita sendiri seberapa cakap kita mengelola bisnis kita tersebut. Bila kita terampil dan cermat dalam mengelola bisnis kita maka bisnis kita akan cepat berkembang.

Dalam menjalankan sendiri hal yang mendasar dan perlu perhatian serius adalah tempat. Tempat yang kita sediakan harus berukuran besar. Akan hilang kepuasan pelanggan bila setiap mengantri harus parkir di jalan. Tempat juga harus di atur sedemikian rupa sesederhana atau semudah mungkin.

A. Analisa prospek bisnis salon mobil

Bisnis tidak dapat dijalankan dengan serampangan atau asal-asalan. Bisnis sebaiknya didasari dengan informasi dan perhitungan yang matang. Maka dari itu jika ingin menjalankan bisnis ini hendaknya dikaji dan dilihat lebih jauh bagaimana prospek atau peluang bisnisnya. 

Untuk bisnis salon khusus mobil seperti ini bagaimana prospeknya? Tergantung banyak hal, tetapi kita dapat mengetahuinya dari tingkat kebutuhan, persaingan serta kemampuan yang dimiliki pelaku bisnis. Penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut di bawah ini.

1) Gambaran kebutuhan salon
Semakin majunya teknologi dan semakin banyaknya produk mobil baru yang di keluarkan membuat bisnis usaha salon mobil mempunyai gambaran yang  terang. Itu semua dapat di lihat dari pengguna mobil yang ada sekarang. Para pengendara roda 4 ini lebih suka cara yang instan untuk menjaga kebersihan mobil mereka. Faktornya beragam, dari aktivitas sehari-hari, malas, dll.

Terkadang aktivitas atau pun rutinitas sehari-hari membuat mereka lupa untuk memperhatikan penampilan mobil mereka sehingga salon mobillah yang menjadi solusi bagi mereka. Selain rutinitas sebagai indikasi nya malas juga merupakan alasan jasa salon mobil menjadi pilihan.

2) Kondisi persaingan bisnis
Melihat jumlah pengendara mobil yang semakin bertambah dengan pesat mempengaruhi perkembangan jumlah salon mobil pendatang baru. 

Namun menurut saya itu semua bukan kendala asalkan kita bisa menjawab apa yang di butuhkan konsumen. persaingan bukan halangan ,justru adanya persaingan akan membuat kita lebih bersemangat lagi.

3) Ilmu dan perlengkapan
Untuk bersaing secara sehat tentu kita harus membutuhkan ilmu agar cita-cita dapat terwujud. Kita harus pandai memainkan strategi dan berpikir keras untuk mencari titik terang. 

Di dalam persaingan tentu hal yang harus di lakukan adalah mampu menjawab apa yang di inginkan konsumen sampai hal terkecil. Seperti misalnya kualitas cucian, dan ramah tamah terhadap konsumen.

Kualitas cucian
Cucian yang berkualitas akan membuat konsumen puas dan mengurungkan niatnya untuk pergi ke tempat salon mobil yang lain.

Ramah Tamah terhadap konsumen
Sifat ramah tentu menjadi dasar kita dalam mengelola bisnis. Sifat ramah akan membuat kita lebih akrab terhadap konsumen dan konsumen akan lebih nyaman bekerja sama dengan kita.

B. Tantangan dan masalah bisnis

Bisnis atau usaha tidak akan lepas dari yang namanya tantangan dan masalah. Maka dari itu hal tersebut juga sebaiknya dipertimbangkan sebelum mulai menjalankan bisnis baru. 

Setidaknya harus ada informasi dan pengetahuan mengenai berbagai hal yang mungkin akan menjadi tantangan ke depan. Dengan begitu bisa direncanakan bagaimana antisipasi tantangan dan hambatan tersebut.

1) Tandangan dan hambatan bisnis
Sesuatu yang berharga tentu memiliki tantangan. mungkin kata-kata tersebut bisa diaplikasikan ke  dalam bisnis ini. Tantangan dalam bisnis salon mobil ini terbagi menjadi 2 yaitu tantangan intern dan tantangan ekstern.

Tantangan intern
Tantangan intern adalah persaingan . di mana faktor jumlah pengemudi mobil yang terus meningkat mempengaruhi adanya salon pendatang baru yang terus berdatangan. Persaingan inilah yang membuat kita harus berfikir keras untuk mencari jalan keluarnya.

Tantangan Ekstern
Tantangan ekstern adalah modal. Modal yang begitu besar untuk membuka bisnis salon mobillah yang menjadi masalah tantangan eksternal ini. di mana modal yang kita butuhkan adalah ,tempat dan alat kompresor.

2) Solusi dan strategi penanganan
Tidak ada masalah yang tidak bisa di selesaikan begitu juga dengan masalah tantangan dan hambatan dalam berbisnis. Masalah tersebut dapat di selesaikan apabila kita mengetahui caranya.Maka dari itu dalam memulai bisnis ini juga perlu dipersiapkan atau direncanakan bagaimana strategi untuk menangani masalah atau tantangan yang akan muncul.

Untuk solusi tantangan intern (persaingan), persaingan dapat di menangkan apabila kita mengerti dan bisa menjamin yang di butuhkan konsumen. dan seperti yang sudah disinggung di atas untuk bisa menjamin kepuasan konsumen kita harus mengutamakan kualitas cucian dan dan ramah tamah.

Sedangkan untuk tantangan ekstern (Modal), adapun solusi yang bisa di terapkan adalah meminta bantuan kepada lembaga keuangan (Bank). Cara tersebut bisa di lakukan setelah anda tidak tahu lagi mau meminjam dana kemana lagi. Namun ada sebuah konsekuensi bila kita meminjam di lembaga keuangan kita akan di bebankan dengan bunga .

C. Strategi pemasaran salon mobil

Pemasaran adalah ujung tombak yang tidak boleh diabaikan. Pemasaran ini akan menjadi penentu bagaimana sebuah bisnis baru dapat menembus pasar yang belum pernah digarap sebelumnya. Maka dari itu pelaku bisnis harus juga menyiapkan strategi atau cara untuk memasarkan bisnis yang dibuat, begitu pun dengan bisnis ini. 

Dalam pemasaran ada berbagai hal yang sangat berpengaruh terhadap penjualan mulai dari promosi sampai pelayanan yang diberikan. Maka dari itu ada beberapa yang perlu dicermati berkaitan dengan pemasaran tersebut seperti dijelaskan di bawah ini.

1) Promosi yang bagus
Agar jasa kita dapat di kenal dan diminati para konsumen tentu kita harus melakukan promosi. Promosi sendiri banyak macamnya yaitu,
  • Menyebar spanduk atau banner yang berisi jasa yang akan kita promosikan.
  • Promosi melalui website atau pun sosmed di internet
  • Memberikan harga diskon untuk konsumen pada hari pertama bisnis dioprasikan.

2) Harga paket salon mobil
Dalam membuka bisnis salon mobil kita harus mengetahui harga yang akan kita berikan untuk konsumen. harga yang di berikan kepada konsumen harus berdasarkan pasar . bila anda tidak mengethui harga yang di tetapkan pasar berikut saya mempunyai data harga paket salon mobil.

1. Mobil standard: yaitu mobil-mobil berjenis sedan:
city car- Cth- jazz- Atotz- City- Soluna- Vios- Yaris dll. 
Harga Rp350.000

2. Mobil sedang
Cth: - crv- Grand vitara- Terano- Apv- innova dll 
Harga Rp.400.000

3. Mobil Besar
Mobil-Mobil Berjenis Van Dan Premium Class
Cth: Van Elgrand- Alphard- Serena-Range Rover dll 
Harga Rp 500.00

Data paket harga salon mobil di atas adalah data untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

3) Pelayanan
Akan lebih terjamin kepuasan pelanggan bila pelayanan yang di berikan memuaskan. Adapun yang harus di lakukan pengelola bisnis adalah selalu memberikan pelayanan dengan segenap hati. Ada banyak cara untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dan pelayanan tersebut meliputi bermodal dan tanpa modal.

Pelayanan bermodal 
Pelayanan bermodal sendiri meliputi fasilitas yang di berikan konsumen ketika sedang menunggu mobilnya sedang di cuci . yaitu , jaringan wifi , Musik, dan Tv. Dengan begitu konsumen akan merasakan pelayanan yang memuaskan.

Pelayanan tanpa modal
Pelayanan tanpa modal adalah pelayanan yang berasal dari diri kita sendiri. Pelayanan ini seperti misalnya bersikap ramah tamah, bersedia menerima keluhan konsumen, dan selalu memberikan yang terbaik demi kepuasan konsumen.

Tidak ada bisnis yang benar-benar buruk dan tidak pula ada bisnis yang benar-benar menjanjikan, semua akan tergantung pada banyak aspek. Nah, maka dari itu untuk menentukan pilihan apakah bisnis salon untuk mobil ini cocok atau tidak maka perlu dikaji dan di analisa lebih jauh sesuai kondisi masing-masing. Itu saja, semoga sedikit informasi di atas bermanfaat!

Peluang Bisnis untuk Salon Mobil dan Cara Menjalankan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko