Sunday, September 25, 2016

Usaha Katering dengan Peluang Menjanjikan

Usaha katering adalah usaha jasa pembuatan makanan yang sesuai dengan pesanan yang diberikan oleh konsumen. Jenis pesanan makanan pada katering biasanya berupa paket menu makan pagi, siang atau malam.


Usaha ini merupakan salah satu usaha yang prospek keuntungannya masih lumayan bagus. Karena itu untuk referensi dan tambahan ide wira usaha kali ini akan kita bahas peluang usaha katering menjanjikan secara lebih rinci. 

Jenis usaha katering yang menitik beratkan pada produk makanan memang tidak akan pernah surut, setiap hari pasti ada saja permintaan yang datang. Wajar jika banyak pelaku bisnis yang menekuni usaha seperti ini, mulai dari usaha kecil-kecilan seperti jual es di pinggir jalan sampai membuka restoran besar.

Hasil dari usaha seperti ini juga tidak kecil bahkan bisa beberapa kali lipat dari modal yang dibelanjakan. Meski terlihat begitu menggiurkan, untuk memulai bisnis seperti ini kita juga tetap harus membuat persiapan yang baik.

Kita harus memperhitungkan segala aspek yang berkaitan dengan peluang sukses yang ada. Kalau kita tidak tahu bagaimana peluang bisnis katering tersebut maka akan sangat berisiko jika kita memulainya.

Secara umum, usaha makanan ini memiliki peluang yang menjanjikan, dimana kita bisa mendapatkan keuntungan yang jumlahnya bahkan bisa tiga kali lipat dengan modal yang dibelanjakan. Meski begitu usaha ini termasuk usaha yang memerlukan modal sedang karena selain biaya produksi kita juga harus menyiapkan tempat yang sesuai.

Jika hanya mengandalkan pesanan dan tidak ada tempat (warung makan) maka akan sedikit berat dari sisi promosi. Bisa kita lihat, usaha-usaha yang sudah berjalan biasanya yang pertama adalah mendirikan warung makan kemudian baru memasarkan produk katering tersebut.

Untuk gambaran saja, usaha ini bisa dikhususkan dalam pelayanan yang lebih khusus yaitu mengenai pelayanannya. Beberapa pelayanan katering antara lain:

- Katering khusus rumahan
- Katering industri dan perkantoran
- Katering pelajar, mahasiswa
- Katering acara khusus

Modal yang paling penting dari usaha ini adalah kemampuan kita dalam membuat masakan yang menarik, lezat dan disukai oleh konsumen. Kalau kita sudah memiliki dasar analisa tentang peluangnya maka untuk mendirikan bisnis ini tidaklah sulit. Agar lebih jelas mari kita ikuti ilustrasi di bawah ini.

1) Persiapan Membuka Usaha Katering

Di atas telah disinggung bahwa modal utama dari bisnis ini adalah kemampuan membuat makanan yang sesuai selera konsumen. Setelah itu dimiliki, langkah persiapan yang harus dilakukan untuk memulai bisnis katering ini tidaklah sulit dan tidak akan ribet.

Siapkan saja modalnya, beli peralatan yang dibutuhkan, buka dan promosikan makanan yang ada. Meski tidak sulit namun tidak bisa dilakukan sembarangan, kita harus merencanakan terlebih dahulu segala sesuatunya mulai dari pemilihan tempat sampai pada proses menyiapkan hidangan.

Untuk memulai usaha ini pemilihan tempat adalah hal yang sangat penting, kita harus memastikan bahwa tempat yang dipilih benar-benar strategis. Dalam pemilihan tempat ada beberapa hal yang harus di perhatian yaitu:

1. Pilih daerah perkotaan yang ramai dengan para pekerja
2. Pilih lokasi yang mudah dijangkau
3. Pilih lokasi di tepi jalan utama

Untuk tempat kita memang harus benar-benar mendapatkan lokasi yang bagus untuk bisnis katering agar mendukung prospek kemajuan usaha tersebut. Perlu diingat, konsumen potensial usaha ini adalah masyarakat yang memiliki kesibukan dan tidak sempat untuk pulang kerumah untuk makan.

Selain itu juga masyarakat yang sibuk dan sering tidak sempat menyiapkan hidangan sendiri di rumah merupakan target untuk usaha ini. Kalau masyarakat pedesaan tentu potensinya masih kurang bagus.

Setelah selesai dengan pemilihan lokasi yang strategis selanjutnya kita akan mulai menyiapkan hal lain. Beberapa hal yang harus kita persiapkan selanjutnya adalah peralatan dan modal. Penjelasan rinci mengenai hal tersebut bisa dilihat di bawah ini.

Peralatan
Untuk masalah alat tentu saja yang kita butuhkan adalah alat masak mulai dari penggorengan, panci, penanak nasi dan lain sebagainya. Jenis peralatan yang kita butuhkan ini akan kita sesuaikan dengan jenis makanan yang akan kita pasarkan. Jika kita akan menggunakan outlet atau warung makan untuk memasarkan produk katering tersebut maka perlatannya juga bisa disesuaikan.

Modal Usaha
Modal awal untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu banyak jika diluar gedung atau tempat usahanya. Untuk membiayai peralatan dan juga biaya produksi modal yang kita siapkan di awal bisa berkisar antara Rp. 500.000,- sampai Rp. 2.000.000,-

Modal tersebut tentunya akan bervariasi tergantung besar kecilnya skala usaha yang akan dibangun dan juga produk yang akan dipasarkan. Kalau katering berdasarkan pesanan jadi biaya produksi sehari-hari akan tergantung pada jumlah pesanan yang masuk.

Selain beberapa persiapan di atas yang perlu diingat juga adalah bisnis makanan ini juga membutuhkan modal keahlian yaitu dalam hal memasak. Akan semakin bagus jika kita memiliki kemampuan memasak yang baik dan didukung dengan penguasaan resep-resep yang beragam.

2) Tips Sukses Membuka Usaha Katering

Kita semua yang baru berniat memulai usaha ini terkadang masih sedikit ragu dan takut dalam memulai. Jika kita memang memiliki keahlian maka tidak ada alasan untuk takut dan ragu, yang perlu kita lakukan hanya membekali diri dengan berbagai persiapan dan kemampuan yang bisa digunakan untuk mendukung suksesnya usaha tersebut.

Mulai dengan semangat dan kerjakan dengan benar, kesuksesan tidak akan datang ke kita tanpa jerih payah. Jadi, tetap semangat dalam menjalankan semua persiapan tersebut. Untuk sekedar oleh-oleh bagi kita yang hendak memulai bisnis ini, berikut ada beberapa tips sukses membuka usaha katering tersebut. Silahkan cermati beberapa kiat tersebut di bawah ini.

1. Buat perencanaan yang matang dari seluruh aspek usaha
2. Pilihlah lokasi yang strategis
3. Pilih jenis layanan katering yang paling sesuai dengan lokasi
4. Kenalkan usaha kita ke teman, rekan kerja, kerabat, saudara dan orang terdekat
5. Lakukan analisa perbulan

Dari semua aspek yang telah dituturkan di atas inti dari jalan kesuksesan kita adalah ketekunan, semangat dan perhitungan yang cermat atas segala hal yang akan kita jalani. Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan selalu belajar maka tidak ada yang tidak mungkin.

Untuk kesimpulan, usaha katering adalah usaha yang menjanjikan tapi untuk dapat sukses dalam usaha ini banyak hal yang harus dipelajari, dipersiapkan dan diperjuangkan. Mulailah dengan membaca peluang usaha katering tersebut di daerah kita, jika prospeknya menjanjikan maka kenapa tidak mencoba?

Jika anda berniat mewujudkan kesuksesan dari usaha ini mudah-mudahan informasi yang tidak seberapa ini bisa menjadi bekal dan tips yang ada bisa menjadi pertimbangan dalam memulai semuanya.

Usaha Katering dengan Peluang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko