Tuesday, February 28, 2017

Ingin Buka Usaha Travel Mobil, Hal Penting Ini Harus Anda Pelajari Jika Ingin Sukses

Analisa Peluang Usaha Travel Mobil - Hampir sama dengan jenis usaha jasa rental mobil, usaha travel mobil juga memiliki peluang yang cukup bagus untuk dikembangkan. Namun seperti kita tahu, banyak juga usaha travel ini yang bangkrut dan gagal. 

Analisa Peluang Usaha Travel Mobil
Foto: Ilustrasi travel/aceh terkini

Hal ini karena sebenarnya ada faktor-faktor lain yang berperan dalam perkembangan usaha ini khususnya yang berkaitan dengan peluang usaha travel mobil tersebut. Meski secara umum bagus namun peluang atau prospek usaha ini juga dipengaruhi banyak faktor.

Beberapa faktor yang mempengaruhi peluang tersebut akan kita bahas lebih dalam agar kita bisa memperoleh gambaran lebih detail mengenai bagaimana peluang yang ada. Dengan begitu kita tidak perlu terjebak dengan kesimpulan yang hanya didasarkan pada kesimpulan secara umum saja.

Besar kecilnya sebuah peluang sebuah usaha akan ditentukan oleh berbagai faktor pendukung yang berkaitan dengan usaha tersebut. Jika faktor pendukungnya baik maka peluangnya pun akan baik pula dan sebaliknya jika faktor pendukung usaha tersebut tidak baik atau tidak maksimal maka demikian juga dengan peluang yang ada.

Maka dari itu yang akan menentukan bagus tidaknya sebuah usaha adalah komponen usaha tersebut. Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai berbagai komponen tersebut ada beberapa analisa usaha lain yang juga bisa kita pertimbangkan sebagai ide. Beberapa analisa jenis usaha lain yang hampir mirip dengan usaha ini antara lain yaitu sebagai berikut:

1) Analisa usaha rental mobil
2) Analisa usaha cuci mobil
3) Analisa usaha cuci mobil keliling
4) Analisa usaha budidaya lele
5) Analisa usaha lobster air tawar
6) Pengertian analisa usaha
7) Analisa usaha ayam petelur
8) Analisa usaha sapi potong

Beberapa ide analisa di atas bisa juga kita pelajari lebih dalam siapa tahu ada hal penting yang bisa di gali. Kembali ke pokok pembahasan, untuk bisnis travel agar tahu bagaimana persisnya maka kita sebaiknya mendalami beberapa faktor.

Faktor yang hendaknya dipelajari antara lain mulai dari kebutuhan konsumen, tingkat kemampuan pemenuhan modal, kondisi pasar dan persaingan dan lain sebagainya. Penjelasan rinci mengenai berbagai faktor tersebut sebagai berikut.

a. Analisa kebutuhan konsumen
Permintaan pasar atau kebutuhan konsumen adalah dasar yang akan menggerakkan usaha yang akan kita bangun. Begitu juga dengan jenis usaha jasa ini, jika kebutuhan konsumen akan jasa travel mobil tinggi maka peluangnya akan semakin bagus.

Jadi, dalam melakukan analisa peluang usaha maka kita harus mendalami masalah kebutuhan konsumen tersebut. Kita harus mencari tahu gambaran bagaimana kebutuhan konsumen pada daerah yang akan di bidik menjadi target pasar.

Jangan sampai salah, jika kita mendirikan usaha travel yang masyarakatnya sangat sedikit membutuhkan jasa tersebut maka itu sama saja bunuh diri, benar tidak? Penting bagi kita untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat dari berbagai informasi yang kita kumpulkan.

Dalam menganalisa kebutuhan konsumen ini kita bisa mencari tahu mengenai kebiasaan masyarakat dalam bepergian mulai dari kendaraan yang biasa digunakan, cara melakukan perjalanan, seberapa sering melakukan perjalanan dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi seperti ini mungkin akan sedikit sulit tapi jika kita bisa mendapatkan informasi akurat mengenai hal tersebut maka hal itu bisa menjadi modal awal kita dalam membangun bisnis atau usaha travel ini.

b. Analisa tingkat kemampuan pemenuhan modal
Usaha jenis jasa travel ini adalah sebuah usaha yang membutuhkan modal cukup besar karena yang kita jual merupakan pelayanan jasa penggunaan mobil untuk kebutuhan perjalanan. Maka dari itu penting bagi kita untuk dapat memetakan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan modal yang digunakan.

Sebaiknya kita dapat menghitung modal yang diperlukan dan modal yang bisa kita sediakan. Selain itu, kita juga harus melakukan analisa lain seputar modal yaitu mulai dari analisa biaya produksi, analisa laba yang bisa didapat, BEP dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan modal ini kita bisa menganalisa besar harga jual jasa yang ada atau yang umum di masyarakat, menghitung biaya produksi agar bisa mengkalkulasikan selisih biaya produksi dan nilai jual jasa sebagai laba yang bisa di dapat.

Dengan begitu kita bisa memiliki gambaran lebih jelas mengenai potensi laba yang bisa di dapat dari modal yang bisa dikeluarkan. Tidak hanya sampai pada masalah tersebut kita juga sebaiknya bisa memperhitungkan resiko kerugian dari usaha travel yang akan kita jalankan.

Analisa resiko hendaknya dijalankan baik dari sisi modal uang maupun dari sisi lainnya. Semakin menyeluruh analisa kita maka kita akan semakin mudah dalam menentukan kualitas peluang yang akan kita gunakan sebagai dasar usaha.

c. Analisa kondisi pasar dan persaingan
Pasar adalah medan pertempuran yang mutlak harus kita pelajari jika kita ingin sukses membangun bisnis dan usaha. Itulah sebabnya dalam menganalisa peluang atau potensi usaha kita harus tidak melupakan masalah kondisi pasar yang akan kita temui.

Disini kita sebaiknya mempelajari kondisi persaingan yaitu mulai dari besar kecilnya persaingan, tingkat kemampuan pesaing, ketat tidaknya persaingan, banyak tidaknya pesaing dan seterusnya.

Dengan memiliki informasi akurat dan lengkap mengenai medan yang akan kita masuki maka kita bisa merumuskan strategi sebelum memasuki kancah persaingan yang sudah ada tersebut.

Mana yang harus kita perkuat, strategi apa yang harus di gunakan untuk mendapatkan konsumen, tips apa untuk menjaga agar persaingan tetap sehat dan tidak merugikan pengusaha dan sebagainya dan sebagainya.

Tingkat persaingan dan kondisi pasar juga dapat mempengaruhi harga yang ada di masyarakat, maka dari itu kita benar-benar harus memiliki bekal informasi mengenai kondisi pasar yang ada. Jangan pernah mengabaikan kondisi aktual pasar yang akan dimasuki jika ingin bertahan.

d. Analisa hambatan dan kendala
Jika ada dua pengusaha, yang satu mampu menghadapi hambatan dan kendala dengan baik sedangkan yang satu tidak maka yang tidak sudah pasti akan tersisih. Jika tidak diantisipasi maka kita akan lemah dan mungkin semakin lemah dan hancur.

Maka dari itu penting untuk melakukan analisa mengenai berbagai hambatan dan kendala dari usaha tersebut. Berbicara mengenai peluang untuk usaha ini maka semakin sedikit kendala dan hambatan yang bisa ditemui maka akan semakin bagus peluangnya.

Maka dari itu jika sebelumnya kita telah menentukan dan mengambil sikap untuk menjalankan usaha ini maka kita harus melakukan analisa mengenai hal ini. Hasil analisa diharapkan bisa berguna untuk membuat perencanaan sebagai langkah pencegahan dan pengendalian serta pemecahan masalah yang akan dihadapi.

Mengenai hasil Analisa Usaha Travel Mobil ini peluangnya secara umum baik dan patut untuk dijalankan. Namun demikian jika kita ingin menjalankan usaha ini maka wajib bagi kita untuk mengadakan analisa menyeluruh terhadap berbagai faktor seperti di atas untuk menentukan presentase peluang yang dimiliki.

Analisa tersebut sebaiknya dilakukan secara objektif sesuai rencana atau ide gagasan yang dimiliki misalnya di sesuaikan dengan tempat atau lokasi usaha tersebut, pasar yang dibidik dan sebagainya. Itu saja sementara ini, semoga bermanfaat!

Ingin Buka Usaha Travel Mobil, Hal Penting Ini Harus Anda Pelajari Jika Ingin Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma