Tuesday, February 21, 2017

Ingin Sukses Bisnis Pakaian, Coba Tips Mengembangkan Butik Baju Berikut!

Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian - Berbeda dengan jenis bisnis di bidang kuliner, bisnis jual beli di bidang pakaian ini tingkat penjualannya memang lebih lama. Hal ini karena tentunya tidak setiap hari orang akan membeli baju baru karena baju bisa dipakai berbulan-bulan.

Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian
Foto: Ilustrasi/smartbisnis
Maka dari itu, untuk mengembangkan usaha butik diperlukan strategi tambahan yang bisa dilakukan. Kali ini kita akan membahas berbagai macam tips dan juga kita seputar usaha ini agar bisa lebih sukses.

Selain di daerah yang ramai atau di kota besar, usaha pakaian semacam ini kebanyakan akan mengalami sepi pembeli. Pembeli akan ramai dan mulai meningkat hanya saat menghadapi hari raya idul fitri atau lebaran saja. Ini tentu menjadi persoalan tersendiri bagi kita yang memang berniat fokus dan total dalam menggeluti usaha ini.

Maka dari itu perlu ada pengelolaan yang baik serta rencana pengembangan yang terarah agar usaha ini bisa berjalan, lebih maju dan bisa sukses. Sebagai contoh saja, sebaiknya kita memahami bagaimana cara mengembangkan bisnis butik dan cara mengatasi kendalanya sekaligus.

Tanpa adanya usaha dan tindakan nyata yang benar-benar terarah dan terencana maka usaha ini akan lebih sulit untuk maju. Tanpa dipikirkan, di analisa dan dicarikan solusi yang tepat maka akan sangat mungkin usaha yang berjalan hanya bisa berjalan saja.

Usaha bisa berjalan tanpa ada perkembangan dan bahkan semakin tahun akan semakin menyusut. Untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa tips dan kiat dalam mengembangkan bisnis butik yang bisa kita lakukan.

1) Hindari menjual dengan sistem hutang
Pertama, perhatikan masalah sistem penjualan. Kalau di kota besar mungkin kita tidak akan mengalami yang namanya sistem penjualan di hutang. Namun dalam beberapa kasus sering kali kita harus menghadapi masalah ini dimana pakaian yang kita jual dihutang oleh pelanggan.

Untuk skala usaha ini, sebaiknya hindari memberikan penjualan dengan sistem hutang. Ingat, memberikan hutang (kredit baju) pada satu pelanggan sama saja memberikan hutang kredit kepada semua pelanggan. 

Sebaiknya sistem ini dihindari karena resiko macet dari pelanggan sangat besar, jika sudah macet maka akan sulit bagi kita untuk membukukan keuntungan. Sebisa mungkin dari awal sebaiknya kita hindari sistem ini.

Bahkan meski kita menaikkan harga jualnya namun hal ini tetap kurang efektif mengingat kita akan menghadapi banyak konsumen yang menginginkan pelayanan yang sama. Kecuali kalau dari awal usaha kita memang usaha sistem kredit.

2) Pilih produk yang cepat laku
Bagi usaha butik yang masih tergolong baru dan memiliki keterbatasan modal maka akan lebih baik jika kita memilih produk yang perputarannya lebih cepat. Dengan begitu tidak akan ada kekosongan pemasukan atau kas pada usaha kita.

Contohnya, kita bisa memilih jenis produk yang lebih cepat laku misalnya modelnya cepat berganti atau produk yang harganya murah.

Selain itu kita juga bisa memilih jenis produk pakaian anak mulai dari pakaian bayi, balita, dan anak-anak.

Ini akan memberikan kita perputaran penjualan yang lebih cepat karena anak akan lebih sering membutuhkan baju baru baik karena cepat rusak maupun karena pertumbuhan usia yang semakin besar. Kalau kita memilih produk yang harganya mahal maka resikonya adalah penjualan akan lebih lama.

3) Hindari mengajukan pinjaman kredit
Untuk masalah peminjaman kredit usaha sebaiknya benar-benar diperhitungkan sesuai dengan skala dan kondisi usaha. Jika usaha butik pakaian kita tersebut masih tergolong baru maka sebaiknya kita tahan dulu dan kita hindari peminjaman modal.

Hal ini sebaiknya kita lakukan mengingat kekuatan keuangan usaha belum begitu besar sehingga resiko tanggungan kita akan lebih besar.

Kita bisa melakukan analisa atau mengukur kemampuan dengan menghitung jumlah laba bersih yang kita dapat per bulan. Ingat, yang kita hitung adalah laba atau keuntungan yang kita dapat bukan jumlah uang yang kita dapat.

Contohnya, jika kita membukukan penjualan sebesar 10 juta setiap bulan maka nilai tersebut harus kita potong terlebih dahulu dengan biaya modal pakaian yang sudah terjual, biaya pekerja dan lain sebagainya.

Setelah di dapat laba bersih dari pendapatan tersebut barulah kita kalkulasikan laba tersebut dengan manajemen yang ada. Nilai rata-rata laba bersih yang di dapat setiap bulannya harus lebih besar dari jumlah tanggungan kredit yang akan kita ajukan.

4) Buat pembukuan teratur
Pembukuan akan membantu kita menganalisa berbagai hal yang berkaitan dengan usaha yang sedang kita jalankan. Menerapkan pembukuan atau manajemen pencatatan yang baik akan merekam semua kegiatan yang dijalankan usaha kita.

Ini akan berguna untuk mengetahui berbagai informasi vital dalam sebuah usaha. Sebagai contoh kita dapat mengetahui perkembangan penjualan dari bulan ke bulan dengan melihat laba yang diperoleh.

Kita juga bisa mengukur semua beban yang dimiliki oleh usaha tersebut dan terpenting kita juga bisa mengetahui kemampuan atau kekuatan usaha yang telah kita kembangkan. Secara keseluruhan kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan usaha kita dari hari ke hari.

5) Berikan produk dan pelayanan terbaik
Untuk dapat mengembangkan bisnis pakaian ini dengan baik maka produk dan pelayanan berkualitas merupakan hal mutlak yang harus kita sajikan. Maka dari itu kita harus senantiasa memberikan yang terbaik untuk pelanggan sesuai dengan apa yang seharusnya mereka dapatkan.

Dengan memelihara kualitas produk dan pelayanan maka kita akan secara tidak langsung memelihara kepercayaan pelanggan terhadap kita.

6) Kembangkan produk, kembangkan pemasaran
Pada satu titik manakala bisnis butik pakaian tersebut telah dianggap mampu maka tidak salah jika kita menerapkan program pengembangan yang telah direncanakan. Pengembangan ini bisa dari berbagai macam sisi mulai dari sarana prasarana, pelayanan, produk bahkan juga pemasaran.

Contoh sederhananya kita bisa menambah koleksi produk butik yang sudah ada dengan yang lebih lengkap, atau kita juga bisa mengembangkan sistem pemasaran baru dengan mulai merambah ke sistem pemasaran online dan lain sebagainya.

Meski tidak dapat dijadikan patokan dan acuan kesuksesan bisnis namun berbagai Tips Mengembangkan Bisnis Butik Pakaian di atas bisa kita pertimbangkan sebagai salah satu langkah dalam memaksimalkan kinerja bisnis yang sedang kita kelola. Itu saja hari ini semoga bermanfaat.

Ingin Sukses Bisnis Pakaian, Coba Tips Mengembangkan Butik Baju Berikut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma