Monday, October 10, 2016

Peluang Usaha Toko Mainan Anak Untung Besar

Mainan anak-anak menjadi salah satu kebutuhan yang cukup banyak di cari. Apalagi untuk orang yang memiliki anak kecil baik laki-laki maupun perempuan. Banyaknya kebutuhan tersebut tentu menjadi peluang sendiri bagi dunia bisnis.
usaha toko mainan anak
Namun begitu tidak serta merta bisa dikatakan bisnis toko mainan cukup bagus. Hal ini karena lokasi masing-masing bisnis juga berpengaruh. Lalu bagaimana jika ingin membuka usaha seperti ini, apa yang harus dilakukan lebih dulu?

Apakah usaha perdagangan ini cukup menjanjikan untuk kita jalankan? Kalau kita melihat dari sisi pertumbuhan penduduk dalam hal ini angka kelahiran maka sebenarnya kita bisa mendapatkan gambaran mengenai jumlah orang yang berkepentingan dengan mainan anak-anak ini.

Sederhananya jika angka kelahiran di suatu daerah tinggi maka jumlah anak - anak pun akan tinggi dan sebaliknya. Namun dalam menentukan peluang usaha mainan anak-anak ini tentunya bukan hanya hal itu saja yang harus kita pertimbangkan.

Inilah tujuan dari artikel wirausaha kita kali ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh prospek usaha dari toko mainan anak yang akan segera kita dirikan.

Seperti sudah sering kita sampaikan pada berbagai pembahasan mengenai peluang usaha, dalam menentukan seberapa baik prospek atau peluang sebuah usaha kita harus mengadakan penelitian atau analisa terhadap usaha yang dipilih tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh dukungan berbagai aspek usaha terhadap usaha yang akan kita dirikan. Kita bisa melakukan analisa terhadap seluruh aspek usaha yang berkaitan atau kita bisa hanya menganalisa beberapa aspek usaha terpenting saja.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja aspek usaha yang harus kita pelajari untuk menentukan peluang tersebut? Untuk mengetahui seberapa jauh peluang usaha toko mainan anak ini setidaknya kita bisa mengetahuinya melalui analisa beberapa aspek usaha.

Beberapa aspek yang bisa kita pelajari untuk mengetahui peluang usaha ini antara lain yaitu aspek lokasi, konsumen dan dukungan sumber daya yang ada. Penjelasan lengkap mengenai berbagai aspek tersebut akan kita jabarkan di bawah ini.

1. Tempat atau lokasi
Mengingat betapa pentingnya tempat atau lokasi sebuah usaha bahkan sampai ada satu pernyataan yaitu "kesuksesan sebuah usaha ditentukan dari lokasi yang dipilih". Dari pernyataan tersebut saya pribadi tidak sepenuhnya setuju tetapi tidak juga menyelahkan sepenuhnya. Pernyataan di atas ada benarnya juga karena memang peran lokasi atau tempat usaha sangatlah penting bagi pertumbuhan, kemajuan dan juga kesuksesan usaha yang kita jalankan.

Oleh karena itu wajar sekali bila dalam menentukan peluang untuk bisnis toko mainan anak ini kita akan menganalisa lebih jauh mengenai tempat atau lokasi tersebut. Singkat kata, jika lokasinya bagus maka peluang atau prospeknya juga akan bagus.

Namun untuk usaha toko ini tempat yang seperti apa yang bisa dikatakan sebagai tempat yang bagus? Tempat yang bagus untuk lokasi usaha ini adalah tempat yang strategis yaitu tempat yang mudah dijangkau, aksesnya mudah, ditengah lingkungan masyarakat yang mampu dari segi ekonomi, memiliki angka kelahiran yang tinggi (banyak anak-anak) dan sebagainya.

Lokasi ini hendaknya juga berada di tengah masyarakat yang biasa memanjakan anak dengan berbagai kebutuhannya. Jadi, peluang usaha ini akan bagus jika didirikan di lokasi strategis yang mendukung berbagai aspek kegiatan usaha yang ada.

Begitu pun sebaliknya, usaha ini menjadi usaha yang tak layak dijalankan jika akan didirikan di lokasi yang masyarakatnya berpenghasilan rendah, jumlah anak-anak sedikit dan juga sulit di jangkau.

Dalam menentukan peluang atau prospek ini hendaknya kita melakukan pengamatan dengan sungguh-sungguh sesuai pada objek lokasi yang diinginkan. Usahakan kita benar-benar mendapatkan informasi yang dapat dipercaya sehingga kesimpulan dari analisa ini bisa kita pertanggung jawabkan. 

2. Konsumen usaha toko mainan anak
Berikutnya kita sebaiknya menentukan peluang berdasarkan pada analisa tentang konsumen usaha tersebut. Dalam hal ini kita akan mencari tahu lebih banyak mengenai konsumen toko mainan anak yang akan kita dirikan.

Tentu saja, usaha ini dapat dikatakan menjanjikan jika didukung dengan jumlah konsumen produktif yang banyak. Kita dapat mencari informasi mengenai berbagai masyarakat yang bisa kita jadikan konsumen, selanjutnya kita cari tahu perkiraan jumlah konsumen yang bisa tersedia menjadi pelanggan usaha kita.

Semakin sedikit perkiraan konsumen yang tersedia maka semakin buruk peluangnya. Keadaan konsumen ini juga akan dipengaruhi pada lokasi yang di pilih. Jadi kita juga harus menganalisa berdasarkan lokasi yang sudah ditetapkan.

3. Sumber daya yang mendukung
Meski usaha ini bergerak di bidang jual beli bukan berarti usaha ini tidak membutuhkan sumber daya. Kita perlu juga mencari tahu sumber daya apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana ketersediaannya.

Jika semua sumber daya yang dibutuhkan ketersediaannya mendukung maka usaha ini akan baik dan sebaliknya. Selain sumber daya, kita juga bisa mempertimbangkan mengenai sarana dan prasarana lain yang dibutuhkan. Sebagai contoh akses jalan yang memadai dan lainnya.

Dengan mempelajari secara khusus beberapa aspek di atas kita akan lebih mudah mendapatkan gambaran mengenai usaha ini, apakah usaha ini prospeknya bagus atau tidak. Yang perlu diingat adalah analisa kita sebaiknya benar-benar objektif.

Hal itu bertujuan agar hasil kesimpulan yang kita buat juga bisa benar-benar bermanfaat. Itu saja hari ini, selain tentang prospek usaha jual mainan anak ini lain waktu kita akan bahas lagi beberapa artikel lain yang berhubungan dengan usaha jual beli ini.

Peluang Usaha Toko Mainan Anak Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko