Sunday, March 29, 2015

Contoh Tanaman yang Bisa Dijadikan Bisnis

Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bisnis - Tulisan ini berangkat dari sebuah pertanyaan sederhana yang selalu saja mengganggu pikiran yaitu mengenai tanaman apa yang bagus untuk dijadikan bisnis yang tentunya menjanjikan kesuksesan yang besar.


Untuk kita yang memiliki kesukaan atau minat lebih pada budidaya tanaman, memilih bergerak di bisnis tanaman ini tentu menjadi sebuah pilihan yang cukup bijak. Hal ini mengingat kita sudah memiliki modal kuat untuk dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik.

Sekarang masalahnya adalah kita belum menemukan ide bisnis yang benar-benar tepat dalam bidang ini. Tanaman merupakan unsur penting dalam kehidupan, banyak kebutuhan hidup kita yang bisa kita penuhi dengan tanaman.

Alasan ini bisa menjadi pondasi mengingat kebutuhan akan tanaman sudah tidak kita ragukan lagi. Lalu tanaman apa yang bagus untuk kita jadikan bisnis? Pada dasarnya sebagian besar tanaman yang bermanfaat peluangnya bagus jika kita kerjakan dengan baik.

Meski begitu tidak ada satu aspek yang bisa menjamin bahwa jika bergerak di bidang budidaya tanaman tersebut kita akan sukses. Maka dari itu dalam memilih atau menentukan jenis tanaman yang akan dijadikan sebagai bisnis kita harus menganalisa dan mempertimbangkan banyak hal.

Dalam memilih tanaman yang bagus dijadikan bisnis tersebut ada beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Tingkat kebutuhan masyarakat akan hasil dan produk dari tanaman tersebut
2. Banyak sedikitnya produk turunan yang membutuhkan hasil tanaman tersebut
3. Tingkat ketergantungan masyarakat dan atau produk lain

Setidaknya tiga hal penting tersebut harus kita pertimbangkan dalam memilih dan menentukan tanaman apa yang akan kita jadikan sebagai objek bisnis atau usaha yang akan kita dirikan. Pertama adalah tingkat kebutuhan masyarakat terhadap hasil tanaman yang akan ditanam.

Semakin butuh masyakarat terhadap hasil tanaman tersebut maka semakin baik untuk bisnis dan sebaliknya; semakin banyak yang membutuhkan maka semakin bagus dan sebaliknya.

Kedua, tanaman yang untuk bisnis sebaiknya mendukung banyak produk turunan lain. Semakin banyak produk lain yang bergantung dengan hasil tanaman tersebut maka akan semakin cocok.

Sebagai contoh, di Indonesia tempe merupakan produk yang banyak di butuhkan maka dari itu bisnis penanaman kedelai menjadi sebuah pilihan yang patut untuk dipertimbangkan.

Yang ketiga, tingkat ketergantungan masyarakat dan atau produk lain terhadap hasil tanaman juga berpengaruh terhadap cocok tidaknya sebuah tanaman untuk dijadikan bisnis.

Semakin penting perannya maka semakin bagus peluangnya, semakin banyak yang tergantung pada hasil tanaman tersebut maka akan semakin baik untuk bisnis yang akan kita dirikan.

Selanjutnya, dalam hal tanaman untuk usaha tersebut ada beberapa yang bisa kita pertimbangkan. Beberapa contoh tanaman untuk bisnis seperti dijelaskan di bawah ini.

1) Jenis tanaman pangan

Berdasarkan tingkat kebutuhannya di masyarakat maka tanaman pertama yang bisa dipertimbangkan adalah tanaman pangan. Kenapa demikian, karena produk hasil tanaman merupakan kebutuhan pokok yang akan terus di butuhkan sepanjang waktu.

Sebagai contoh, di Indonesia masyarakatnya menggunakan beras sebagai makanan pokok jadi tanaman padi bisa menjadi pilihan alternatif bisnis yang cukup menguntungkan.

Meskipun demikian namun bisnis di bidang ini tidak cukup mudah apalagi jika kita berpijak pada bisnis budidaya karena produk beras merupakan kebutuhan pokok yang harganya akan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah.

Meski begitu jenis tanaman pangan ini bukan hanya padi saja, masih banyak tanaman lain yang posisinya sejajar dengan padi. Beberapa tanaman lain yang bisa juga dipertimbangkan untuk bisnis kita antara lain sebagai berikut:

- Tanaman gandum
- Tanaman singkong

Yang perlu diingat, jika kita ingin memilih jenis tanaman pangan sebagai bisnis maka sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu mengenai peluang bisnis yang dimiliki oleh tanaman tersebut.

Tak kalah penting kita juga harus mempelajari berbagai aspek yang mendukung seperti lahan, biaya perawatan, pemasaran hasil panen dan lain sebagainya.

2) Tanaman buah untuk bisnis

Kalau untuk tanaman buah sebenarnya banyak yang memiliki peluang bagus, contohnya saja yang sederhana buah anggur dan apel.

Untuk tanaman buah yang paling bagus untuk kita pilih adalah jenis buah yang sudah cukup terkenal dan banyak disukai dan dibutuhkan seperti anggur dan apel tadi. Ada juga beberapa tanaman buah lain yang bisa kita pertimbangkan yaitu sebagai berikut:

- Buah manggis
- Buah stroberi
- Buah durian
- Buah alpukat

Berbagai jenis buah di atas bisa kita jadikan bisnis dengan pertimbangan yang sesuai. Kita bisa memilih bisnis jual beli seperti penjual buah dalam skala besar, atau bisa juga dalam bidang budidaya.

3) Tanaman hias untuk dijadikan bisnis

Tanaman hias juga merupakan prospek bagus untuk dijadikan sebuah bisnis. Namun kebanyakan bisnis tanaman hias ini didasarkan pada hobi dan popularitas yang sementara sehingga bisnis yang bergerak dalam satu bidang tanaman saja akan sulit bertahan.

Untuk memilih tanaman hias yang paling bagus untuk bisnis hendaknya kita mempertimbangkan bagaimana keadaan pasar. Tanaman hias yang sifatnya umum dan sering dibutuhkan lebih berpeluang tahan lama dari pada tanaman hias yang sifatnya tenar musiman.

Itulah sedikit gambaran mengenai tanaman yang bisa dijadikan bisnis, mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi kita bersama. Jangan lupa untuk melakukan analisa lebih jauh tentang masing-masing tanaman yang akan dipilih.

Contoh Tanaman yang Bisa Dijadikan Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko