Saturday, January 2, 2016

Gambaran Analisa Peluang Usaha Budidaya Bekicot Menjanjikan

Gambaran Analisa Peluang Usaha Budidaya Bekicot - Ada lagi nih satu ide usaha yaitu budidaya bekicot, tapi sebelum mencobanya tentu kita harus membuat analisa terlebih dahulu mengenai peluang budidaya bekicot tersebut. Baru setelah itu kita bisa menentukan apakah usaha ini bagus atau tidak jika dijalankan. Tanpa analisis tentu sama saja seperti berjalan tanpa rencana, benar tidak?

Memang, ada yang mengatakan bahwa usaha ini sangat menjanjikan tetapi tentu saja hal itu belum bisa dijadikan pedoman sebelum ada penelitian lebih jauh. Untuk mengukur bagaimana peluang atau prospek yang dimiliki oleh sebuah usaha maka calon pelaku usaha tentu harus menganalisa dan menyimpulkannya sendiri. Dengan melakukannya sendiri maka kita mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Sebagai bekal untuk mengetahui hal tersebut kita bisa mempelajari terlebih dahulu bagaimana pemanfaatan bekicot dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Dengan mengetahui manfaat dan kegunaannya maka kita akan tahu bagaimana kebutuhannya di masyarakat. Lalu apakah bekicot ini benar-benar memiliki manfaat dan kegunaan yang bisa membuatnya memiliki nilai ekonomis lebih tinggi?

Berbicara mengenai manfaat dan kegunaan, seperti dilansir laman infopeternakan,bila kita memang berminat memulai usaha ternak bekicot maka ada beberapa hal yang perlu kita tahu. Pertama yaitu mengenai jenis bekicot yaitu bahwa bekicot sendiri memiliki berbagai jenis, namun yang bisa diternak hanya beberapa saja, diantaranya jenis Achatina dan Achatina variegata.

Jenis tersebut memiliki ciri-ciri cangkang atau tempurungnya memiliki warna serta motif garis-garis coklat, jenis tersebutlah yang bisa dibudidayakan karena memiliki manfaat-manfaat yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Biasanya bekicot dimanfaatkan oleh para peternak sebagai pakan tambahan. Bekicot banyak mengandung protein yang bagus untuk hewan ternak mereka.

Selain itu bekicot juga banyak dimanfaatkan untuk diolah sebagai masakan seperti sate bekicot, keripik bekicot dan yang lainnya. Selain itu daging bekicot, lendir serta cangkangnya juga banyak dicari untuk dipakai sebagai bahan pengobatan tradisional. (Sumber: infopeternakan.com)

Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial lengkap. Masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot (sate bekicot, keripik bekicot) adalah masyarakat Kediri.

Bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot dan lendir bekicot sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung dan lain-lain.

Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie, yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur/insomania, leher membengkak dan penyakit kaum wanita termasuk keputihan. (Sumber: jalanmenujusukses-id)

Sekarang kita tahu bahwa sebenarnya manfaat dan kegunaan bekicot begitu banyak. Maka bekicot ini memang layak juga jika dijadikan hewan ternak. Namun begitu, pemanfaatan bekicot di masyarakat belum begitu banyak. Masih banyak yang belum tahu dan belum bisa memanfaatkan bekicot. Sederhananya, usaha budidaya bekicot ini belum begitu terkenal di masyarakat.

Namun begitu bukan berarti peluang usaha budidaya bekicot ini tidak ada sama sekali. Jika dilihat dari manfaatnya sebenarnya usaha ini cukup menjanjikan. Namun begitu karena belum begitu terkenal kita harus menganalisa semuanya dengan teliti agar bisa menentukan bagaimana prospeknya. Kalau saya pribadi, usaha ini kurang begitu menarik meski di dalamnya masih ada potensi yang bisa digali.

Hasil Panen Bekicot Melimpah. Foto: jurnalasia.com

Apapun itu, sebagai pelaku usaha yang kreatif dan inovatif maka bisa saja kita menemukan celah dan peluang yang ada didalamnya. Bagi yang berminat dan ingin mencoba untuk membudidayakan bekicot sebaiknya melakukan analisa. Selain itu jangan lupa untuk mempertimbangkan juga beberapa hal berikut!

1) Bagaimana cara budidaya bekicot
2) Kemana bekicot akan dijual
3) Berapa harga jual bekicot
4) Berapa biaya modal usaha

Pertama yang penting untuk diperhatikan adalah mengenai teknik budidaya bekicot. Kita harus tahu bagaimana cara mengembangbiakkan bekicot tersebut. Tanyakan pada diri kita, apakah kita bisa memelihara bekicot tersebut?

Hal kedua yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah mengenai pemasaran yaitu kemana bekicot hasil panen akan dijual. Harus tahu dong ke mana hasilnya nanti akan dijual. Jika tidak maka nantinya bisa menimbulkan masalah tersendiri. Selain itu sebaiknya kita juga tahu seberapa banyak bekicot yang biasa dibutuhkan.

Masalah harga jual bekicot juga harus dicari tahu agar kita bisa mengukur laba ruginya. Dengan begitu kita juga bisa mengukur berbagai masalah keuangan mulai dari modal, biaya pemeliharaan, selirih harga dan sebagainya. Angka-angka dasar dalam usaha harus kita analisa dengan benar sehingga kita bisa mengetahui arah usaha dengan jelas. Karena besarnya modal yang diperlukan juga sangat penting untuk diketahui.

 
Proses Panen Bekicot. Foto: www.theinnovationdiaries.com

Sebagai penutup, saya pribadi hanya bisa mengingatkan bahwa kita yang akan menjalankan usaha ini sangat penting untuk mengukur peluang usaha budidaya bekicot sendiri. Dengan begitu gambarannya akan bisa dilihat lebih jelas. Ingat, penilaian kita dengan penilaian orang lain tentu berbeda. Meski secara umum usaha ini bagus namun kita harus memastikannya sendiri dengan melakukan analisa.

Referensi:

http://www.infopeternakan.com/peluang-usaha-menarik-budidaya-bekicot-tanpa-modal-besar.html
http://jalanmenujusukses-id.blogspot.co.id/2013/11/peluang-usaha-modal-kecil-budidaya.html

Gambaran Analisa Peluang Usaha Budidaya Bekicot Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko