Sunday, September 25, 2016

Usaha Dengan Modal 1 Juta Rupiah Untung Besar

Contoh usaha modal 1 jutaan untung besar - Serba bingung, itulah yang terjadi jika kita ingin memulai usaha namun memiliki modal yang terbatas atau hanya modal kecil. Tentu saja, sebenarnya hal ini tidak bisa menjadi halangan bagi kita yang berniat serius untuk menjadi pengusaha dan tidak bergantung menjadi buruh.

Usaha Dengan Modal 1 Juta Rupiah
foto: ilustrasi kekurangan modal/corbis.com

Tentu saja, solusinya adalah kita harus bisa membuka sebuah usaha kecil modal 1 juta, dengan begitu langkah kita tidak akan terhenti atau didahului orang lain hanya karena kurangnya modal. Pertanyaannya adalah, dengan modal satu juta kira-kira usaha apa yang bisa kita buka dan menjanjikan?

Ini pertanyaan sulit yang harus dijawab, tapi kalau pikiran kita terbuka dan kreatif sebenarnya kita bisa dengan mudah menemukan jawabannya. Meski hanya dengan Rp. 1.000.000,- sebenarnya kita bisa membuka berbagai usaha kita sendiri. Ada banyak jenis usaha kecil bahkan yang memerlukan modal hanya sedikit. 

Meski banyak bidang yang bisa kita buka namun biasanya kendala utama adalah kemauan, kebanyakan dari pelaku bisnis khususnya pemula merasa enggan, malu atau bahkan patah semangat dengan keadaan kurang modal.

Inilah yang membuat perkembangan pelaku bisnis atau usaha sangatlah kecil. Jika mau sadar, sebenarnya segala kesuksesan pasti akan berawal dari sesuatu yang paling berat terlepas cukup atau kurang modal. 

Dari pada berlama-lama hanya merenungi dan menyesali keadaan yang tentunya tidak akan pernah bisa merubah hidup kita tentu akan lebih baik jika kita fight (bertarung) menentukan arah masa depan dengan atau tanpa modal yang cukup.

Untuk gambaran kita semua atas keadaan ini berikut akan kita ulas beberapa contoh usaha yang bisa didirikan dengan modal kecil tersebut dengan harapan kita dapat menemukan jenis usaha menjanjikan yang bisa kita mulai. Jadi kita bisa mengetahui modal 1 juta buka usaha apa yang bagus untuk kita jalankan.

1) Contoh Usaha Modal 1 Jutaan

Jangan menganggap remeh keinginan dan niat yang kuat, meski dengan modal dengkul sekalipun banyak yang telah membuktikan bisa meraih kesuksesan. Apa contoh usaha yang bisa kita dirikan dengan modal sedikit tersebut? Jasa pangkas rambut, adalah salah satu usaha yang bisa kita buka dengan modal 1 juta. Kenapa begitu?

Dengan jumlah uang satu juta kita bisa mencukupi semua kebutuhan untuk jasa pangkas rambut. Seorang rekan pernah memberikan rincian yang jelas mengenai usaha ini. Dia hanya memiliki modal gunting dan beberapa peralatan lain dan belajar kursus sebentar dan dapat menghasilkan penghasilan rata-rata 3,5 juta dalam satu bulan.

Untuk kita seorang mahasiswa tentu penghasilan sebesar itu sudah cukup membantu dan bisa menjadi pondasi bisnis ke depan. Seorang rekan juga pernah bercerita bahwa dia sukses membuka usaha jasa pengetikan dengan modal laptop dan printer yang sebelumnya telah dimiliki.

Uang modal digunakan untuk membeli tinta dan kertas dan beberapa kertas jilid. Karena seorang mahasiswa maka dengan mudah dia bisa mempromosikan pekerjaannya tersebut pada rekan lain yang membutuhkan. Dalam waktu singkat usaha yang dimulai dengan iseng tersebut telah mampu memberikan penghasilan rata-rata sampai 5 juta perbulan.

Dua contoh usaha di atas dipilih berdasarkan tingkat kesulitan yang tidak terlalu membebani kita sebagai seorang mahasiswa karena fokus utama memang masih untuk belajar di kampus. Selain contoh usaha di atas masih ada juga bisnis lain yang bisa dimulai oleh kita seorang mahasiswa yaitu antara lain:

1. Usaha jual beli baju ke sesama rekan di kampus
2. Jual beli online
3. Menjadi pengelola situs blog

Jual beli baju ke sesama rekan kampus bisa kita mulai dengan modal yang kecil bahkan 1 juta saja sudah bisa jalan. Caranya adalah dengan memasarkan baju dengan menggunakan brosur gambar yang berbentuk majalah.

Kita bisa membuat majalah gambar baju yang bisa kita sediakan kemudian mempromosikan kepada rekan lain melalui majalah tersebut. Sistem yang kita gunakan adalah sistem pesan terlebih dahulu, jadi kita akan membeli baju sesuai pesanan.

Kalau untuk jual beli online kita bisa memasarkan produk dengan sistem pemesanan juga, disini kita menggunakan modal yang dimiliki untuk membuat situs jual beli pribadi. Yang terakhir, dengan modal 1 juta rupiah kita bisa menjadi pengelola situs.

Untuk usaha ini pekerjaan kita adalah menulis artikel yang bermanfaat, penghasilan di dapat dari iklan yang akan ditampilkan di situs bisa dari Periklanan online atau ikut bergabung dengan periklanan google.

2) Daftar Usaha Dengan Modal 1 Juta yang Menjanjikan

Kalau di atas kita sudah sedikit mendapatkan gambaran mengenai beberapa usaha atau pekerjaan yang bisa kita miliki sekarang kita lihat juga beberapa bidang usaha yang bisa kita bangun dengan modal yang seadanya tersebut.

Sebenarnya ada banyak bidang yang bisa kita pilih, semua tergantung bagaimana cara kita menyiasati masalah permodalan. Bahkan kita bisa merintis usaha yang aslinya membutuhkan modal besar jika kita kreatif, peluang sukses usahanya juga sama besarnya.

Tentu, perlu analisa untuk mendapatkan ide usaha yang paling cocok untuk kita jalankan. Dan semua itu bisa kita awali dengan melihat berbagai bidang usaha yang masih mungkin dijalankan dengan modal sedikit. Beberapa jenis usaha yang bisa kita jalankan tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Usaha counter pulsa elektrik
2. Usaha pangkas rambut
3. Usaha catering
4. Jual makanan online
5. Jualan kosmetik online
6. Usaha jual tiket pesawat
7. Jasa pembuatan kue

Beberapa usaha di atas cocok dicoba dengan modal yang minimal sekalipun. Jika sudah ada lokasi (gedung) maka beberapa usaha lain sekelas usaha di atas bisa dengan mudah kita coba. Beberapa jenis pekerjaan di atas bisa dijadikan sampingan sambil menjalankan kegiatan kita sehari-hari.

Perlu diingat, sebelum menentukan pilihan hendaknya kita lakukan analisa terlebih dahulu. Tahap analisa dan perencanaan usaha memang hal rumit dan tidak mudah namun hasilnya akan sesuai dengan apa yang kita rencanakan dengan matang.

Membuka usaha tanpa perencanaan tentu peluang suksesnya kecil jadi kita harus benar-benar mempersiapkannya dengan baik. Adanya pembahasan kita mengenai usaha modal 1 juta rupiah ini semoga bisa menjadi inspirasi dan sumber ide.

Semoga kita semua yang sedang mencari referensi berbagai usaha yang prospeknya bagus dapat menemukan ide yang bisa dijalankan dengan modal seadanya. Untuk melengkapi pembahasan ini silahkan lihat beberapa peluang usaha lainnya di bagian akhir tulisan. 

Usaha Dengan Modal 1 Juta Rupiah Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma