Friday, February 24, 2017

Bingung Cari Ide, Berikut Contoh Usaha Sederhana yang Baik untuk Dipertimbangkan

Contoh Usaha Sederhana yang Baik - Artikel wirausaha kali ini akan membahas mengenai salah satu pertanyaan umum yang sering muncul khususnya bagi kita pelaku usaha baru yang berniat terjun di dunia usaha. 


Pertanyaan tersebut yaitu "usaha sederhana apa yang baik untuk dijalankan", maka pembahasan ini akan mencoba menarik kesimpulan mengenai jenis usaha sederhana dan jenis usaha yang potensinya baik sekaligus. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai beberapa contoh usaha yang bisa kita jalankan.

Sebenarnya sebelumnya telah di bahas juga mengenai contoh usaha modal kecil berpotensi yang inti pembahasannya hampir sama dengan pembahasan ini.

Sedikit perbedaannya adalah bahwa dalam pembahasan sebelumnya tersebut titik beratnya adalah pada pertimbangan modal sedangkan pada pembahasan ini titik beratnya adalah potensi dan cara menjalankan usaha tersebut.

Jadi secara rinci kita akan mencari jenis usaha sederhana yang kriterianya adalah mudah dijalankan yang memiliki potensi cukup baik.

Berkaitan dengan pembahasan ini ada juga beberapa pembahasan lain yang bisa kita kembangkan untuk gambaran lebih rinci dalam berbagai pertimbangan yang akan kita lakukan. Beberapa materi lain yang juga berkaitan dengan masalah ini antara lain sebagai berikut:
  1. Contoh usaha sederhana yang sukses
  2. Contoh usaha kecil yang menjanjikan
  3. Contoh usaha kecil
  4. Contoh usaha kecil untung besar
  5. Contoh usaha kecil untuk mahasiswa
  6. Contoh usaha kecil menengah
  7. Contoh usaha modal kecil
  8. Contoh proposal usaha kecil 

Biasanya, selain mencari tahu mengenai usaha sederhana yang baik kita juga akan mencari tahu beberapa informasi di atas. Ya, bisa kita kombinasikan agar kita memiliki pertimbangan yang lebih luas dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Berkaitan dengan jenis usaha yang sedang kita cari tersebut maka ada beberapa bidang usaha yang patutu kita pertimbangkan. Beberapa bidang usaha tersebut antara lain usaha di bidang perdagangan, usaha di bidang industri rumah tangga khususnya makanan ringan dan juga usaha di bidang peternakan kecil.

A. Usaha perdagangan kecil
Bidang usaha perdagangan adalah usaha paling sederhana yang mudah untuk dijalankan dan tidak begitu rumit prosesnya. Hal ini karena kegiatan usaha ini pada intinya hanya pada proses pengadaan barang (pembelian) dan penjualan barang melalui toko.

Di sebut paling sederhana karena umumnya jenis usaha ini sangat mengandalkan toko sebagai ajang kegiatan usaha. Tentu saja, untuk menjalankan usaha ini sangat gampang karena kita hanya perlu membeli produk dagangan dari suplier besar dan menjualnya lagi di toko yang kita miliki.

Jadi dalam hal ini terlihat sekali bahwa peran modal dan letak toko sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan usaha yang akan dijalankan. Untuk usaha di bidang perdagangan ini contoh usaha sederhana yang baik untuk kita jalankan misalnya usaha perdagangan baju, usaha toko kelontongan dan sebagainya.

Yang perlu di catat dalam usaha ini adalah kita harus benar-benar mendapatkan dukungan lokasi usaha yang benar-benar strategis dan juga modal yang cukup mengingat usaha ini sangat tergantung pada dua hal di atas. Jika kita ingin mencoba mendirikan usaha ini maka sebaiknya kita analisa terlebih dahulu bagaimana peluangnya.


B. Usaha industri makanan ringan
Jenis usaha yang juga dapat dikatakan cukup sederhana selanjutnya adalah jenis usaha industri makanan ringan atau cemilan. Seperti kita tahu produk makanan ringan ini permintaannya juga banyak apalagi di wilayah dan keadaan tertentu.

Di katakan sederhana karena usaha ini prosesnya tidak begitu rumit seperti usaha skala besar, sebut saja usaha industri cemilan keripik yang prosesnya tidak begitu rumit dan bisa dipelajari bahkan oleh kita yang belum pernah sekalipun.

Untuk contoh usaha yang baik di bidang ini tentu dapat kita ketahui lebih jelas jika kita melakukan analisa pasar dan daerah yang akan digunakan sebagai lokasi usaha. Beberapa contoh yang dapat di pertimbangkan misalnya industri kripik, industri kelanting dan sebagainya.

C. Usaha peternakan
Terakhir, yang tak kalah sederhana dan mudah untuk dijalankan adalah jenis usaha peternakan. Usaha peternakan ini merupakan usaha peternakan yang berskala kecil selain ternak unggas, misalnya peternakan kambing, ternak kelinci dan lain sebagainya.

Proses usaha ternak tentu tidak akan serumit jenis usaha lain. Yang perlu kita lakukan kurang lebih hanya mencari bibit ternak unggul, memeliharanya dengan baik dan memasarkan hasilnya secara luas.

Jenis usaha peternakan yang baik yang umumnya memiliki tingkat laba yang cukup tinggi salah satunya adalah usaha ternak kambing. Usaha ini mengalami panen raja di saat mendekati hari raya kurban yang permintaan dan harganya sangat meningkat.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai Contoh Usaha Sederhana yang Baik, semoga bisa menjadi bahan ide dan inspirasi bagi kita semua. Jangan lupa, jika memang minat dan ingin mendirikan salah satu usaha di atas maka sebaiknya kita pelajari lebih lanjut berbagai peluang usaha tersebut. Itu saja, semoga bisa menjadi bahan renungan dan pertimbangan, salam sukses dan sampai bertemu pada pembahasan selanjutnya.

Bingung Cari Ide, Berikut Contoh Usaha Sederhana yang Baik untuk Dipertimbangkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma