Wednesday, December 30, 2015

Analisa Peluang Usaha Budidaya Burung Walet Untung Besar

Analisa Peluang Usaha Budidaya Burung Walet Untung Besar - Yang ingin mencoba usaha ternak walet ini tentu membutuhkan gambaran peluang usaha walet. Gambaran ini dimaksudkan untuk dapat melihat lebih dekat mengenai seluk beluk dari usaha budidaya tersebut secara detail. Bukan hanya untuk melihat bagaimana prospek usahanya tetapi kita juga perlu melihat berbagai aspek usaha yang berkaitan.

Jika dilihat, usaha budidaya burung walet ini merupakan salah satu usaha modal besar menjanjikan yang banyak diminati. Jelas sekali karena untuk membudidayakan burung ini kita harus menyiapkan tempat atau gedung yang tentu saja  modalnya tidak sedikit.

Namun begitu hasil panen usaha ini juga sebanding dengan modal yang dikeluarkan karena dalam satu kilo gram sarang burung walet tersebut harganya bisa mencapai puluhan jutaan rupiah. Bahkan sarang burung walet pernah benar-benar tenar sekitar tahun 2010 yang lalu dimana harganya mencapai Rp. 100 juta untuk jenis sarang burung walet merah.

1) Suara walet
2) Rumah walet
3) Walet sarang putih
4) Budidaya walet
5) Cara membuat sarang walet rumahan
6) Cara membuat sarang walet sederhana
7) Cara membuat sarang walet dari kayu
8) Budidaya walet hemat untuk masyarakat bawah

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hal ini ada baiknya kita juga telusuri sedikit mengenai harga jual tersebut. Ternyata sarang burung walet merupakan sumber asam amino yang lengkap, sekitar 17 asam amino essensial, semi essensial dan non essensial terdapat dalam sarang burung walet. Berdasar penelitian, asam amino tersebut dapat menjadi nutrisi pelawan stroke dan kanker.

Bukan cuma itu, kandungan mineral dalam sarang burung walet juga sangat ampuh dalam mendukung aktifitas tubuh. Terdapat 6 mineral yang terkandung dalam sarang burung walet, yaitu kalsium, zat besi, phospor, kalium dan natrium.

Sarang burung walet juga mengandung protein yang berbentuk glikoprotein, dimana protein ini dapat membantu membentuk sel - sel dan jaringan baru dalam tubuh serta berperan aktif dalam metabolisme tubuh. Sarang burung walet juga di percaya dapat meningkatkan vitalitas, membuat awet muda, menjaga kecantikan dan meningkatkan daya tahan tubuh. (Sumber: cozyeslife.blogspot.com)

Kandungan yang ada dalam sarang burung itulah yang membuat harganya sangat mahal. Dengan berbagai kandungan yang ada maka sarang burung walet dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat. Sebut saja salah satu manfaat sarang burung walet adalah untuk menyehatkan sistem reproduksi. Selain itu khasiat sarang burung walet yaitu untuk mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya. 

Sudah ya membahas masalah seputar harga, kandungan, manfaat dan khasiat dari sarang burung walet tersebut. Sekarang kita sudah tahu alasannya kenapa sarang burung walet mahal. Dan sekarang kita juga sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai bagaimana peluang usaha ternak burung walet tersebut. Cukup menjanjikan bukan untuk membuka usaha ini?


Peluang Usaha Budidaya Burung Walet

Lalu jika prospek usaha ini memang bagus kenapa kita tidak segera memulai usaha ini, bukannya lebih cepat lebih baik? Tunggu dulu, tidak perlu terburu-buru, meski peluang atau prospek usahanya bagus namun kita tetap perlu melakukan analisa atau analisis mengenai berbagai aspek usaha yang berkaitan dengan pembudidayaan burung walet. Dalam hal ini untuk mengukur bagaimana tingkat peluang yang dimiliki ada baiknya kita mempertimbangkan hal-hal berikut!

1) Modal budidaya burung walet
Pertama kali mari pertimbangkan masalah modal. Perlu diketahui untuk menjalankan atau memulai usaha ini kita membutuhkan modal yang tidak sedikit. Masalah modal ini bahkan dalam sebuah tulisan di situs omkicau disebutkan bahwa modal yang dibutuhkan cukup besar mencapai Rp. 23.500.000,- untuk modal tetapnya saja.

Modal tersebut masih harus ditambah lagi dengan beberapa modal lain misalnya modal kerja, perawatan dan sebagainya. Untuk masalah modal, yang paling besar adalah modal awal terutama untuk pengadaan gedung dan peralatan yang dibutuhkan. Sedangkan untuk biaya perawatan cenderung lebih murah.

Melihat dari besarnya modal yang dibutuhkan maka dalam mengukur peluang tersebut sebaiknya diperhatikan juga masalah modalnya ini. Dengan begitu kita bisa mengetahui apakah modal tersebut bisa diusahakan atau tidak. Jika bisa disediakan dengan uang sendiri maka akan lebih baik namun jika menggunakan modal pinjaman untuk membuka usaha ini maka resiko usahanya akan lebih besar.

2) Keterampilan budidaya
Selain masalah modal perlu diperhatikan juga masalah keterampilan kita dalam membudidayakan burung walet tersebut. Masalah budidaya ini mungkin sedikit berbeda dengan budidaya ternak lain namun kita tetap harus menguasai dengan baik bagaimana cara budidaya burung walet yang hasilnya melimpah.

Sebagai contoh, teknik memanen sarang burung walet ini perlu memiliki keahlian khusus dan harus tahu trik dan caranya. Jika tidak maka kualitas sarang yang dihasilkan juga bisa berkurang. Bahkan bukan hanya itu, jika tidak tahu cara memanennya burung-burung yang sudah bersarang di lokasi yang kita buat bisa meninggalkan sarangnya untuk selamanya.

Maka dari itu, penting sekali bagi pelaku usaha untuk mempelajari terlebih dahulu berbagai keterampilan yang dibutuhkan. Jangan sampai usaha ini dijalankan tanpa keahlian apapun sebagai bekal. Kesimpulannya, tanpa keterampilan memadai usaha ini bisa menjadi usaha yang sangat beresiko di tangan kita atau sebaliknya.

3) Pemasaran hasil
Harga sarang burung walet yang mahal tentu memberikan gambaran pada kita bahwa konsumen yang akan membeli hasil panen kita bukanlah dari kalangan umum. Hasil panen sarang burung walet ini sangat sulit jika dijual ke masyarakat langsung karena harganya yang tidak masuk akal dengan kantong. Oleh karena itu, dalam mengukur prospek usaha ini perlu dilihat juga bagaimana proses pemasaran atau penjualannya.

Setidaknya kita harus mencari tahu berbagai informasi tentang siapa saja yang bisa membeli hasil panen yang nantinya kita miliki. Sederhananya kita harus tahu hasil panen akan dijual kemana. Kalau tidak tentu nantinya akan menghambat pemasaran.

Peluang Usaha Budidaya Burung Walet

Memang, usaha budidaya yang satu ini cukup menarik dan menjanjikan. Namun begitu dalam mengukur peluang usaha budidaya burung walet tersebut kita harus tetap memperhatikan berbagai aspek usaha yang berkaitan. Jangan mudah tergiur dengan angan-angan karena semua usaha harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Untuk usaha yang membutuhkan modal besar perlu perencanaan yang benar-benar matang. Jika tidak resiko usaha yang dijalankan juga akan tak terukur. Maka persiapan yang benar-benar sempurna harus dilakukan sebelum memutuskan untuk memulainya. Demikian, mudah-mudahan celotehan di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Salam sukses selalu!

Analisa Peluang Usaha Budidaya Burung Walet Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko