Tuesday, June 28, 2016

Membuat Proposal Usaha Kecil, Solusi Kurang Modal

Proposal Usaha Kecil - Ingin membangun usaha kecil namun tidak cukup modal, jangan putus asa karena proposal untuk usaha kecil dapat menjadi solusi alternatif untuk menyelesaikan masalah kekurangan modal tersebut. 

Dapat dikatakan proposal ini adalah jalan atau solusi kekurangan modal bagi wirausahawan yang ingin mengembangkan sebuah ide usaha yang menjanjikan. Kebanyakan orang awan, ketika memiliki ide untuk mendirikan usaha dan terbentuk modal biasanya mereka lantas berhenti. 

Padahal untuk masalah ini masih ada solusi yang cukup bagus untuk dicoba. Bahkan jika ide usaha yang akan dijalankan sangat strategis dan menjanjikan bukan tidak mungkin banyak orang yang akan suka rela memberikan uangnya untuk tambahan modal.

Lalu apa sih sebenarnya proposal ini, kenapa proposal ini bisa mengatasi kekurangan modal usaha kita? Proposal usaha adalah gambaran lengkap rencana usaha yang akan dijalankan. 

Jadi, proposal usaha ini merupakan dokumen yang disusun oleh pelaku usaha untuk tujuan memberikan gambaran yang detail mengenai aspek internal maupun eksternal usaha. Bagi anda yang sedang memiliki ide untuk membangun usaha kecil ada baiknya juga mempelajari dan mengetahui mengenai proposal ini. 

Dimanfaatkan atau tidak, penting bagi anda untuk menyiapkan strategi keuangan yang dapat diandalkan. Maka dari itu tidak salah jika anda sedikit meluangkan waktu untuk hal tersebut.

1) Pengertian, tujuan dan manfaat

Proposal (bisnis plan) ini berisi berbagai hal atau informasi mengenai usaha yang kita miliki atau akan kita jalankan. Isi proposal usaha ini sendiri antara lain mengenai latar belakang, informasi tentang pemilik usaha, informasi tentang usaha, informasi kegiatan produksi, pemasaran dan juga informasi mengenai keuangan.

Singkatnya, di dalam proposal usaha ini maka pembaca akan mengetahui banyak informasi, mulai dari nama usahanya apa, bergerak dibidang apa, siapa pemiliknya, bagaimana pemasarannya, bagaimana keuangannya dan seterusnya. Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas anda bisa mempelajari contoh proposal usaha yang banyak dibagikan di internet.

Bagaimana dengan bentuknya, apakah proposal ini terdiri dari selembar kertas atau bagaimana? Bentuk proposal usaha ini hampir mirip dengan bentuk proposal pada karya tulis. Pada bagian depan ada cover atau memuat halaman judul dari proposalnya. Kemudian disana ada latar belakang dan lain sebagainya sampai pada bagian akhir.

Proposal usaha ini ditulis dengan rapi menggunakan ketikan komputer dengan menggunakan aturan standar penulisan baku. Penulisan halaman sampulnya hampir mirip dengan makalah atau karya tulis sedangkan bagian lain juga disusun per pion dan sub-poin. Lebih jelas mengenai hal ini anda bisa mencoba mencari contoh bentuk proposal usaha yang ada di dunia maya.

Di awal dikatakan bahwa proposal ini bisa menjadi solusi masalah modal lalu sebenarnya apa tujuan proposal ini? Kalau secara umum tujuan proposal usaha adalah untuk memberikan gambaran secara umum mengenai sebuah usaha. Nah, gambaran ini biasanya dimaksudkan untuk memberikan informasi bagaimana peluang yang dimiliki oleh usaha tersebut.

Harapannya tentu dengan mengetahui bagaimana potensi atau peluang yang dimiliki oleh usaha tersebut maka orang akan tertarik dan berminat untuk menanamkan saham atau modal untuk usaha tersebut. Jadi selain memberikan gambaran usaha, proposal usaha juga dibuat dengan bertujuan untuk mendapatkan investor atau penanam modal (saham).

Dengan demikian, jika anda memiliki usaha kecil atau menengah dan membutuhkan modal tambahan maka anda dapat mencoba mengajukan proposal usaha skala kecil menengah kepada calon investor lain. Dengan begitu masalah kekurangan modal usaha dapat diatasi dengan baik dan sukses.

2) Cara penyusunan dan contoh proposal usaha

Melihat tujuan dan manfaat yang dapat diperoleh dari penyusunan dokumen ini maka wajar jika dikatakan bahwa proposal usaha menjadi solusi usaha kurang modal karena dengan proposal ini pengelola memang berkesempatan untuk mencari modal yang dibutuhkan. 

Maka pada akhirnya sangat penting bagi pengelola atau pemilik usaha untuk dapat membuat atau menyusun proposal ini untuk tujuan tersebut. Agar dapat menyusun proposal ini sesuai fungsinya maka tentu saja anda harus tahu atau paling tidak mempelajari lebih lanjut tentang contoh proposal usaha sukses sebagai bekal anda. 

Tanpa tahu bagaimana persisnya proposal tersebut maka akan sangat sulit bagi anda untuk menyusun proposal yang berkualitas. Maka dari itu salah satu jalan yang dapat dilakukan adalah dengan langsung belajar menggunakan contoh.

Pada bagian ini tidak akan diberikan langsung proposal yang siap pakai karena itu sangat mustahil mengingat proposal adalah gambaran dari sebuah usaha tertentu. Untuk usaha yang anda miliki maka hanya anda yang tahu persis bagaimana usaha tersebut, maka hanya anda yang dapat menyusun proposal itu.

Tetapi sebagai alternatif anda dapat mencari contoh proposal usaha download atau anda bisa juga download proposal untuk gambaran saja. Selanjutnya, sebagai gambaran bagi anda, akan dipaparkan ilustrasi proposal yang bisa disusun berdasarkan usaha yang dimiliki. Dua contoh ilustrasi proposal tersebut yaitu sebagai berikut:

1) Proposal usaha martabak manis
2) Proposal roti bakar

Untuk usaha martabak manis maka anda dapat menyusun proposalnya dengan memberikan segala informasi yang berkaitan dengan usaha martabak tersebut. Gambarannya pertama anda dapat memberikan ringkasan informasi, kemudian anda dapat memberikan informasi tentang latar belakang usaha diikuti dengan pemasaran, produk, SDM, pengembangan dan seterusnya.

Begitu juga dengan usaha roti bakar, disitu anda harus mencantumkan atau memberikan detail informasi mengenai usaha roti tersebut seperti pada usaha martabak. Nah, secara umum, proposal usaha yang anda buat dapat memuat beberapa poin informasi berikut.

1. Ringkasan Eksekutif
2. Latar Belakang Perusahaan
3. Analisis Pasar dan Pemasaran
4. Analisis Produksi
5. Analisis Sumberdaya Manusia (SDM)
6. Rencana Pengembangan Usaha
7. Analisis Keuangan
8. Analisis Dampak dan Resiko Usaha
9. Lampiran

Selain ringkasan eksekutif, masing-masing bagian di atas akan terdiri dari sub-bagian lagi yang sesuai dengan informasi yang ada. Misalnya pada latar belakang perusahaan akan terbagi kedalam beberapa hal yaitu mengenai data perusahaan, biodata pemilik atau pengurus, struktur organisasi dan lain sebagainya.

Analisis pasar dan pemasaran dan seterusnya pun sama, akan dibagi kedalam beberapa sub-bagian lain yang memuat informasi-informasi yang berkaitan dan sesuai dengan usaha yang anda miliki. Agar lebih jelas silahkan pelajari contoh daftar isi lengkap dari proposal di bawah ini.

Daftar Halaman
1. Ringkasan Eksekutif

2. Latar Belakang Perusahaan
2.1 Data Perusahaan
2.2 Biodata Pemilik / Pengurus
2.3 Struktur Organisasi
2.4 Konsultan Pendamping
2.5 Susunan Pemilik / Pemegang Saham

3. Analisis Pasar dan Pemasaran
3.1 Produk / Jasa Yang Dihasilkan
3.2 Gambaran Pasar
3.3 Target atau Segmen Pasar yang Dituju
3.4 Trend Perkembangan Pasar
3.5 Proyeksi Penjualan
3.6 Strategi Pemasaran
3.7 Analisis Pesaing
3.8 Saluran Distribusi

4. Analisis Produksi
4.1 Proses Produksi
4.2 Bahan Baku Dan Penggunaannya
4.3 Kapasitas Produksi
4.4 Rencana Pengembangan Produksi

5. Analisis Sumberdaya Manusia (SDM)
5.1 Analisis Kompetensi SDM
5.2 Analisis Kebutuhan dan Pengembangan SDM
5.3 Rencana Kebutuhan Pengembangan SDM

6. Rencana Pengembangan Usaha
6.1 Rencana Pengembangan Usaha
6.2 Tahap-Tahap Pengembangan Usaha        

7. Analisis Keuangan
7.1 Laporan Keuangan
7.2 Rencana Kebutuhan Investasi
7.3 Rencana Arus Kas (Cash – Flow)
7.4 Rencana Kebutuhan Pinjaman
7.5 Rencana Pengembalian Dana Pinjaman
7.6 Agunan yang Dimiliki

8. Analisis Dampak dan Resiko Usaha
8.1 Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
8.2 Dampak Terhadap Lingkungan
8.3 Analisis Resiko Usaha
8.4 Antisipasi Resiko Usaha

Lampiran
A. Analisis lingkungan bisnis
B. Kelengkapan perijinan
C. Peta lokasi
D. Foto produk
E. Dokumentasi produksi

Contoh daftar isi di atas tentunya dapat memberikan gambaran lebih jelas kepada anda mengenai bagaimana isi informasi yang harus diberikan pada sebuah proposal untuk usaha. Dari situ juga dapat dipelajari bagaimana bentuk dan juga sistematika penulisan proposal usaha yang dapat anda lakukan.

Sekarang, dengan mengetahui lebih jauh tentang apa dan bagaimana proposal ini maka anda seharusnya dapat mengambil kesimpulan bahwa proposal ini memang sangat penting bagi sebuah usaha yang masih baru dan masih berkembang.

Seharusnya anda juga setuju bahwa proposal untuk usaha kecil memang dapat dijadikan sebuah pilihan solusi sebuah usaha yang kurang modal. Sampai disini saja, semoga informasi di atas dapat menjadi bahan pertimbangan dan ide bagi kemajuan usaha anda, salam sukses.

Membuat Proposal Usaha Kecil, Solusi Kurang Modal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko