Friday, February 27, 2015

Bisnis Jual Makanan Online Menjanjikan Untung Besar

Tips Jual Makanan Online - Memasarkan produk itu bisa dari mana saja dan kapan saja, sama saja saat kita hendak mencoba menjual produk kuliner atau makanan di internet. Kita bisa mempromosikan produk yang dimiliki dengan berbagai cara.

Misalnya dengan memasang iklan, promosi di sosial media atau kita bisa membuat situs jual beli khusus bagi produk yang kita miliki. Lalu bagaimana tips sukses jual makanan online? Menggeluti bidang jual makanan online ini sebenarnya tidaklah begitu rumit dan sulit. Seperti berjualan di dunia nyata,

menjual produk melalui internet juga akan sangat tergantung dengan bagaimana cara kita mengenalkan produk yang dimiliki kepada orang lain. Fokus pada sisi penjualan ini ternyata tidak serta merta membuahkan hasil maksimal, masih ada hal lain yang berpengaruh terhadap kesuksesan kita berjualan di media online.

Jika kita melihat dari daftar peluang pekerjaan online dan membandingkan dengan pekerjaan lain, bisnis jual beli secara rival ini memang masih sangat menjanjikan. Seperti kita ketahui, perkembangan penggunaan internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat.

Terlihat kecenderungan masyarakat yang mulai beralih dari cara-cara lama ke dunia online. Dari kenyataan penggunaan internet yang semakin tinggi tersebut budaya jual beli pun mulai bergeser dan melahirkan peluang yang juga tak kalah menarik.

Berbagai bidang usaha mulai merambah dunia online bahkan dunia jual beli produk makanan sekalipun. Berkaitan dengan hal itu kita akan coba membahas berbagai hal yang berpengaruh dalam bisnis online tersebut khususnya berbagai halangan atau hambatan usaha dan juga kiat sukses dalam menjalankan bisnis tersebut.

1) Tantangan Usaha Jual Makanan Online

Meski kita mendapatkan sebuah peluang usaha yang cukup bagus seperti ini namun tetap saja memulai sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Pasti ada banyak hambatan dan juga tantangan yang harus kita hadapi.

Tak ada jalan lain, jika kita ingin sukses maka satu-satunya yang harus dilakukan adalah menghadapi dan menyelesaikan segala tantangan tersebut bagaimanapun sulitnya. Jika kita tidak dapat menyelesaikan atau menghadapi segala kesulitan usaha tersebut pasti kita akan menyerah,

gagal atau bahkan bangkrut sebelum memulai. Untuk kondisi perkembangan dunia jual beli online di tanah air beberapa kondisi yang bisa menjadi hambatan usaha kita tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Masih banyak masyarakat yang ragu dan takut membeli produk secara online
2. Banyaknya kasus penipuan sehingga memperburuk citra jual beli online
3. Minimnya kualitas jasa pengiriman

Berada pada lingkungan yang baru berkembang dan mengenal online shop membuat kita harus pandai-pandai mengenalkan diri dan membangun kepercayaan masyarakat pada proses belanja yang kita tawarkan lewat internet. Hal ini mustahil dilakukan dengan cepat dan memerlukan waktu untuk membangun kepercayaan konsumen.

Selain itu, kita dihadapkan pada kondisi bahwa masih banyak kasus-kasus penipuan online yang terjadi pada transaksi jual beli, hal ini membuat minat masyarakat juga berkurang. Tentu saja, pelaku usaha seperti berjualan makanan juga tetap ikut terkena imbas keadaan tersebut.

Yang paling berpengaruh pada bisnis yang akan kita kembangkan ini adalah mengenai metode pengiriman. Jadi kondisi minimnya kualitas jasa pengiriman yang ada membuat kita juga harus menyediakan solusi yang tepat agar produk kita bisa sampai pada konsumen tepat waktu dan dalam keadaan baik tanpa cacat.

Hal-hal seperti di atas jika tidak dipertimbangkan dengan baik tentu akan menjadi hambatan kita dalam mengembangkan usaha ini. Untuk itulah kita perlu mengantisipasi terjadinya kendala atau kurangnya pelayanan akibat berbagai aspek tersebut. Harus kita cari solusinya sejak awal memulai bisnis agar kelak tidak akan ada masalah dari sisi tersebut.

2) Tips Sukses Jual Makanan Online

Belajar dari pengalaman sukses orang lain, itulah tips yang bisa kita terapkan untuk memulai sebuah usaha khususnya yang bergerak di bidang makanan atau kuliner ini. Langkah yang bisa kita lakukan sebagai persiapan adalah mempelajari berbagai strategi bisnis yang telah orang lain jalankan dan berhasil atau sukses.

Dengan begitu kita bisa mengambil pelajaran dari berbagai strategi yang ada. Dari berbagai pengalaman yang ada, setidaknya ada beberapa catatan penting yang perlu kita perhatikan saat kita hendak memulai sebuah usaha kuliner online. Beberapa hal tersebut antara lain seperti dijelaskan di bawah ini:

1. Pilih produk sesuai minat pasar
2. Gunakan jasa pengiriman yang pelayanannya bagus
3. Bangun kepercayaan pelanggan
4. Lakukan riset pasar

Dari segi produk, kita bisa memilih produk makanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk menentukannya kita harus mengadakan penelitian terlebih dahulu produk makanan apa yang dibutuhkan. Untuk pertimbangan, jenis makanan kering lebih mudah untuk dipasarkan secara online mengingat daya tahannya yang lebih lama jika dibandingkan dengan makanan basah.

Karena kita bergerak dibidang makanan maka proses pengiriman menjadi hal yang sangat penting. Sebaiknya pilih jasa pengiriman yang benar-benar memberikan pelayanan yang bagus. Pastikan makanan yang dipesan sampai tepat waktu dalam keadaan baik dan layak dikonsumsi.

Untuk sukses kita harus membangun kepercayaan pelanggan. Ingat, konsumen tidak bisa langsung bertemu dengan kita sebagai penjual, karena itu kepercayaan menjadi hal mutlak untuk terjadinya sebuah transaksi pemesanan. Selain itu dalam memulai usaha ini kita juga harus mempelajari masalah yang di hadapi dalam usaha penjualan makanan dan cara mengatasinya.

Bisnis Jual Makanan Online Menjanjikan

Terakhir, apapun produk yang akan kita jual kita harus melakukan riset pasar tentang produk tersebut. Paling tidak kita harus tahu gambaran kebutuhan konsumen akan produk yang akan kita sediakan, benar bukan?

Usahakan dalam memilih produk kita memperhitungkan kebutuhan dan masalah yang konsumen hadapi berhubungan dengan produk tersebut.  Usahakan produk makanan yang kita sediakan bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Itulah sedikit mengenai bisnis jual makanan online, mudah-mudahan bisa menjadi sumber belajar dan juga inspirasi bagi kita semua yang berencana membuka bisnis di bidang kuliner tersebut secara online. Tetap semangat dan jadilah pengusaha sukses yang bermartabat, trims.

Bisnis Jual Makanan Online Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko