Saturday, November 21, 2015

9 Cara Ampuh Mempromosikan Usaha Agar Cepat Berkembang

Cara Ampuh Mempromosikan Usaha Agar Cepat Berkembang – masalah yang sangat vital dan harus ditangani dengan baik adalah mengenai masalah promosi produk. Ini sangat penting karena tanpa promosi yang baik maka produk yang akan dipasarkan tidak akan bisa maksimal diserap oleh masyarakat yang membutuhkan. 

Bahkan terkadang sebuah produk bermutu dengan harga murah sekalipun kurang bisa mendapatkan penjualan yang signifikan karena kurangnya strategi promosi usaha yang dijalankan. Karena itulah, sebagai pelaku usaha kita harus benar-benar memiliki cara yang ampuh dalam mempromosikan usaha kita agar semua produk bisa mendapatkan penjualan yang besar. 

Tentu saja cara promo dan menjual produk usaha tersebut tidak bisa dilakukan dengan serampangan tapi sebaliknya harus dilakukan dengan baik dan terarah serta sesuai dengan perencanaan. Dalam hal ini, khusus untuk pelaku usaha baru yang masih pemula mungkin akan banyak membutuhkan kiat dan tips penjualan agar laris. Itulah yang akan kita bahas lebih lanjut dalam artikel wirausaha kali ini.

Cara mengenalkan usaha kita yang baru berkembang tentu saja adalah dengan melakukan promosi dengan tujuan mengenalkan eksistensi usaha di khalayak ramai atau masyarakat. Promosi seperti ini bisa dilakukan dengan banyak media mulai dari selebaran, brosur, promosi di radio, televisi, surat kabar, media online dan lain sebagainya. Saat konsumen telah datang dan berniat membeli maka selanjutnya kita bisa melakukan beberapa tips mencari pelanggan baru di bawah ini.

1. Beli 1 gratis 1
2. Kursus Gratis
3. Promosi Bersama
4. Hadiah Gratis
5. Hadiah Kejutan
6. Jual Paket
7. Berikan Voucher
8. Gratis Layanan Purna Jual
9. Konsultasi Gratis

Saat konsumen datang berniat membeli, untuk pengunjung atau pembeli baru kita bisa menerapkan sistem buy one get one free yaitu sistem dimana orang bisa mendapatkan satu produk gratis hanya dengan membeli satu produk saja. 

Cara ini sangat ampuh untuk memberikan kesan pertama yang kuat bagi setiap pengunjung baru. Dengan sistem ini yang diharapkan bukan hanya ia akan membeli banyak melainkan ia akan ingat dan kembali lagi berbelanja.

Cara kedua untuk memikat pelanggan dan meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan kursus gratis kepada pelanggan. Hal semacam ini bisa diberikan jika produk yang kita jual memerlukan panduan khusus dalam menggunakan atau mengoprasikannya. 

Sebagai contoh, jika kita memiliki bisnis toko alat pertanian dan menjual traktor dan lainnya maka kita bisa memberikan kursus gratis cara menggunakan traktor atau seperti panduan dalam mengoprasikan traktor.

Untuk menjaring pelanggan baru kita juga dapat menerapkan strategi promosi bersama dengan berbagai usaha lain yang berkaitan. Sebagai contoh jika kita penjual pulsa dan kita hendak promosi bersama dengan warung makan. 

Kita bisa membuat paket promosi berupa dapat pula murah dengan makan sejumlah tertentu di warung makan. Strategi promosi seperti ini cukup bagus dan dapat menarik minat masyarakat dalam mencoba sesuatu yang baru yang ditawarkan.

Kita juga bisa memberikan hadiah-hadiah gratis kepada pelanggan atau pembeli yang belanja. Hadiah seperti ini dapat dikombinasikan dengan hadiah kejutan untuk jumlah pembelian tertentu dan seterusnya. Strategi seperti ini merupakan cara ampuh mempromosikan usaha yang cukup efektif.

Selain beberapa kiat di atas kita juga bisa memberikan layanan lain kepada pembeli agar mereka menjadi pelanggan dan terus berbelanja yaitu misalnya dengan memberikan voucer belanja dan juga memberikan penjualan paket. 

Untuk mendukung pelayanan prima maka kita bisa memberikan konsultasi gratis kepada pelanggan yang ingin tahu lebih jauh mengenai berbagai layanan yang diberikan. Semakin banyak yang gratis maka akan semakin ramai pembeli, begitulah kurang lebih. 

Jadi tinggal bagaimana kita merumuskan dan meramu strategi promosi yang benar-benar pas, cocok, menarik dan menguntungkan bagi perkembangan usaha kita. Mudah-mudahan sedikit mengenai cara mempromosikan usaha di atas bisa menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bagi kita semua. Itu saja, salam sukses!

9 Cara Ampuh Mempromosikan Usaha Agar Cepat Berkembang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma