Tuesday, July 11, 2017

Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Mudah Sukses

Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Mudah Sukses - Lagi-lagi kita harus berjibaku dengan analisa untuk mendapatkan berbagai data akurat mengenai sebuah jenis usaha kecil yang prospeknya menjanjikan. Hal yang sangat membosankan, menjemukan, memusingkan namun peranannya sangat penting bagi kesuksesan usaha yang akan didirikan. 

Contoh Usaha Kecil Menengah Mudah Sukses

Jika kita ingin mendirikan sebuah usaha kecil atau menengah maka kita bisa mulai dengan mencari dan mempelajari usaha kecil dan menengah yang tergolong mudah sukses. Informasi mengenai jenis usaha tersebut akan kita olah dan kita pelajari lebih lanjut.

Harapannya agar dapat kita gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merumuskan perencanaan usaha yang akan kita jalankan. Informasi ini sangat penting dan akan ikut menentukan sukses tidaknya usaha kita ke depan. Tahu usaha apa saja yang mudah sukses?

Tentunya kita semua tahu bahwa pada dasarnya tidak ada satu pun usaha yang mudah sukses. Semua usaha pasti ada kendala usaha dan hambatan nya masing-masing. Untuk itu harus kita ingat bahwa dalam mencari informasi mengenai jenis usaha yang mudah sukses kita akan mencari informasi mengenai berbagai jenis dan bidang usaha.

Jenis dan bidang usaha itu dicari yang potensi kesulitannya paling sedikit dan potensi kesuksesannya atau peluang usaha tersebut paling besar. Jadi yang mudah sukses disini adalah yang paling sedikit resiko hambatannya dan prospeknya paling bagus.

Sebelum kita sampai pada jenis usaha yang dimaksud sebaiknya kita ingat kembali apa pengertian usaha kecil menengah dan apa saja jenisnya. Usaha kecil menengah atau sering di singkat dengan UKM adalah usaha skala rumahan dan berbasis usaha kerakyatan. Jenis-Jenis Usaha Kecil Menengah setidaknya terdiri dari 3 jenis yaitu sebagai berikut:
  1. Usaha Manufaktur (Manufacturing Business), yaitu usaha yang mengubah input dasar menjadi produk yang bisa dijual kepada konsumen. Kalau anda bingung, contohnya adalah konveksi yang menghasilkan pakaian jadi atau pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir dan sebagainya.
  2. Usaha Dagang (Merchandising Business), adalah usaha yang menjual produk kepada konsumen. Contohnya adalah pusat jajanan tradisional yang menjual segala macam jajanan tradisional atau toko kelontong yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.
  3. Usaha Jasa (Service Business), yakni usaha yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen. Sebagai contoh adalah jasa pengiriman barang atau warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa browsing, searching, blogging atau yang lainnya.

Jadi apakah usaha kita dapat dikategorikan usaha kecil? Ya, itu hanya sekedar tambahan informasi saja. Sekarang kita kembali ke masalah Usaha Kecil Menengah yang Mudah Sukses. Jenis usaha kecil seperti apa sih yang tingkat kesuksesan usaha tersebut tinggi? Beberapa contoh yang bisa kita pertimbangkan antara lain sebagai berikut:
  1. Usaha ternak bebek
  2. Usaha budidaya lada
  3. Usaha les privat
  4. Penulis artikel di website
  5. Bisnis tanaman buah anggur
  6. Program afiliasi online
  7. Usaha toko mainan anak
  8. Usaha toko laptop
  9. Usaha jual beli komputer

Jenis usaha yang mudah sukses tidak bisa ditentukan secara gradual atau acak. Kita masing-masing harus menentukan sendiri apakah suatu usaha bisa dikategorikan ke dalam usaha yang mudah sukses atau tidak.

Untuk dapat melakukan hal ini maka setidaknya kita harus mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan jenis usaha tersebut. Suatu usaha dapat dikatakan sebagai bisnis kecil yang mudah sukses jika:

1. Persaingannya kecil
2. Potensi permintaan produk selalu tinggi
3. Potensi laba jual tinggi
4. Tersedia sarana dan prasarana pendukung
5. Bahan baku produk tersedia dalam jumlah yang cukup

Usaha yang tingkat persaingannya kecil tentu saja akan lebih mudah sukses jika dibandingkan dengan jenis usaha yang memiliki persaingan begitu ketat. Dengan persaingan yang kecil kita bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan produk usaha, mengembangkan jaringan dan menjaga serta meningkatkan kualitas layanan. Dengan demikian usaha bisa berjalan lebih lancar. 

Hal berikutnya yang menentukan bagus tidaknya sebuah usaha adalah mengenai permintaan konsumen terhadap produk yang disediakan. Coba lihat, coba ukur dan pelajari apakah sepuluh tahun lagi masih banyak orang yang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan?

Dalam menentukan usaha yang lebih mudah sukses kita juga dapat mempertimbangkan mengenai laba usaha. Dalam hal ini coba kita cek selisih antara biaya produksi dan harga jual. Tentukan kisaran besarannya, dengan begitu kita bisa menentukan seberapa besar potensi keuntungan (laba) yang bisa diperoleh.

Selain itu, untuk mendapatkan kesuksesan, sebuah usaha juga membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang cukup. Termasuk di dalamnya adalah masalah transportasi, perizinan dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimana dengan ketersediaan bahan baku, apakah mencukupi bahkan untuk 20 tahun lagi? Jika bahan bakunya tersedia maka usaha akan tetap berjalan namun jika bahan bakunya langka, setinggi apapun permintaan pasti tidak dapat dipenuhi dengan mudah. Jadi, kita juga harus mengukur bahan baku yang tersedia untuk usaha tersebut.

Jadi, kesimpulannya adalah kita dapat menilai dan menentukan sendiri usaha yang mudah sukses dengan berbagai kriteria di atas sesuai dengan daerah masing-masing. Untuk gambaran saja, beberapa jenis usaha yang bisa masuk dalam kategori ini antara lain:

1. Usaha kuliner
2. Usaha pakaian
3. Usaha jasa
4. Usaha jual beli

Tentu saja, jenis usaha di atas masih perlu kita analisa lebih jauh sesuai dengan kondisi tempat usahanya. Paling tidak, beberapa contoh usaha kecil menengah di atas bisa menjadi gambaran kita dalam menentukan langkah perencanaan yang matang. Itu saja, silahkan dilanjutkan dengan beberapa pembahasan lain di bagian bawah.

Contoh Usaha Kecil dan Menengah yang Mudah Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma