Tuesday, December 29, 2015

Contoh Usaha Makanan Modal 3 Jutaan Untung Besar

Usaha Makanan Modal 3 Jutaan - Mencari ide usaha makanan modal kecil sebenarnya tidak begitu sulit. Namun kita harus bisa mencari yang benar-benar ideal dan menjanjikan untuk kita jalankan. Pilihannya beragam, kita bisa menjalankan usaha yang memang modalnya cukup 3 juta atau kita bisa memilih merintis usaha yang lebih besar dengan skala kecil.

Supaya tidak terjebak dan salah pilih maka kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa usaha yang cocok. Beberapa waktu yang lalu kita sudah pernah membahas mengenai beberapa ide untuk usaha kecil yang bisa dijalankan dengan modal berkisar antara 3 jutaan.

Namun begitu, pembahasan tersebut menyeluruh dan meliputi berbagai jenis usaha yang ada. Disana dibahas berbagai jenis usaha dan bukan hanya untuk kategori usaha dibidang kuliner. Untuk melengkapi ide-ide tersebut kali ini kita akan mencoba membahas lagi beberapa usaha yang modalnya terjangkau.

Kali ini kita akan mengkhususkan ke satu jenis usaha saja yaitu khusus usaha di bidang kuliner atau makanan. Seperti kita tahu, usaha kuliner ini lumayan menjanjikan makanya kita akan cari beberapa usaha yang cocok dan pas dengan kondisi keuangan kita.

Jika kita ingin memilih usaha yang modalnya sesuai sebenarnya kita bisa menjatuhkan pilihan pada usaha-usaha rumahan. Usaha-usaha rumahan umumnya bisa dijalankan dengan skala yang cukup kecil dengan modal yang dapat disesuaikan.

Sebut saja misalnya usaha dibidang kerajinan. Selain usaha rumahan, kita juga dapat mencoba jenis usaha sampingan modal 3 juta yang juga tak kalah menjanjikan. Beberapa diantaranya yaitu usaha makanan kecil, usaha roti bakar dan usaha kue jajanan.

1) Jual makanan kecil untuk anak sekolah

Makanan ringan atau makanan kecil bisa juga dijadikan usaha yang bagus. Misalnya kita tinggal di lingkungan dekat sekolah maka kita bisa membuka usaha jual makanan kecil untuk anak sekolah. Kita bisa membuka usaha ini dengan berjualan di rumah, terutama jika lokasi rumah benar-benar dekat dengan sekolah.

Dalam usaha ini kita bisa menjual banyak pilihan makanan, contohnya bakso goreng, es, siomay dan lain sebagainya. Usaha jual makanan kecil ini selain bisa dikerjakan di rumah jual dapat dilakukan dengan cara berkeliling dengan konsep jual makanan keliling. Sama dengan jika dijalankan di rumah, jual makanan keliling juga cukup memiliki prospek yang lumayan.

Dengan modal sekitar 3 jutaan kita bisa memulai usaha ini dari nol. Untuk makanan yang dijual di rumah mungkin modal tersebut seluruhnya bisa dialokasikan untuk bahan baku makanan. Sedangkan jika ingin menjalankan usaha ini dengan sistem keliling maka jika tidak ada kendaraan maka harus menyisihkan untuk kebutuhan gerobak.

2) Jual roti bakar di sore hari

Harga roti bakar berkisar antara 15.000 sampai 20.000 dan bisa dikatakan cukup tinggi. Maka dari itu usaha ini memang bisa memberikan margin keuntungan yang juga cukup sesuai. Dengan harga jual tersebut pelaku usaha ini bisa mendapatkan keuntungan berkisar antara Rp. 4.000 - Rp. 6.000 per porsi. Untunya cukup lumayan, apalagi mengingat usaha ini merupakan usaha kecil yang bisa dijalankan dengan modal 3 jutaan.

Contoh Usaha Makanan Modal 3 Jutaan Untung Besar

Usaha roti bakar ini merupakan salah satu usaha makanan modal 3 jutaan yang untungnya lumayan besar. Bisa kita buat simulasi dengan range laba 4 ribu sampai 6 ribu maka jika kita bisa menjual 30 roti dalam satu hari maka untung bersih yang bisa didapatkan sekitar Rp. 150.000,- . Jika dikalikan dalam 30 hari kerja maka asumsinya bisa mendapatkan 4.5 juta dalam satu bulan.

Tentu saja masalah asumsi keuntungan tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena semua akan tergantung di lapangan. Yang jelas, usaha roti bakar ini bisa dikerjakan dengan modal yang relatif terjangkau. Selain itu usaha tersebut juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang dikerjakan di sore hari.

3) Usaha kue atau jajanan


Contoh usaha makanan lain yang juga bisa didirikan dengan modal kecil yaitu usaha kue atau jajanan. Usaha ini bisa dalam bentuk warung jajanan yang dijalankan di rumah. Atau bisa juga dipilihkan lokasi yang sesuai kebutuhan. Tapi perlu diingat bahwa kebutuhan modal tentu akan bertambah jika kita harus sewa tempat.

Contoh Usaha Makanan Modal 3 Jutaan Untung Besar
Foto: arrahman.com

Usaha kue atau jajanan ini menarget pembeli dari kalangan anak-anak yang notabene sangat suka jajan. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa usaha ini gambaran konsumennya cukup bagus. Yang perlu diperhatikan adalah skala usaha yang akan dijalankan. Meski bisa dijalankan dengan modal 3 jutaan namun usaha ini juga bisa dijadikan usaha besar dengan modal banyak.

Singkat saja, semoga beberapa contoh usaha makanan modal 3 jutaan di atas bisa menjadi bahan pertimbangan dan ide bagi yang sedang tidak memiliki kerjaan. Tidak perlu takut mencoba, lebih baik gagal dari pada waktu habis hanya untuk diam saja.

Contoh Usaha Makanan Modal 3 Jutaan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko