Tuesday, February 24, 2015

Peluang Ide Jual Makanan Online Menjanjikan Untung Besar

Peluang Ide Jual Makanan Online - Zaman sudah semakin maju, usaha semakin berkembang, sekarang banyak yang menggunakan media online untuk berbelanja. Ini tentu membuat jenis usaha mulai banyak dipasarkan secara online begitu juga dengan produk makanan.

Ide untuk menjual produk kuliner secara online sudah mulai banyak diaplikasikan oleh banyak pelaku bisnis. Apakah anda tertarik dengan ide usaha ini, produk apa yang cocok untuk di jual online? Berjualan online adalah menjual produk usaha dengan menggunakan media internet.

Sistem penjualan produk secara online sekarang ini semakin marak dilakukan oleh banyak kalangan pelaku bisnis. Sistem ini dilakukan untuk memperluas target pemasaran suatu produk yang tidak mengenal batas tempat atau lokasi.

Umumnya semua produk bisa di jual secara online namun ada beberapa produk yang tentunya kurang bagus. Pada kesempatan ini situs peluang sukses usaha akan membahas beberapa ide usaha yang bisa dikembangkan dengan memanfaatkan sistem penjualan secara online ini.

Pertama-tama sebelum membahas lebih jauh mengenai jual makanan online sebagai persiapan dasar tentu saja kita akan membahas mengenai prospek usaha dengan sistem ini. Kita akan melihat seberapa besar peluang yang dimiliki.

Termasuk di dalamnya mengetahui lebih jauh mengenai kelemahan dan kelebihan dari sistem jual makanan online. Yang berminat ingin memiliki usaha seperti ini tentu harus langsung gabung bersama mengikuti pembahasan berikut.

1) Gambaran Peluang Jual Makanan Online

Apakah ide untuk menjual produk makanan secara online dapat diterima? Jawabannya tentu saja bisa, kita bisa lihat banyak sekali jenis produk yang bisa dijajakan atau di jual melalui internet.

Meski demikian, produk makanan tentu memiliki sedikit kelemahan tersendiri jika hendak dipasarkan secara online mengingat produk makanan lebih cepat kadaluarsa atau basi. Lalu apakah ide seperti ini cukup menjanjikan?

Menjanjikan atau tidak sangat tergantung pada jenis produk makanan yang akan dipasarkan. Secara umum, mendirikan usaha sistem online memang memiliki prospek yang cukup menarik namun semua tentu akan tergantung pada minat konsumen akan produk yang kita pasarkan.

Alasan ide bisnis seperti ini peluangnya masih dianggap bagus adalah karena pelaku usaha yang menggunakan sistem ini dapat dikatakan masih sedikit. Jadi kita masih memiliki cukup banyak waktu untuk mendirikan dan mengelola usaha kita dengan baik sampai pada titik dimana sistem jual beli online sudah benar-benar membudaya.

Perkembangan jual beli online di tanah air memang pesat namun baru menyentuh kalangan menengah atas saja mengingat akses internet yang masih belum begitu merata di semua lapisan masyarakat.

Sebagian masyarakat juga masih sedikit tabu dan ngeri atau takut jika berurusan dengan sistem jual beli ini karena tidak dapat bertemu langsung antara penjual dan pembelinya.

Jika saat ini kita memulai mendirikan sebuah usaha dengan sistem online maka kita masih akan mengalami sulitnya mencari pembeli karena keterbatasan di atas.

Namun begitu terbatasnya jumlah konsumen tersebut akan memberikan pergerakan yang cukup lambat sehingga dapat memberikan ruang bagi kita untuk lebih mengenal dan mendalami sistem usaha ini. Masih ada waktu bagi kita untuk berbenah dan menata usaha jual beli tersebut dengan bagus misalnya mempelajari cara pemasaran online yang sukses.

Untuk bergerak di bidang usaha jual makanan online ini kita harus mau dihadapkan dengan beberapa kendala, khususnya yang berkaitan dengan kualitas produk. Dengan produk makanan itu berarti kita harus berurusan dengan ketahanan produk mengingat produk makanan tentu memiliki beberapa keterbatasan. Beberapa keterbatasan produk makanan yang dapat dijual secara online antara lain:

1. Harus lebih cepat sampai ke pembeli
2. Lebih rawan rusak di pengiriman
3. Kualitasnya bisa menurun
4. Ide usaha mudah untung besar

Menggunakan sistem jual online maka kita dapat menjangkau pelanggan dari mana pun dan itu berarti produk kita juga harus sampai di tangan konsumen dengan keadaan baik tanpa cacat apalagi basi. Melihat keadaan ini maka jaminan bahwa produk yang kita jual mampu bertahan dalam keadaan bagus merupakan salah satu tantangan yang harus di pecahkan.

Untuk usaha baru tentu saja ini merupakan masalah yang serius oleh karena itu ide usaha ini tentunya harus dibarengi dengan pemilihan produk makanan yang tepat, yang dapat dikirim menggunakan jasa pengiriman dan sampai dengan keadaan layak untuk dikonsumsi.

2) Contoh Produk Makanan yang Bagus untuk di Jual Online

Di atas sudah dijelaskan sedikit baik buruknya atau kelebihan dan juga kelemahan dari sistem usaha online. Jika kita masih bertahan dengan ide usaha makanan online ini maka sebaiknya langkah persiapan kita kita mulai dengan menentukan produk yang bagus dan cocok dengan sistem usaha yang akan kita jalankan.

Benar sekali, jualan online memang masih menjanjikan namun untuk produk makanan kita bisa memilih beberapa produk saja yang bisa di dukung. Mengingat sistem ini adalah sistem jual beli yang mengandalkan jasa pengiriman maka kita sebaiknya menyiapkan produk yang tahan lama, tidak mudah rusak, basi dan lain sebagainya.

Untuk itu akan lebih baik jika kita memasarkan produk yang merupakan makanan kering atau produk makanan basah yang dikemas dengan baik. Beberapa produk makanan yang sudah banyak dipasarkan antara lain sebagai berikut:

1. Produk keripik
2. Produk Empek-empek (pempek)
3. Produk jajanan anak
4. Produk buah
5. Produk cake (kue)

Beberapa jenis produk di atas ada yang sudah banyak beredar melalui penjualan online ke berbagai daerah tetapi ada juga yang masih terbatas dalam sekala kecil saja. Lalu produk apa saja yang bagus untuk dijalankan atau dijual secara online. Berikut beberapa produk yang sedang dan mulai ramai di pasarkan:

Produk aneka keripik
- Kripik singkong
- Kripik buah
- Kripik nagka
- Kripik pisang
- Kripik coklat
- Kripik ikan
- Kripik lele
- Kripik belut
- Kripik udang
- Kripik daun pepaya

Produk makanan kaleng
- Produk olahan ikan
- Produk olahan daging
- Produk rendang

Berbagai produk di atas tentunya hanyalah merupakan contoh beberapa produk yang mendukung untuk menjadi bahan usaha online yang ingin kita dirikan. Terlepas dari semua contoh di atas tentunya kita dapat menentukan sendiri mana yang paling bagus dan berpeluang.

analisa peluang usaha jual makanan online

Mengingat sistem penjualan seperti ini masih tergolong baru maka jika kita hendak mendirikan usaha sistem ini hendaknya kita benar-benar mempertimbangkan semua aspek dan juga membuat perencanaan yang matang.

Sudah banyak yang membuka usaha seperti ini dan harus menerima rasa pahit kegagalan namun banyak juga yang sudah sukses. Semoga sedikit mengenai peluang jual makanan online ini bisa menjadi tambahan inspirasi bagi kita semua.

Peluang Ide Jual Makanan Online Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko