Friday, March 17, 2017

Mau Buka Usaha Takut Gagal, Tips Panduan Pengusaha Pemula Berikut Wajib Anda Baca

Cara yang paling banyak dilakukan di awal buka usaha adalah meniru atau mencontek berbagai usaha lain yang sudah maju. Terdengar tidak jujur namun hal itu merupakan hal yang sangat lumrah bagi pelaku usaha baru dalam mencari ide. 



Biasanya hal tersebut diawali dengan perasaan yang bingung mau buka usaha apa yang bisa menjanjikan dan membuat sukses dengan kehidupan yang lebih baik.

Jika dilihat dari berbagai perjalanan kisah pengusaha sukses salah satu yang wajar dilakukan adalah meniru usaha orang lain ketika pemula hendak buka usaha. Meniru usaha orang lain memang boleh-boleh saja dan banyak juga yang sudah sukses dengan jalan seperti itu. 

Tapi perlu diketahui, kebanyakan peniru usaha orang lain ternyata tidak bisa lebih sukses dari pemilik usaha yang ditiru, kenapa demikian? Hal ini tentu berkaitan dengan ide dan gagasan spektakuler yang menarik dan bisa diterima masyarakat luas.

Jadi, kegiatan meniru usaha orang lain tersebut hendaknya hanya dijadikan sarana pembelajaran dan langkah awal saja dan selanjutnya harus ada kreativitas dan inovasi yang menunjang bagi keberhasilan usaha baru buka tersebut. 

Di awal, selain menemukan ide brilian untuk dijalankan, seorang pengusaha pemula hendaknya juga memiliki persiapan yang matang jika ingin membuka usaha baru yang menjanjikan.

Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan yang matang terhadap berbagai kegiatan usaha yang akan dijalankan. 

Selain itu pelaku usaha hendaknya juga memiliki rencana antisipasi kegagalan atau memiliki manajemen resiko yang baik. Bagi pengusaha pemula yang buka usaha baru bisa mengantisipasi kegagalan dengan berbagai kiat atau tips berikut.

Seperti di kutip dari laman peluangusahamodalkecilkeuntunganbesar.blogspot.com (16/11/2015), kalau kita mau menyimak dengan teliti, mendengarkan cerita, membaca pengalaman entrepreneur yang pernah gagal, maka kita harus mengantisipasi kegagalan dengan mempelajari 10 M di bawah ini.
  1. Mempelajari banyak kesalahan atau pengalaman orang lain, yang berarti Anda harus menerapkan pengalaman orang lain sebagai sebuah pelajaran
  2. Matangkan diri Anda dengan banyak belajar dari semua yang Anda lihat, dengar, mengerti dari sekitar Anda dan dari bacaan sehari-hari
  3. Memanfaatkan dan mempelajari akses informasi yang diperlukan.
  4. Mengantisipasi masalah yang kira-kira banyak terjadi pada mayoritas pebisnis.
  5. Mempelajari latar belakang calon mitra bisnis secara teliti dan tidak mudah percaya terhadap siapapun serta tidak terburu-buru melakukan kerjasama bisnis.
  6. Masalah sepele tidak dianggap gampang, karena yang sepele bisa menjadi besar.
  7. Merasa cepat puas akan menjadikan kita mandek di tempat.
  8. Memfokuskan diri pada tujuan yang hendak dicapai, akan lebih memudahkan perjalanan bisnis Anda.
  9. Miliki dan bangunlah personal network dimanapun Anda berada.
  10. Mampu meyakinkan orang banyak dengan perbuatan dan kata-kata yang benar, jelas dan jujur.

Awal membuka usaha kita harus mencari ide usaha yang menjanjikan dan mempersiapkan berbagai rencana yang matang. Selanjutnya kita bisa melengkapi perencanaan tersebut dengan manajemen resiko untuk antisipasi kegagalan. 

Jadi, tidak perlu lagi Bingung Mau Buka Usaha Apa, kita bisa menjadikan berbagai pengalaman pengusaha lain sebagai Panduan Pengusaha Pemula yang bisa kita terapkan. Itu saja, mudah-mudahan bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi kita bersama. 

Mau Buka Usaha Takut Gagal, Tips Panduan Pengusaha Pemula Berikut Wajib Anda Baca Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma