Tuesday, February 10, 2015

Peluang Usaha Industri Rumah Tangga Untung Besar

Peluang Usaha Industri Rumah Tangga - Di tengah semakin sulitnya mencari pekerjaan masyarakat kini semakin kreatif dan terus berusaha mencari solusi untuk penghasilan yang didambakan. Di pedesaan, industri rumah tangga mencari salah satu bidang yang mulai tumbuh dan digemari dengan berbagai peluang dan tantangan yang dimilikinya.

Tidak semua yang masuk ke dalam kategori industri rumah tangga menjanjikan, ada beberapa yang prospeknya bagus tapi ada juga yang perkembangannya kurang menjanjikan. 

Bagi kita yang ingin membuka usaha di bidang ini tentunya harus mengadakan analisis peluang industri rumahan tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu kita bisa mendapatkan bekal informasi untuk memutuskan bidang industri apa yang berpeluang paling menjanjikan.

Mempelajari berbagai informasi yang berkaitan akan sangat bermanfaat bagi kita dalam mendirikan pondasi bisnis yang kokoh. Sebelum berbicara lebih jauh mengenai Industri Rumah Tangga mari kita pelajari terlebih dahulu pengertian atau definisi dari usaha jenis ini.

Industri rumah tangga, yaitu industri yang menggunakan tenaga kerja kurang dari empat orang. Ciri industri ini memiliki modal yang sangat terbatas, tenaga kerja berasal dari anggota keluarga, dan pemilik atau pengelola industri biasanya kepala rumah tangga itu sendiri atau anggota keluarganya.

Misalnya: industri anyaman, industri kerajinan, industri tempe/tahu, dan industri makanan ringan. (Sumber: ghozaliq.com) Jadi, jelas sekali bahwa usaha yang sedang kita bicarakan ini memiliki skala yang sangat kecil yang terbatas pada keluarga saja.

1) Analisis Usaha Industri Rumah Tangga

Usaha jenis ini ada yang menjanjikan dan ada juga yang tidak, semua tergantung pada daerah masing-masing. Saya sendiri tidak dapat menyimpulkan secara global jika dikaitkan dengan peluang usaha ini tetapi tentu saja kita dapat menganalisa sendiri jenis usaha ini.

Dalam menentukan seberapa bagus prospek usaha ini maka kita dapat mengadakan penelitian berkaitan dengan daerahnya. Beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan dalam menentukan layak atau tidaknya usaha ini adalah sebagai berikut:

1) Jumlah konsumen
2) Bahan dasar
3) Modal usaha
4) Persaingan
5) Tantangan dan hambatan

Dasar utama dalam pertimbangan usaha adalah permintaan pasar (konsumen). Jika permintaan pasar atau konsumen bagi produk kita sangat memadai maka bisa dikatakan usaha tersebut memiliki modal peluang yang menjanjikan.

Kita tinggal melihat faktor-faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan usaha kita ke depan. Untuk memiliki gambaran mengenai konsumen maka kita harus mencari informasi dan mempelajari target market yang akan dibidik.

Hal kedua yaitu mengenai bahan dasar. Kita harus mendapatkan informasi mengenai jumlah ketersediaan bahan dasar atau bahan baku usaha yang akan kita buka. Kita juga harus mengetahui bagaimana pergerakan harga bahan tersebut sehingga kita dapat memperkirakan lagu pertumbuhan harga produk yang dimiliki.

Persaingan juga ikut berpengaruh terhadap bagus tidaknya prospek usaha yang akan dijalankan. Karena usaha kita merupakan usaha industri kecil maka kita juga harus menyesuaikan kemampuan dan keadaan pasar.

Usaha yang skala-nya kecil tentu akan sangat sulit untuk bisa bersaing dengan skala usaha yang lebih besar. Karena itu kita harus mencermati hal ini.

Selain beberapa hal tersebut kita juga harus mencari tahu apa saja tantangan dan juga hambatan apa saja yang bisa kita hadapi ke depan. Dengan memperhitungkan berbagai informasi mengenai tantangan dan hambatan tersebut maka kita dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

2) Contoh Industri Rumah Tangga Menjanjikan

Ada banyak jenis industri rumah tangga yang bagus untuk kita bangun, mulai dari jenis industri dengan skala konsumen lokal maupun luar daerah. Berikut ini beberapa contoh industri rumah tangga yang secara umum bagus di beberapa daerah namun tidak untuk daerah lain.

1) Industri anyaman
2) Industri kerajinan
3) Industri tempe/tahu
4) Industri makanan ringan

Beberapa jenis usaha di atas dapat kita tinjau dan pertimbangkan lagi karena meski bagus di beberapa daerah namun usaha tersebut juga bisa saja tidak cocok dan potensial di daerah lain. Perlu kita ingat bahwa bagus tidaknya industri tersebut akan sangat tergantung pada daerahnya.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai peluang usaha industri rumah tangga, mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan awal bagi kita yang sedang mencari jenis usaha yang bagus untuk dijalankan. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan mengenai jenis usaha maka akan semakin baik persiapan yang bisa kita lakukan untuk mendirikan usaha tersebut. 

Peluang Usaha Industri Rumah Tangga Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko