Thursday, February 23, 2017

Contoh Ide Usaha Industri Olahan yang Prospek dan Menjanjikan

Industri Olahan Yang Prospek Menjanjikan -Niat mendirikan sebuah bisnis atau usaha kadang memerlukan waktu lama untuk terrealisasi karena sulitnya mencari ide yang menjanjikan. Kesulitan ini karena untuk ide sebuah bisnis yang akan dijalankan harus memiliki prospek yang bagus dan peluang keberhasilannya tinggi.

Industri Olahan Yang Prospek Menjanjikan
Foto: Ilustrasi Industri Olahan/antarafoto.com
Itulah sebabnya di awal memiliki niat untuk mendirikan sebuah bisnis kita harus banyak-banyak mencari referensi dan bahan pertimbangan untuk mendapatkan ide yang bagus. Kali ini untuk mewujudkan peluang sukses usaha maka kita akan membahas salah satu ide bisnis yang bisa menjadi salah satu pertimbangan kita yaitu ide bisnis di bidang industri pengolahan.

Tentu saja disini akan kita bahas mengenai beberapa ide yang secara umum memiliki potensi yang cukup untuk dipertimbangkan. Pembahasan ini diharapkan dapat menjawab keraguan dan kebutaan kita terhadap sesuatu yang akan dikerjakan, khususnya untuk menjawab pertanyaan "industri olahan apakah yang selalu memberi prospek menjanjikan".

Jenis bisnis di bidang industri pengolahan memang menjadi salah satu ide bisnis yang banyak dipertimbangkan.

Alasannya adalah bisnis ini merupakan jenis bisnis skala besar yang diharapkan bisa memberikan sumbangan pendapatan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan bisnis lain. Nah, bagi yang kebetulan sedang mencari referensi untuk ide bisnis di bidang ini setidaknya ada tiga jenis bisnis olahan yang bisa dipertimbangkan seperti di bawah ini.

1) Produk olahan ikan
2) Produk olahan buah
3) Industri olahan daging unggas

Untuk kategori industri pengolahan, ketiga produk olahan tersebut bisa menjadi pertimbangan kita mengingat masing-masing produk olahan di atas merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang permintaannya cenderung tinggi dari waktu ke waktu. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

A. Industri Produk olahan ikan
Ikan merupakan bahan pangan yang sangat tinggi permintaannya. Semakin hari, bisa dilihat bahwa orang cenderung semakin mencari kemudahan dalam menikmati produk dari ikan tersebut. Kalau dulu orang tidak mengenal dan tidak terbiasa dengan jenis masakan ikan kalengan namun sekarang ini semua telah berubah. Maka dari itu industri di bidang  pengolahan ikan memiliki potensi yang cukup luas.

Kalau dilihat dari pasar lokal memang untuk variasi produk dari ikan ini masih dapat dikatakan sedikit. Namun coba lihat di negara lain, sudah banyak berbagai produk olahan ikan yang menjadi sumber makanan baru bagi masyarakat modern.

B. Produk olahan buah
Buah juga merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Semakin hari masyarakat semakin banyak yang sadar akan pentingnya mengkonsumsi buah maka dari itu produk buah memiliki pasar yang juga cukup luas.

Meski buah umumnya dikonsumsi segar namun melihat kecenderungan masyarakat yang lebih suka mudah dan instan maka pengolahan produk buah bisa menjadi bisnis yang patut di coba.

Pengolahan produk dari buah ini tidak harus menjadi produk minuman, tentu masih ada produk lain yang bisa kita coba yang memiliki potensi bagus untuk diterima di kalangan masyarakat luas. Tentunya, jika ingin mendirikan bisnis di bidang industri pengolahan buah kita harus mempertimbangkan berbagai aspek bisnis yang berkaitan.

C. Industri olahan daging unggas
Daging unggas yang banyak dibutuhkan masyarakat sekarang ini semakin beragam. Jika dilihat di pasar lokal, ayam masih menduduki kebutuhan yang cukup tinggi namun sudah mulai terlihat kecenderungan yang berbeda sejak maraknya musibah flu burung beberapa tahun lalu.

Keadaan tersebut tentu memberikan celah pada jenis produk daging unggas lain yang lebih bisa diterima. Misalnya produk daging unggas yang lebih sehat dari jangkauan flu burung, lebih murah dan tentunya tak kalah nikmat dari daging unggas yang sudah biasa di konsumsi masyarakat.

Sedikit gambaran mengenai ide usaha di bidang Industri Olahan yang cukup tinggi potensinya ini mudah-mudahan bisa menjadi bahan ide dan pertimbangan kita. Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk mencoba ide bisnis baru sebaiknya dilakukan analisa pasar dan perencanaan yang benar-benar matang. Itu saja, semoga bermanfaat dan salam sukses usaha!

Contoh Ide Usaha Industri Olahan yang Prospek dan Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma