Thursday, March 19, 2015

Karakteristik dan Ciri Tempat Usaha yang Bagus

Karakteristik Tempat Usaha yang Bagus - Sebagian besar kesuksesan dipengaruhi oleh bagus tidaknya lokasi atau tempat yang kita pilih untuk mendirikan sebuah usaha. Tempat usaha memiliki andil dalam menyiapkan calon pembeli atau konsumen dan juga menyiapkan berbagai sumber daya lain yang kita butuhkan.


Mengingat pentingnya peran lokasi usaha maka kita harus mampu menetapkan atau memilih lokasi yang akan mendukung segala aspek usaha yang kita kerjakan. Untuk itulah kita perlu mengetahui bagaimana ciri atau karakteristik lokasi yang memenuhi syarat bagi usaha yang akan kita jalankan.

Meski kita memiliki peluang usaha yang bagus namun jika kita salah memilih lokasi maka akan sangat mungkin usaha yang kita dirikan tersebut tidak bisa berkembang dengan pesat. Contoh sederhananya yaitu kita mendirikan usaha sewa mobil yang membutuhkan konsumen dengan daya beli tinggi.

Namun kita mendirikan usaha tersebut di daerah pedesaan yang rata-rata penghasilan masyarakatnya rendah. Tentu saja usaha tersebut akan sulit berkembang karena kita akan menghadapi kendala daya beli masyarakat yang rendah.

Jika untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja orang sudah sudah apakah mungkin mereka akan menyewa mobil untuk keperluan mereka, kebanyakan akan memilih tidak.

Meski bukan jaminan namun beberapa hal berikut ini akan memberikan gambaran lebih jelas kepada kita semua tentang karakteristik tempat usaha yang dapat dikatakan bagus dan bisa mendukung kesuksesan usaha yang akan dijalankan.

Berikut berbagai ciri tempat usaha yang bagus untuk kita pertimbangkan. Untuk masalah lokasi usaha ini ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan dalam memilih lokasi tersebut. Berikut beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan, sebagai bahan pertimbangan strategi memilih lokasi usaha atau bisnis.
  1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
  2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
  3. Memperhatikan tingkat keramaian lalu lalang kendaraan yang lewat
  4. Banyaknya bisnis yang mendukung lokasi tersebut
  5. Sesuaikan dana dengan lokasi bisnis yang akan dipilih                                                 
  6. Pilih lokasi bisnis yang tingkat kompetisinya rendah
  7. Perhatikan pula akses menuju lokasi bisnis
  8. Tingkat keamanan yang mendukung
  9. Perhatikan kebersihan lokasi bisnis  
Dengan memperhatikan berbagai faktor di atas maka diharapkan kita dapat memilih lokasi yang benar-benar cocok dan akan mendukung berbagai aktivitas usaha yang akan dijalankan. Selanjutnya berikut beberapa penjelasan lain berkaitan dengan tempat usaha yang bagus.

1) Berada di pusat keramaian

Agar dapat berkembang dengan baik maka sebuah usaha membutuhkan konsumen yang cukup baik dari sisi jumlah maupun dari sisi potensinya. Karena itu usaha paling bagus jika didirikan di sebuah lokasi pusat keramaian dimana banyak orang yang berada di sana setiap harinya.

Lokasi yang berada di pusat keramaian ini akan memberikan peluang lebih bagus untuk produk kita dapat dilihat orang dan itu berarti pusat keramaian akan menjadi salah satu penyangga strategi promosi untuk produk yang kita pasarkan. Contoh-contoh tempat keramaian yang bagus untuk dijadikan lokasi usaha antara lain sebagai berikut:

1. Komplek pasar, pusat perbelanjaan
2. Komplek perkantoran
3. Komplek kampus dan perguruan tinggi
4. Kompleks sekolahan

Pusat keramaian pertama yang bisa menopang usaha adalah komplek pasar atau pusat perbelanjaan. Di lokasi seperti ini banyak usaha yang bisa didirikan mulai dari usaha jual beli, jasa, makanan dan lain sebagainya.

Pasar atau pusat perbelanjaan biasanya menjadi tumpuan bagi banyak orang untuk mencari sesuatu karena itu mendirikan usaha di lokasi seperti ini akan bisa menjangkau banyak calon pelanggan.

Meski tidak dapat digunakan untuk semua jenis usaha namun lokasi dekat atau sekitar perkantoran bisa menjadi salah satu tempat yang bagus untuk mendirikan usaha. Contoh usaha yang baik di dirikan di lokasi seperti ini misalnya saja usaha rumah makan, usaha alat tulis kantor dan lain sebagainya.

Lokasi yang ketika adalah daerah pelajar dan mahasiswa. Lokasi di sekitar kampus atau komplek sekolahan juga bagus sebagai tempat usaha dengan target konsumen pelajar dan mahasiswa. Diantara usaha yang baik didirikan di sekitar lokasi ini antara lain usaha foto copy, warnet dan usaha lain yang bisa memenuhi kebutuhan siswa dan mahasiswa.

2) Mudah di jangkau

Ciri kedua sebuah tempat dapat dikatakan bagus untuk mendirikan usaha adalah mudah dijangkau. Ini berarti lokasi tersebut memiliki akses jalan yang baik dan di dukung dengan sarana transportasi umum yang memadai. Mudah dijangkau disini artinya mudah dijangkau dari segala arah jadi sebaiknya lokasi yang dipilih merupakan pusat aktivitas masyarakat.

Selain itu lokasi yang mudah dijangkau tersebut juga harus diperhitungkan dari sisi kebutuhan kita sebagai pelaku usaha. Misalnya apakah jika kita membutuhkan bahan produksi kita bisa dengan mudah mendapatkannya atau tidak. Jadi lokasi ini setidaknya harus mudah dijangkau oleh:
  1. Calon konsumen usaha kita
  2. Mitra kerja atau rekanan atau partner bisnis
  3. Penyedia kebutuhan usaha kita
  4. Prospek bisnis usaha ulang tahun

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa mudah di jangkau disini harus menurut berbagai sisi di atas. Dengan begitu ke depan usaha kita bisa lebih kokoh berdiri dengan dukungan lokasi tersebut.

3) Memiliki sumber daya pendukung yang cukup
Usahakan jangan sampai kita memilih lokasi yang tidak menyediakan sumber daya yang cukup bagi kebutuhan usaha kita. Sebagai contoh jika kita mendirikan usaha peternakan kambing maka kita

sebaiknya memilih lokasi di daerah pedesaan yang lebih banyak dapat menyediakan pakan rumput dan pekerja yang dibutuhkan. Jika kita mendirikan usaha ternak di daerah perkotaan yang padat gedung maka masalah pun akan kita hadapi.

Oleh karena itu sebuah lokasi usaha juga sebaiknya memiliki sumber daya pendukung yang cukup untuk menjalankan usaha kita tersebut. Sumber daya pendukung tersebut dapat meliputi berbagai hal antara lain sebagai berikut:

1. Kebutuhan tenaga kerja
2. Kebutuhan bahan dasar atau bahan baku usaha
3. Kebutuhan sarana administratif lainnya

Dalam perkembangannya ke depan usaha kita tentu akan membutuhkan tenaga kerja, nah jika tempat atau lokasi usaha kita memiliki banyak stok calon tenaga kerja maka kita tidak perlu susah dan repot mencari pekerja dari daerah lain.

Seperti kita tahu biasanya pekerja yang datang dari tempat sekitar akan lebih mendukung kegiatan usaha kita seluruhnya. Selanjutnya tempat usaha yang bagus juga sebaiknya dapat menyediakan kebutuhan dasar atau kebutuhan bahan baku usaha yang akan kita gunakan.

Sederhananya, jika bahan baku diambil dari daerah yang dekat maka ongkos pengiriman akan lebih sedikit dan itu berarti akan menghemat pengeluaran dan menekan harga produk yang tinggi. Ini menguntungkan dibanding jika kita harus mencari produk dari lokasi yang jauh.

Di dalam perkembangannya usaha kita juga membutuhkan sumber daya lain dari daerah tersebut misalnya saja sumber daya untuk promosi, atau sumber daya untuk urusan administrasi usaha dan lain sebagainya.

4) Sesuai dengan jenis usahanya
Karakteristik lokasi usaha yang bagus selanjutnya adalah sesuai dengan jenis usaha yang akan didirikan. Di atas tadi sudah disinggung bahwa tempat juga harus disesuaikan dengan jenis usaha yang akan dijalankan contohnya usaha peternakan yang lebih bagus dijalankan di daerah pedesaan yang jauh dari pemukiman.

Contoh lainnya jika kita hendak mendirikan usaha warung makan maka sebaiknya kita memilih lokasi dimana banyak orang sibuk yang tidak dapat menyiapkan sendiri makanan yang akan disantap.

Contoh lokasinya adalah di daerah perkantoran tempat orang sibuk bekerja biasanya akan banyak membutuhkan warung makan atau restoran untuk makan siang. Beberapa contoh lain usaha dengan lokasi yang sesuai dengan jenis usahanya antara lain sebagai berikut:

1. Usaha penginapan dan hotel bagus didirikan di daerah wisata
2. Usaha budidaya dan peternakan bagus didirikan di daerah pedesaan yang lokasinya lebih luas
3. Usaha jasa foto copy bagus didirikan di lingkungan kampus, sekolah dan perkantoran
4. Usaha sewa mobil bagus didirikan di daerah perkotaan
5. Usaha jasa even organizer bagus didirikan di daerah perkotaan

Di atas hanya beberapa contoh dengan keadaan umum prospek usaha yang dimiliki. Untuk mendapatkan data akurat mengenai prospek atau peluang masing-masing usaha tersebut kita tentunya harus mengadakan analisa peluang usaha terlebih dahulu.

5) Tempat Usaha Hak milik sendiri
Tempat usaha yang bagus adalah tempat usaha milik sendiri baik dari segi tanah maupun bangunan yang ada di atasnya. Dengan mendirikan usaha di lokasi sendiri kita akan terhindar dari beban biaya sewa lokasi dan gedung yang tiap tahun akan terus meningkat.

Selain itu dengan mendirikan usaha di lokasi sendiri akan lebih ada jaminan bahwa usaha tersebut kemajuannya tidak akan digantikan oleh orang lain. Coba bayangkan, jika kita menyewa lokasi, usaha kita sudah maju dan yang memiliki lokasi tersebut sudah tidak mau menyewakan lokasinya lagi.

Maka kita mau tidak mau suka tidak suka harus beralih dan pindah di tempat lain. Jika pindah maka kondisi usaha kita bisa hampir sama dengan usaha yang baru saja berdiri. Parahnya, meski kita sudah memberi tahu sebagian besar pelanggan namun jika lokasi tersebut digunakan oleh orang lain untuk membuka usaha yang sama maka akan sangat mungkin sebagian pelanggan kita akan beralih ke usaha tersebut.

Perjuangan yang kita rintis untuk mengembangkan usaha kita bisa saja sia-sia jika kita tidak dapat mengantisipasi hal tersebut. Oleh karena itu memang akan lebih menguntungkan jika kita mendirikan usaha di tempat milik sendiri.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai karakteristik tempat usaha yang bagus. Beberapa ciri di atas tentu hanya sebagai pertimbangan saja bagi kita dalam memilih lokasi strategis yang benar-benar bagus untuk usaha yang akan kita dirikan. Jangan lupa, selain mempertimbangkan tempat usaha kita juga harus mempertimbangkan juga mengenai peluang usaha yang akan didirikan.

Karakteristik dan Ciri Tempat Usaha yang Bagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko