Monday, January 5, 2015

Contoh Hambatan Usaha Rental Mobil dan Solusinya

Hambatan Usaha Rental Mobil dan Solusinya - Tak ada yang sempurna, se-bagus apapun prospek sebuah bisnis atau usaha tentu pasti ada saja kendala dan juga hambatan yang akan menjadi rintangan yang harus dihadapi.
Hambatan Usaha Rental Mobil dan Solusinya


Tak berbeda juga dengan jenis usaha rental (sewa), usaha ini pun memiliki peluang yang sama dalam hal berbagai hambatan yang akan dihadapi. Wajar jika pada awal - awal kita akan mempelajari terlebih dahulu mengenai hal ini.

Untuk usaha sewa mobil kita memang perlu menganalisa terlebih dahulu apa saja yang bisa menjadi hambatan dalam Usaha Rental Mobil dan bagaimana langkah atau solusi yang bisa diambil.

Dalam hal perencanaan, mempelajari dan menganalisa berbagai kemungkinan permasalahan yang dapat dihadapi dalam menjalankan sebuah bisnis merupakan aspek penting yang perlu kita lakukan.

Dalam perencanaan seperti ini ada banyak keuntungan yang bisa diambil dari hasil analisa tersebut. Beberapa kegunaan atau keuntungan yang bisa diperoleh yaitu:
  1. Dapat mengidentifikasi berbagai kendala yang mungkin dihadapi
  2. Dapat mengukur dan memetakan kemampuan dalam menyelesaikan usaha
  3. Dapat merumuskan strategi pemecahan masalah untuk antisipasi hambatan yang akan dihadapi

Setidaknya tiga hal di atas dapat kita jadikan dasar dalam mempelajari berbagai rintangan dalam bisnis rental mobil yang mungkin saja akan menghadang usaha kita kedepan. Dengan strategi ini tentunya yang diharapkan adalah kelancaran usaha dan kesuksesan dalam bisnis yang kita kelola.

1) Berbagai Hambatan Usaha Jasa Rental Mobil

Jika kita mendirikan sebuah usaha di bidang jasa sewa mobil maka kita bisa saja menghadapi berbagai permasalahan di kemudian hari yang berkaitan dengan usaha tersebut.

Katakanlah hambatan, memang dalam menjalankan sebuah usaha kita harus mampu bertahan saat menghadapi berbagai kesulitan.

Untuk mengantisipasti hal tersebut kita bisa memulai usaha ini dengan mempelajari peluang usaha tersebut terlebih dahulu. Lebih jelas mengenai peluang usaha ini kita bisa melihatnya di artikel peluang usaha jasa sewa mobil.

Kebanyakan dari kita akan gagal dalam menjalankan bisnis sewa mobil seperti ini jika kita tidak mampu menghadapi berbagai rintangan dan hambatan yang ada.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang mungkin bisa menjadi hambatan usaha di kemudian hari.

Untuk bisnis ini ada beberapa hambatan yang bisa kita hadapi, hambatan usaha rental mobil tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Mobil dapat di bawa kabur
2. Kebersihan tidak dijaga oleh penyewa
3. Mobil harus banyak
4. Modal harus besar
5. Terjadi kerusakan kecil
6. Kehilangan pelanggan dalam usaha rental mobil

Untuk hambatan yang pertama yaitu kehilangan mobil rental adalah satu hambatan yang semua usaha sejenis memiliki peluang yang sama untuk mengalaminya.

Hambatan tersebut merupakan salah satu hambatan atau potensi kerugian terbesar yang bisa kita alami sebagai pelaku usaha sewa mobil.

Bukan berharap itu terjadi, biasanya resiko usaha rental mobil ini akan kita hadapi jika berhadapan dengan pelaku kriminal yang memang hanya berniat melakukan kejahatan.

Hambatan kedua yang kita alami biasanya berkenaan dengan masalah kebersihan mobil yang disewa, biasanya penyewa meninggalkan mobil dalam keadaan yang tidak seperti yang diharapkan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu hambatan yang harus kita selesaikan.

Namun hambatan tersebut tidak terlalu serius jika kita bandingkan dengan hambatan yang berkaitan dengan modal dan banyaknya kendaraan yang bisa disewakan.

Kendala lain yang juga bisa kita alami adalah dalam mendeteksi berbagai kerusakan kecil yang diakibatkan oleh pengguna atau konsumen kita.

Meski merupakan kerusakan kecil namun jika tidak ditangani dengan baik maka dapat menjadi sesuatu yang mengurangi kelancaran usaha yang kita miliki.

Selain itu terkadang kita juga harus mengalami masalah kehilangan pelanggan dalam usaha rental mobil yang tidak dapat kita ketahui penyebabnya.

2) Solusi Mengatasi Hambatan Usaha Rental Mobil

Satu masalah saja bisa membuat kita pusing apalagi jika skala usaha kita lumayan besar apalagi kalau banyak. Maka dari itu sedini mungkin kita dapat mempersiapkan diri sebelum terjun dalam dunia bisnis ini agar nantinya dapat terbebas dari berbagai kendala tersebut.

Untuk berbagai masalah atau kendala atau juga hambatan yang sudah disebutkan di atas berikut sudah digarisbawahi beberapa poin untuk mengantisipasi atau menyelesaikan atau menghadapi berbagai permasalahan tersebut. Solusi untuk masalah tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Terapkan persyaratan yang ketat dan periksa persyaratan dengan teliti
2. Berikan stiker untuk menjaga kebersihan
3. Manfaatkan relasi dari sesama pengusaha rental mobil
4. Ajukan penambahan modal ke bank atau investor lain
5. Ikut asuransi
6. Berikan pelayanan terbaik bagi konsumen

Dalam hal solusi tersebut saya tidak akan menjelaskan secara rinci berbagai poin di atas. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai berbagai masalah dan juga alternatif jalan keluarnya maka masing-masing dari kita sebagai pelaku usaha harus mempelajari dan menganalisa apa saja hambatan usaha yang akan dihadapi serta bagaimana solusinya.

Untuk itu perencanaan tetap menjadi wadah untuk memprioritaskan perumusan kebijakan yang akan kita ambil untuk kemajuan usaha tersebut. Mudah-mudahan sedikit pembahasan di atas bisa menjadi inspirasi dan pertimbangan.

Contoh Hambatan Usaha Rental Mobil dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko