Wednesday, December 2, 2015

Peluang Usaha Budidaya Pepaya, Usaha Pertanian Menjanjikan

Usaha Pepaya Menjanjikan - sebenarnya produk pertanian dan perkebunan banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari namun kebanyakan orang yang ingin membuka usaha jarang memilih jenis usaha ini.

Sebut saja usaha budidaya pepaya, sebenarnya usaha ini juga memiliki potensi namun jarang dilirik oleh pelaku usaha pemula. Untuk itulah kali ini kita akan mencoba mencari tahu lebih jauh mengenai gambaran peluang dari budidaya tanaman tersebut.

Jika ditelusuri, peluang usaha budidaya pepaya dapat diketahui dari gambaran kebutuhan produk buah pepaya di kalangan masyarakat. Jika ditinjau dari kebutuhannya sudah tentu banyak yang membutuhkan buah pepaya karena buah ini juga salah satu buah sehat yang banyak dibutuhkan.

Selain di konsumsi langsung, buah pepaya sudah banyak diolah dalam bentuk produk makanan lain yang nilai jualnya pun sudah lebih tinggi. Umumnya peluang atau prospek bertani pepaya cukup bagus khususnya di areal lahan yang memang mendukung pertumbuhan pohon pepaya yang sehat.

Lalu apakah jika kita menjadi petani pepaya akan memiliki peluang bagus dan bisa sukses menjadi orang kaya? Mari kita lihat beberapa faktor yang mempengaruhi prospek usaha ini ke depan di bawah ini.

1) Kondisi lahan tanam
Pertama yang bisa menentukan baik tidaknya usaha ini adalah kondisi tanah atau lahan yang akan digunakan. Karena bersifat usaha pertanian budidaya maka tanah atau lahan sangat berpengaruh terhadap bagus tidaknya usaha jika ditekuni.

Di lokasi lahan yang mendukung pertumbuhan pohon pepaya tentu saja peluangnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan lahan yang kurang subur. Maka dari itu, jika kita hendak mendirikan usaha ini maka kita harus melihat keadaan lahan tanam yang akan digunakan.

Kita harus memastikan apakah lahannya cukup subur dan bagus jika ditanam pohon pepaya. Kalau lahannya tidak subur dan iklim nya juga tidak mendukung maka mendirikan usaha ini disana bisa diibaratkan bunuh diri.

2) Pengetahuan dan keterampilan
Pengetahuan dan keterampilan dalam menanam pohon pepaya juga sangat penting untuk diperhatikan. Hendaknya orang yang tidak memiliki latar belakang keilmuan tentang tanaman ini bisa berfikir dua kali dan berusaha lebih keras dalam menyiapkan kemampuan yang dibutuhkan.

Yang akan membuka usaha ini tentu harus tahu dan paham benar cara budidaya pepaya yang benar. Jika tidak maka akan sangat berisiko. Bagi yang sudah menetapkan pilihan dengan melihat potensi yang ada dan kurang keterampilan maka hendaknya segera belajar dan membekali dengan berbagai kemampuan teknik budidaya yang dibutuhkan.

Sebagai contoh, selain mempelajari cara penanaman yang baik dan benar bisa juga mempelajari tips usaha budidaya pepaya dari orang yang lebih tahu. Dalam hal ini, semakin mampu maka peluangnya akan semakin baik.

3) Hambatan dan kendala
Tak lupa, hambatan dan kendala budidaya pepaya juga akan mempengaruhi potensi yang ada. Artinya, terlalu banyak hambatan dan kendala yang tidak dapat diatasi di kemudian hari maka akan berkurang juga potensinya.

Dengan kata lain semakin besar peluang hambatan dan kendala yang bisa dihadapi maka akan semakin berkurang potensi usaha yang dimiliki.

Peluang Usaha Budidaya Pepaya, Usaha Pertanian Menjanjikan
Perkebunan pepaya california/epetani.pertanian.go.id

Maka dari itu pelaku usaha harus melakukan analisa lebih jauh mengenai usaha ini agar mampu menentukan pilihan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Memang, jika dilihat secara umum maka tidak banyak kendala dan hambatan jenis usaha budidaya tersebut. Namun begitu sekecil apapun resiko yang akan dihadapi tetap harus diperhitungkan dengan baik.

4) Persaingan dan pemasaran
Jika dilihat dari kondisi persaingan dan pasar, usaha pepaya masih memiliki cukup potensi yang bisa dikembangkan. Utamanya, produk yang dihasilkan bisa dipasarkan dengan jangkauan yang lebih luas dan kepada sektor-sektor strategis yang lebih besar. 

Demikianlah sedikit gambaran mengenai Peluang Usaha Budidaya Pepaya, Usaha Pertanian Menjanjikan ini. Jangan lupa baca dan pelajari juga beberapa informasi lain seputar usaha ini dibagian akhir pembahasan. Sampai disini, mudah-mudahan bermanfaat!

Peluang Usaha Budidaya Pepaya, Usaha Pertanian Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma